September 12, 2008 thumb Trik Biar XP Ngebut

Teman-teman yang pakai windows XP pasti sebel kalau makin hari Windows makin Lambat, sebenarnya bukan salah WIndowsnya tapi karena teman-teman yang salah settingan, kalau setinganya tepat windows bisa kembali lagi menjadi lebih cepat, trik ini aku dapat bapak tercinta Makmunuddin Anwari sang Guru SMAN 2 Lamongan yang jago ngehack…(matur nuwun atas semua Ilmu yang bapak berikan).
=====================================================================
tahap 1 buat pemula :
ya kalau buat pemula kita pakai yang gampang-gampang aja.
1. sebenarnya windows lambat karena tampilannya yang mungkin terlalu bagus, buat yang komputernya cuma pakai RAM 128, 256 atau laptop 512 MB dijamin pasti lama-lama jadi lelet. untuk mengurangi beban windows biar tidak terlalu banyak resource yang dipakai kita matikan atau setidaknya kurangi tampilan windows yang terlalu bagus, caranya :
klik kanan my computer lalu pilih properties, klik tab advance dan pilih setting dibawah peformance, setelah muncul dialog peformance pilih Adjust for best performance itu untuk yang total mau cepat tapi kalau ingin pertahankan sedikit tampilan centangi di “Use Visual Style on Windows and Button”. klik OK
2. masih ada yang lain biar tambah dahsyat cepatnya, pilih start-run dan ketikan msconfig, lalu tekan enter. pada jendela System Configuration pilih tab startup, dan bisa dilihat apa saja program-program yang bikin windows XP teman-teman lambat, karena banyak program-program yang dijalankan waktu windows StartUp. hapus centang program yang sekiranya anggap tidak perlu seperti nero check, yahoo messengger, dll {pengalamanku sich semua aku hapus kecuali runonce dan wifi sisanya aku hapus semua}. klik apply dan OK , lalu restart komputer dan rasakan kecepatan baru.
3. matikan system restore. system restore akan melakukan maintenance pada harddisk secara terus menerus dan tentu bisa bikin windows lambat , kalau sekiranya tidak perlu, matikan aja caranya start-allprogram-accesories-systemtool-systemrestore dan pilih turn off system restore for all drive.
4. masih ada lagi, system service pada windows juga bisa bikin windows lambat yang kadang2 juga tidak kita butuhkan. akan tetapi trik ini cukup rumit tergantung pada masing-masing orang. oleh karena itu sebaiknya backup dulu data anda sebelum melakukan trik ini, penulis tidak mau tanggung jawab kalau nanti ada komplain. yup..begini caranya :
klik start–run dan ketik msconfig lalu tekan enter. dari system configuration pilih tab service briut ini adalah servis yangboleh dimatikan :
-warning service / alerter -computer browser -indexing service -storage space folder
-eror reporting service -server -TCP/IP net bios helper (kalo cuma satu PC).
-system event notification -net meeting remote dekstop sharing
-IPSEC service -remote registry -telnet -upload manager
-windows time -portable media serial number
-wireless zero configuration (kalau PC tidak punya W-LAN).
-background Intelegent service
habis itu centangi pada opsi hide all microsotf service dan bisa dilihat beberapa service non microsoft yang kadang memberatkan, matikan semuanya kecuali yang anda anggap penting seperti service Antivirus, Sound driver dll.
klik Apply , OK dan restart komputer.
5. dalam menulis data windows XP tidak memandang kontinuitas dari data sehingga membuat data menjadi berserakan dalam Harddisk untuk membuat data terurut dan teratur , -yang mana akan membuat proses jauh lebih cepat-, lakukan defragmentasi Harddisk, klik-start-all program-accesories-system tool-disk defragmenter. untuk melihat isi harddisk coba pilih Analisys dan bisa dilihat bagian yang merah adalah bagian data yang pecah, untuk menggabungkanya klik defragment dan tunggu, lama proses tergantung komputer teman2
===================================================================
tahap 2 buat yang professional : (Warning)
semua trik ini memilki efek mengubah system operasi komputer windows anda, untuk itu sebelum mempraktekan sebaiknya backup dulu data penting milik anda.
–TEMPATKAN BOOT FILE DI AWAL SECTOR HARDDISK—-
klik menu “Start | Run” dan ketik “regedit”. Lalu, temukan key “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFT-WARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction”. Di sini, klik ganda pada “Enable” dan berikan “Y” sebagai nilainya.
–MEN-DEFRAG BOOT FILE–
Untuk mengoptimalkan kecepatannya, bisa juga dengan men-defrag boot hard disk.
Jalankan perintah “defrag c: -b” melalui command prompt.
—GUNAKAN BOOTVIS—
Selain itu, optimalisasi kecepatan bisa dilakukan dengan menggunakan tool Bootvis (www.chip.de). Setelah dijalankan, pilih “Trace” dan “Next Boot + Driver Delays”. Setelah restart, tool ini akan mendiagnosa proses booting. Dengan “Trace |Optimize System”, prosesnya segera dioptimalkan.
—-MEMBUANG ZIP WINDOWS XP–
windows XP mampu membuka dan membuat file .zip namun jika teman-teman lebih suka menggukan Winrar atau winzip mending diabuang aja miliknya windows dari pada membikin masalah. caranya ketik “regsvr32 /u zipfldr.dll” di run.
—HINDARI BACK-UP KERNEL–
Saat membuka beberapa program sekaligus, XP menyimpan sebagian file kernel sistem operasi pada hard disk. Akibatnya, Windows menjadi sedikit melambat. Masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Buka Registry dan telusuri key “HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Session Manager\MemoryManagement” dan ubah nilai entri “DisablePagingExecutive” dari “0” menjadi “1”.
–MEMPERCEPAT MENU START–
Saat membuka dan menelusuri menu Start, prosesnya menjadi sedikit lambat untuk sampai folder menu selanjutnya. Ini karena pada saat menggunakan mouse, menu program yang tidak dipilih pun seringkali memperlambat kita untuk membuka folder program yang dituju. Agar menu lebih cepat dibuka, ubah nilai entri Registry berikut. Pada key “HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop”, klik ganda pada “MenuShowDelay” dan berikan nilai, misalnya “200”. Setelah PC di-restart, menu Start terbuka dengan penundaan sekitar 200 milidetik. Bila nilainya diubah ke “0”, waktu tunggunya tidak ada sama sekali. tapi sebaiknya jangan bisa-bisa XP jadi terlalu frustasi.

Comments

total comments