November 11, 2017 thumb Tips Memilih HP Android

Android saat ini menjadi menjadi Operating System untuk Smartphone dengan penjualan nomor wahid di indonesia. bahkan Android menguasai lebih dari 60% Market Share Operating System untuk Handheld (sumber : netmarketshare.com).

kadang saya seringkali ditanya-tanyai tentang HP merk ini, Android merk itu, perbandingan merk ini dan itu apa , kelebihan apa, kekurangan apa dst. nah untuk itulah tulisan ini lahir, untuk memberikan sedikit gambaran bagaimana sebenarnya cara tepat untuk memilih HandHeld agar tidak membeli karena terpesona sama mbak-mbak SPG (mbak-mbak SPG sekarang ada loh yang pakaianya sopan tertutup pakai jilbab, tapi tetep aja, namanya laki-laki, lihat wajah putih nan cantik, langsung error otaknya – “tundukan pandanganmu wahai manusia” – pakai kacamata kuda juga boleh atau bawa istri biar lebih fokus ke handheld-nya ).

Pilih-pilih HP

Pilih-pilih HP

berikut ini adalah tips untuk mencari handheld yang bagus, biar gak dikatakan noob di forum-forum.

  • sesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai beli overprice dan overspec, misalnya beli HP mahal-mahal ternyata kegunaan cuma untuk pakai chatting, beli HP mahal-mahal ternyata gak sesuai kebutuhan. pastikan list kebutuhan anda dahulu pada HP itu, jangan sampai tidak memperhatikan ini. karena kalau tidak diperhatikan, bisa dipastikan dapat satu tahun sudah mau ganti baru lagi. pengecualian jika anda adalah “Orang Kaya”, maka silahkan, tapi seingat saya orang kaya nggak akan pilih-pilih dan banyak pertimbangan, kan banyak duit, borong aja semua. kalau anda masih pilih-pilih berarti anda belum jadi “Orang Kaya”. sesuaikan kebutuhan, kalau memang butuh untuk foto menyelam berarti cari yang anti air. NB : banyak orang kaya yang HP-nya cuma 2G broh, mereka beli karena kebutuhan.
  • setelah mengetahui kebutuhan, kenali istilahnya, jangan mudah tertipu dengan istilah, baca apa itu teknologi Gorilla Glass, fungsinya untuk apa, apa itu IP54, apa itu IP67 dan lain sebagainya. cari di mbah google banyak, tanya ke wikipedia juga banyak. kenali istilahnya, kegunaanya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan.
  • sesuaikan dengan medan atau lokasi anda, kadang ada yang beli HP langsung bisa 4G, tapi ternyata di kampungnya sinyal cuma Edge, sia-sia toh beli HP mahal. pastikan dimana anda akan memakainya. kalau memang anda di area yang banyak wifi seperti kantor, mendhing beli yg 3G sudah cukup, karena anda lebih banyak di area wifi, lagipula sekarang banyak modem 4G, jadi cukup beli modem sudah bisa menikmati kecepatan 4G (berlaku pula untuk 5G, jangan terlalu cepat untuk upgrade teknologi kalau belum didukung di indonesia, lagian internet cepat buat apa, paling-paling upload foto kalau tidak download – ya silakan lanjutkan sendiri ).
  • jika stuk pada dua pilihan, cari review di youtube, banyak gan reviewer yang mbahas di youtube, disitu bisa dicari kelebihan dan kelemahan, perbandingan dan lain-lain. masing-masing HP ada kelebihan dan kekurangan, pastikan semua kebutuhan anda tercover dan kesampingkan kebutuhan yang lain. misal kalau butuhnya memang untuk kerja dan whats app doang, tidak pelru mencari kamera yang resolusinya gedhe, cukup kamera biasa saja. kalau butuh untuk ngetik atau bener-benerin dokumen kantor cari yang kapasitas ruanganya luas, dan layarnya lebar, tidak perlu yang Graphicnya tinggi, karena office suite tidak butuh graphic tinggi.
  • perhatikan acessorisnya, kadang acessories memang perlu, perhatikan apakah banyak penjual accessoriesnya, karena semakin banyak accessories anda semakin mudah untuk meng-extends fitur HP anda, misalnya case, dudukan dst. saya sendiri kadang mencari sesuai kebutuhan dengan menghubungkan kira-kira nanti akan saya pasangi accessories apa biar sesuaii kebutuhan, contoh berhubung saya programmer, saya kadang butuh ngetik di kereta, saya pun pakai Sony Z Ultra + Beli Keyboard Logitech k380 buat bluetooth + Fixate, kalau butuh ketik sesuatu di waktu perjalanan di kereta API, cukup keluarkan HP, keyboard dan Fixate, tempel di kaca kereta dah jadi ruang kerja. gak perlulah beli Samsung Dex.
  • perhatikan aftersale-nya, cek apakah pabrikan yang membuat itu memberikan dukungan yang baik, update aplikasi dan upgrade OS, serta apakah banyak pula developer yang mengutak-atik Handheld tersebut. semakin banyak semakin baik, karena ketika timbul masalah dari forumlah kita mendapat solusi.
  • Gabunglah ke forum-forum sesama pengguna ,dengan bergabung  ke sesama pengguna, anda bisa cari tahu kelemahan HP tersebut, misalnya masalah apa yang sering muncul, (Hampir setiap device pasti memiliki kelemahan), dan kira-kira apakah kelemahan itu mengganggu kebutuhan utama kita.
  • sesuaikan dengan budget, ini yang paling penting kalau budget mepet, kadang untuk membeli sesuatu yang memang bener-bener bisa meng-cover semua kebutuhan harus nunggu. jangan beli hanya karena punya prinsip “beli ini aja dulu, nanti kalau X sudah keluar baru jual trus beli X”, kalau seperti itu, anda “Orang Kaya” nggak apa-apa ! kalau duit pas-pasan, sebaiknya jangan, Harga HP itu kian lama kian menurun, tunggulah beberapa saat atau kumpulkan lebih banyak uang. Dengan sedikit bersabar untuk menunggu atau mengumpulkan lebih banyak uang, kita bisa memperoleh HP impian tanpa perlu takut menyesal di akhir.
  • Hindari Kredit HP, iya beneran, HP itu adalah investasi menurun yang artinya semakin lama valuenya semakin menurun, dengan kredit HP selain harganya jadi lebih mahal, nilai investasinya turun , plus serasa dikejar – kejar cicilan. ujung-ujungnya cicilan belum lunas, baru dapat setahun sudah pengen beli yang baru.
  • sebelum berangkat membeli pastikan anda sudah tau apa yang mau dibeli, jangan sampai tertipu kecantikan SPG, pastikan pula sudah menentukan Pilihan kedua, ketiga dan seterusnya. akan lebih baik kalau jangan membeli di hari pertama kita ke mall (toko HP), bila yang pilihan pertama tidak ada, sebaiknya kembali pulang dulu, pikir-pikir dulu apakah harus ambil pilihan kedua atau menunggu pilihan pertama, sehingga tidak menyesal.
  • jangan beli yang tidak di rencanakan, walaupun yang satu ini memang kadang tidaklah selalu benar. tapi ada baiknya demikian agar tidak lepas kontrol, membeli yang tidak terencana, bisa membuat menyesal karena kita belum tahu aftersale-nya seperti apa, problemnya apa, servicenya gimana serta kelebihan dan kelemahanya apa.

oke itu adalah trik saya selama belanja HP, tidak hanya HP sebenarnya, hamppir semua komponen komputer saya selalu cari reviewnya, termasuk beli modem dan lain-lain, sehingga tidak seperti beli kucing dalam karung. Salam Goblooge

 

Comments

total comments