November 2, 2016 thumb Tool Khusus bagi para Developer Web

salam kali ini saya ingin sharing tentang tool apa saja sih yang saya pakai sebagai pengembang web. keberadaan tool ini tidak hanya memudahkan bagi para pengembang web, tetapi juga untuk kebutuhan mempercepat pekerjaan. tentu saja tool yang saya bahas disini adalah tool gratis.

oke daripada berlama-lama langsung saja saya bahas tool khusus bagi para developer web. antara lain adalah :

  • Cromium Browser. tool wajib bagi pengembang web. boleh pilih google chrome, chromium browser atau vivaldi, semuanya memberikan seabreak peralatan pengembang yang memudahkan pengembang web untuk melakukan debugging pada system yang sedang dikembangkan. dan tidak bisa dipungkiri lagi saat ini pengguna dari chrome browser semakin menanjak. chromium browser dapat di download di www.chromium.org.
Tool Developernya Lengkap

Tool Developernya Lengkap

  • Web Developer, kalau sudah punya browser berbasis chromium. kita bisa menambahkan plugin yang bernama Web Developer. plugin chromium browser (dan semua turunanya termasuk google chrome, vivaldi dll) yang satu ini mampun memberikan berbagai shortcut untuk kebutuhan pengembangan. seperti menampilkab tampilan web dalam berbagai macam device dan ukuran layar, menambahkan css tertentu, mengubah tampilan gambar, menghilangkan dan menampilkan background dan lain sebagainya. tool ini dapat di download di Chrome Store.
Web Developer Bisa Menampilkan Web dalam Berbagai Ukuran

Web Developer Bisa Menampilkan Web dalam Berbagai Ukuran

  • Blisk, kalau merasa chromium browser tidak cukup anda bisa menggunakan Blisk, merupakan Web Browser yang memang dikhususkan untuk para pengembang web. browser ini memberikan fasilitas untuk mengubah tampilan dan melihat preview di berbagai macam device. baik mobile, tablet maupun desktop. sayang tool ini hanya tersedia versi Mac dan Windows, untuk Linux akan segera menyusul. dapat di download di blisk.io.
Tampilkan Blisk

Tampilkan Blisk

  • JSON Formatter, tool ini adalah kecil tapi sangat dibutuhkan. jaman sekarang bikin web, tentu kita butuh JSON, XML sudah jauh ditinggalkan. hampir semua komunikasi data dilakukan dengan bantuan JSON. untuk itu sangat perlu jika kita menggunakan JSON Formatter untuk memastikan bahwa format json yang kita buat benar. tool ini bekerja secara online dan dapat di akses di jsonformatter.curiousconcept.com.
JSON Formatter, dipakai untuk validasi format JSON

JSON Formatter, dipakai untuk validasi format JSON

  • Code Lite, kalau coding web biasanya pakai apa, sublime, notepad++ ataukah atom. atau mungkin cuma notepad biasa. well boleh sih, tapi saya sarankan untuk menggunakan IDE. karena dengan menggunakan IDE akan lebih mudah dalam manajemen data. auto complete pun bisa dipenuhi. sebagai contoh untuk auto complete class di PHP sublime dan atom masih belum bisa (terakhir kali saya pakai). saya sarankan pakai Code Lite, kenapa karena dia memang sudah di design dari sana khusus untuk pengembangan web, tidak kurang dan tidak lebih. dia support mulai Node.js, jQuery dll. tool ini gratis tersedia untuk linux, windows dan mac, dapat di-download di www.codelite.org .
Code LIte, Auto Complete-nya sangat membantu pekerjaan saya

Code LIte, Auto Complete-nya sangat membantu pekerjaan saya

sebenarnya dengan ke-lima tool ini kita sudah bisa bikin web dengan baik. tapi jika kebetulan anda menggunakan MySQL sebagai database, mungkin bisa ditambahkan dengan MySQL Workbench terutama yang meng-handle data besar. oke sampai disini dulu tulisan saya, saya sambung lagi lain waktu. Okey Donkey, Salam Goblooge.

Comments

total comments