Ekkamidwife – Remote Kontrol – Indonesia

Aplikasi ini merupakan salah satu sub aplikasi dari ekkamidwife, dan bantuan ini merupakan sub bantuan dari Ekkamidwife – Bantuan – Indonesia. untuk dapat menggunakan remote kontrol ini terlebih anda harus terlebih dahulu mendownload aplikasi versi desktop yang mana akan menjadi penghubung bagi aplikasi anda ke desktop. silakan download versi desktop disini. download tanpa perlu di -install karena aplikasi ini adalah aplikasi portable. sebelum anda bisa menggunkanya pertama yang anda harus lakukan adalah pastikan bahwa anda sudah menginstall JRE atau JDK karena aplikasi ini berbasis java dan butuh JRE atau JDK untuk menjalankanya.

Menu dari Remote Kontrol

Menu dari Remote Kontrol

untuk pengguna Windows 

Untuk Pengguna Linux

  •  jika anda menggunakan ubuntu, bisa dengan mengetikan perintan #apt-get install openjdk-7-jdk.
  • tunggu hingga selesai.
  • copy pastekan aplikasi arc.jar ke desktop atau tempat manapun yang anda suka.
  • buka terminal, dan tuju folder dimana anda menyimpan aplikasi arc.jar
  • kemudian berikan hak akses execute pada aplikasi arc.jar, caranya : #sudo chmod 777 arc.jar
  • jika sudah, anda bisa melakukan klik kanan aplikasi arc.jar dan piih Open with JDK java 7 Runtime.

setelah aplikasi terbuka settingan sama persis baik windows maupun linux. berikut ini caranya.

Setting di Ekkamidwife di Android

Melakukan Connect

Melakukan Connect

  • buka aplikasi Ekkamidwife dan pilih Remote Control, kemudian pilih Hubungkan.
  • pada bagian username masukan username misalnya kata “huda” tanpa tanda petik.
  • pada bagian password masukan password misalnya kata “hudapass” tanpa tanda petik.
  • pada bagian Mac Adress, terdapat sebuah tulisan seperti ini  b4:07:f9:2f:35:9f ini tergantung dari hardware yang anda pakai. catat baik-baik nomor tersebut. jika anda mendapati bahwa tertulis wifi disabled atau wifi tidak aktif, silakan aktifkan wifi di hp android anda.
  • pada bagian IP computer, masukan alamat IP Address computer anda. misalnya 192.168.1.2 (anda harus pastikan bahwa komputer dan hp berada pada satu jaringan yang sama, anda bisa menggunakan tethering untuk mengaktifkan fitur ini).
  • pada bagian port silakan isikan sembarang nilai dari 6000 sampai 9000, bisanya saya menggunakan port 8080.

Setting Eccasoft Remote Control di Komputer

  • setelah anda membuka aplikasi akan ditampilkan seperti gambar berikut ini.

    Account

    Account

  • silakan isikan sesuai dengan settings anda pada android. username nya sama kan dengan android (huda), passwordnya samakan juga dengan android (hudapass), mac address silakan salin sama persis seperti mac address android. dan terakhir adalah port, samakan pula seperti port di android (8080) . jangan lupa klik save.
  • jika sudah pindah ke tab settings dibagian settings anda akan melihat satu buah dropdown, itu adalah pilihan tingkat kecepatan pergerakan mouse. dalam HP saya ration 0.3 sudah pas buat saya. untuk awal coba pilih ratio 0.1. jangan lupa lagi
    Pilih Ratio Pergeseran Mouse

    Pilih Ratio Pergeseran Mouse

     

  • terakhir, masuk ke tab kontrol. disana ada dua hal yang perlu diperhatikan yakni server dan robotserver adalah yang menerima perintah langsung dari handphone dan robot adalah yang menjalan perintah yang diterima server dari handphone. kalau bingung, klik run saja dua-duanya. jika berhasil akan muncul pemberitahuan bahwa server dan robot berjalan.
    Server dan Robot

    Server dan Robot

     

Menghubungkan antara Android (client) dan Komputer (Server).

setelah semua settings dilakukan (baik settings di android maupun settings di komputer), untuk menghubungkan anda hanya perlu melakukan klik connect pada android. jika ada pemberitahuan bahwa anda telah terhubung di android, berarti anda sudah bisa menggunakan keyboard dan mouse untuk melakukan remote pada komputer anda.

untuk menggunakan keyboard anda tinggal back dari menu Hubungkan kemudian pilih Papan Ketik, memang dalam tampilan ini tidak lengkap seluruh papan ketik kami sediakan, hanya papan ketik dasar saja. mungkin pada kedepan nanti akan kami pertimbangkan untuk membuat papan ketik yang lengkap.

Tampilan Keyboard

Tampilan Keyboard

sedangkan yang berikutnya adalah tetikus alias Mouse. untuk menggunakan mouse anda tinggal pilih menu mouse dan anda bisa menggerakan mouse seperti biasa. ada klik kanan, klik kiri, klik tengah, scroll up , scroll down beserta mousepad-nya.

Tetikus alias Mouse

Tetikus alias Mouse

jika anda melihat pada bagian log di komputer (server), disana akan dicatat daftar perintah dan aktivitas apa saja yang terjadi antara komputer anda dengan android.

Log di Komputer

Log di Komputer

ok demikian yang bisa di share, aplikasi ini samapai hari ini masih dalam tahap beta, baik client maupun server. silakan kirimkan kritik dan saran terkait aplikasi ini. dimasa mendatang akan kami upadate aplikasi supaya dapat untuk mengontrol presentasi dan print langsung dari android. salam goblooge.