July 15, 2017 thumb Tool agar Makin Produktif

pada postingan beberapa hari lalu saya memposting bagaimana caranya menjadi produktif, yakni membuat goal atau tujuan jangka panjang, membuat rencana dan menjalankan rencana tersebut. kali ini saya akan posting tool apa saja yang berjalan baik pada PC maupun pada smartphone yang bisa membuat kita keep on track.

Google Keep

biasanya saya menggunakan Google Keep, selain tersedia versi smartphone google keep juga tersedia dalam aplikasi desktop dan web, sehingga mudah untuk diakses darimanapun. selain itu google keep sangat ringan saat dijalankan, toh kalau hanya sekedar catatatan goal biasanya saya menggunakan fitur checklist untuk menuliskan tujuan.

memastikan goal agar tidak lupa

memastikan goal agar tidak lupa

Google Calendar

masih seputar aplikasi Google, Google Calendar menjadi pilihan kedua saya untuk mencatat waktu – waktu penting sekaligus goal-goal harian yang harus saya kerjakan. misalnya setiap hari saya harus coding selama 4 – 5 jam sehari selama 6 hari dalam satu minggu. saya juga membuat goal mingguan untuk meluangkan waktu bersama keluarga, meluangkan waktu untuk membaca, menulis, istirahat, meningkatkan skill, waktu olahraga dll. Google Calendar akan mengatur itu semua, sehingga membuat kita lebih baik dalam memanfaatkan waktu.

MEmastikan Wkatu tidak Terbuang sia-sia

MEmastikan Wkatu tidak Terbuang sia-sia

 Trello

jika Google Calendar untuk memanfaatkan waktu, dengan baik. maka Trello dipakai untuk memastikan bahwa task-task pekerjaan bisa tercapai sesuai deadline. sehingga waktu 4 – 5 jam saya melakukan coding misalnya, sudah tahu apa yang akan dan harus dikerjakan. ini akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih fokus pada tujuan utama.

Keep The task on track

Keep The task on track

Money Lover

Uang bukan segalanya, tapi hampir segalanya butuh uang. kesalahan terbesar yang dilakukan oleh para pengusaha baru adalah salah dalam memanfaatkan uang, tidak ada perencanaan untuk keuangan sehingga usaha menjadi defisit, uang tidak tahu kemana larinya dan ujung-ujungnya hutang sudah menumpuk. dengan aplikasi ini saya bisa melihat berapa pengeluaran saya, berapa hutang saya (sebenarnya saya sih jarang ngutang, tapi  tetap saya catat agar tidak lupa. utang dibawa mati bro… ) dan perencanaan budget tertentu. setiap akhir bulan saya bisa melihat mana pengeluaran yang tidak perlu, mana pengeluaran terbesar dan mana pengeluaran yang wajib. sehingga untuk pengeluaran yang sifatnya tidak seberapa perlu pada bulan berikutnya bisa diusahakan untuk dipangkas. sedaiakan waktu 30 menit , seminggu sekali untuk melakukan review pengeluaran uang dan lakukan re-schedule ulang.

Jaga agar dana tidak mengalir sia-sia

Jaga agar dana tidak mengalir sia-sia

Google Drive

kembali lagi dengan aplikasi google, untuk apa aplikasi google drive bisa membuat saya lebih produktif, iyup karena konektivitasnya yang bagus, aplikasi ini menjadi solusi office cloud yang murah meriah. kenapa, jaman sekarang hampir semua pekerjaan membutuhkan komputer. media penyimpanan seperti flash disk dan sc card dianggap sudah tidak fleksibel. karena kalau terkena virus , hilang atau tertinggal sedang di dalamnya ada dokumen penting, tentu kita akan susah. dengan penyimpanana online kita bisa dengan mudah mengakses seluruh file yang kita miliki kapanpun dan dimanapun. jikalau hardware kita rusak atau hilang pun tidak akan khawatir karena semuanya telah ter-backup di cloud.

Save FIle on The Cloud

Save FIle on The Cloud

Whats Apps

terlepas apakah whats apps akan di blokir oleh pemerintah, sebenarnya whats apps adalah aplikasi yang menurut saya sangat mendukung untuk pekerjaan. tentu saja anda boleh menggunakan aplikasi lain seperti telegram, slack , line dll. tapi saya lebih memilih whats apps untuk itu , kenapa ? whats app dibuat untuk satu tujuan, tidak seperti facebook , twitter atau social media lain yang menurut saya terlalu banyak fitur yang mana pada akhirnya akan membuat saya tidak fokus alias terdistraksi. aplikasi chatting facebook misalnya, kadang saya terdistraksi untuk meng-klik sharing teman yang lain. sedang whats apps khusus dibuat untuk satu tujuan , yakni chatting sehingga saya tidak banyak terdistraksi.

Memastikan Semua tetap terkomunikasikan

Memastikan Semua tetap terkomunikasikan

oke, terlepas kecanggihan semua tool diatas pada dasarnya semua tergantung pada pemakainya , “Fear not the weapon but the hand that wields it“. sekalipun aplikasi sudah bagus, tapi kalau orangnya yang molor tentu tidak akan membawa hasil yang memuaskan. oke sampai disini, tool ini sebenarnya hanyalah alat untuk manajemen waktu dan uang dengan baik sehingga kita bisa tahu, kapan waktunya dota dan kapan waktunya beli item. lagi pula ini adalah dunia yang luas, silakan sebutkan tool apa yang membantu anda lebih produktif. Okey Donkey dan Salam goblooge.

Comments

total comments