August 27, 2015 thumb Xtreme Download Manager

Well barusan dapat info tetang aplikasi ini. setelah nyobain, eh sepertinya cocok nih. sejatinya aplikasi ini adalah sebuah download manager layaknya IDM kalau di Windows, atau Flareget kalau yang sering pakai linux (sejujurnya di linux saya pakai flareget).  walalupun banyak sekali download manager yang lain, tapi saya rasa download manager ini cukup bagus, mengingat dia adalah FOSS (Free Open Source Software). falreget walaupun bisa berjalan di linux, tapi dia Propietary, sehingga untuk masalah download kadang dibatasi dalam sehari cuma 10 download, itupun untuk file dengan ukuran dibawah 25 MB, baru bisa maksimal diatas itu diminta untuk bayar.

Download

UI -nya Metro

well, sekarang mari kita sedikit bahas tentang , Xtreme Download Manager. serperti download manager biasanya. aplikasi ini cukup sederhana, ringan, dan tidak terlalu bertele-tele. ia dapat terintegrasi dengan berbagai Browser, dan menggunakan UI Gabungan antara Metro Windows serta Android , jadi lebih terasa setengah windows dan setengah android. aplikasi ini membutuhkan java runtime untuk berjalan, dan bisa di download di http://xdman.sourceforge.net/.

Mirip Android

Mirip Android

secara umum, dia menampilkan menu layaknya IDM. dimana tiap hasil download dikelompokan dalam beberapa kategori, untuk masalah kecepatan download yang dihasilkan, memang cukup memuaskan walaupun masih kalah dibanging IDM dan flareget (nggak tahu juga , ane ngetest bandingkan IDM dan FlareGet untuk file yang sama dengan ukuran 20.3 MB , XDM kalah tipis dibanding mereka). tetapi untuk aplikasi free, cukup lah, apalagi tidak ada batasan dalam pemakaian artinya file ukuran berapapun bisa di download tidak ada batasan.

Tampilan Download

Tampilan Download

ketika lengkap anda akan diberi pilihan untuk melakukan action apa ketika file yang di download  berhasil. mirip dengan IDM, tapi rasa Android.

Seperti IDM, tapi Rasa Android

Integrasi dengan Browser juga tidak terlalu rumit, walaupun untuk browser berbasis chrome, seperti chromium browser, google chrome, maxton, harus dilakukan dengan cara manual, tapi cukup mudah untuk di operasikan.

Integrasi dengan Chrome

Integrasi dengan Chrome

cara mengintegrasikan dengan chrome, pun sudah di tunjukan, anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya. sebagai penutup untuk aplikasi FOSS sekelas ini, saya beri nilai 8.9 untuk skala 10. well, happy download.

Aplikasi ini sudah mendukung Batch Download, Youtube Download, Speed Limiter dll. cuma kekurangnya hanya satu dia masih belum bisa menempel pada system tray, alih-alih di system tray, yang muncul malah sejenis widget kecil yang selalu muncul yang terkadang mengganggu jika diletakan di sudut. maklum saya memakai Elementary OS Freya yang mana tiap sudut dari Desktop memberikan aksi yang berbeda.

Comments

total comments