December 17, 2017 thumb Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

dicurhatin sama tetangga, “mas huda kalau belanja online itu aman tidak sih, saya kebetulan punya temen belanja online trus uangnya ludes di kartu kredit akhirnya nomor kartu kreditnya ditutup.”, ya maklum seorang ibu-ibu yang mendengar tentang Harbolnas lewat social media , Harbolnas atau yang saya sebut dengan “Hari Jebol Nasional”, ( kenapa jebol ? karena dihari itu dompet para suami jebol).

oke sedikit saya jelaskan kepada ibu-ibu sekalian tentang belanja online, belanja online itu aman ketika pihak penyedia layanan bisa dipercaya, penyedia layanan ini disebut dengan Market Place. ibaratnya mall tempat orang jualan, Market Place besar seperti Lazada , Tokopedia, Shopee , Bukalapak, Alidien yang mana mereka sudah mengantongi ijin dan sudah terdaftar serta jelas pemiliknya kemungkinan besar tidak akan bermasalah. yang sering jadi masalah adalah para penjualnya, yang kadang banyak sekali penipuan disana.

jadi sistemnya begini, Market Place itu tempat dimana setiap penjual (Seller) bisa jual daganganya. nanti kalau anda transfer uang maka uangnya ditransfer kepada pihak Market Place, kemudian sama pihak Market Place akan memberitahu kepada pihak Seller ke alamat tertentu. setelah beberapa Hari dan barang sampai maka pembeli (Buyer) akan mengkonfirmasi kepada pihak Market Place bahwa barang sudah diterima dengan baik. jika Buyer sudah menerima barang dan sudah mengkonfirmasi, maka uang yang ditransfer Buyer ke Market Place akan diberikan ke Pihak Seller.  jika barang tidak sampai atau rusak, pihak Buyer dapat mengajukan pengembalian dana. sehingga disini pihak Market Place bertindak sebagai penengah antara Seller dan Buyer ketika ada masalah.

Beri Ulasan yang baik jika anda puas

Beri Ulasan yang baik jika anda puas

dari logika diatas hal yang seringkali di pakai oleh para penipu adalah meminta orang untuk belanja di luar sistem yang telah ditetapkan oleh pihak market place. nah berikut ini adalah tips agar tertipu saat belanja online.

  • Jangan Pernah Mau Membayar di Luar Sistem, saya pernah sekali belanja di shopee dan melihat ada penjual HP yang foto profilnya cantik setengah mati, dimana menjual HP dengan harga seperempatnya. saya tanya untuk harga HPnya berapa, tenyata dia minta supaya diskusi dilakukan di Whats Apps. saya coba tanya dan mau beli (iseng saja sebenarnya) ternyata kita harus transfer langsung ke rekeningnya, dan tidak melayani lewat market place shopee dengan alasan barang BM. langsung saja Tokonya saya laporkan ke Shopee dan langsung di tutup.
  • Jangan Tertarik Harga Murah, jika kebetulan anda menemukan barang yang anda cari dengan harga yang super murah, anda patut curiga. karena biasanya itu Barang BM, barang Bekas, atau bahkan barang hasil curian, ingat tidak semua penjual di Market Place itu orang beres.
  • Jangan percaya Pada Foto, kadang barnag yang rusak, dijual sebagai barang bekas dengan harga murah, tetapi fotonya adalah barang bagus atau comot dari internet. baca deskripsi baik-baik, kadang liciknya penjual nakal di market place adalah memasang foto hasil dari internet untuk jualan barang bekas miliknya, atau menjual 1 barang tetapi fotonya berisi semua barang.
  • Baca Baik-Baik deskripsinya, sebelum beli pastikan baca deskripsinya, kadang gambar bisa menipu mindset si pembeli, beli tas koper harga 50 ribu, ternyata tas koper mainan ukuran 10 x 20 cm. lihat ukuranya, lihat kualitasnya,
  • Jangan segan bertanya, setiap market place akan menyediakan fitur chat antara buyer dan seller, silakan chat sepuasnya pihak seller yang baik akan memberi penjelasan yang bagus kepada calon pembelinya.
  • hati-hati dengan diskon, kadang harga coret itu sengaja dibuat supaya barangnya segera laku, harga dinaikan kemudian di diskon, sama saja, anda bisa bandingkan harga dengan seller lain, karena penjual barang tidak hanya satu seller saja di market place.
  • Hati-Hati belanja di non market place, jika kebetulan anda belanja di penjual yang tanpa menggunakan market place, saya harap hati-hati, transfer uang ke penjual secara langsung tidak akan ada yang menjamin uang anda kembali. memang banyak penjual jujur disana yang tidak menggunakan market place, tapi sebaiknya anda berhati-hati, COD akan lebih baik jika anda berbelanja ke penjual yang tanpa market place.
  • Hati-hati dengan Kartu Kredit, banyak pengguna kartu kredit yang mengeluh uangnya dikuras, hati-hati menginputkan kartu kredit anda, nomor CVC dst. karena bisa saja ada sebuah website palsu yang di desain mirp website asli tetapi menjual barang abal-abal. disana kita diminta untuk memasukan nomor kartu kredit yang pada dsarnya adalah ingin mencuri data nomor kartu kredit anda. saya pernah lihat ada sebuah situ bernama diskon-lazada.com, ini jelas situs penipuan yang mana nama dan tampilan dibuat mirip dengan lazada. penggunaan kartu debet jauh lebih aman dibanding kartu kredit.
Belanjalah dengan bijak jangan habiskan dompet suami

Belanjalah dengan bijak jangan habiskan dompet suami

  • Pilih Market Place yang dipercaya,  pilihlah market place yang sudah terjamin dan sudah banyak atau umum dipakai orang, semisal Lazada, Tokopedia, Traveloka, Elevania, Bukalapak, Zalora dst. tanyakan pada teman yang sudah sering belanja online. hat-hati dengan situs yang meniru Market Place tersebut.
  • Catat Nomor Resinya, belanja Online yang dikirim menggunakan jasa pihak ketiga biasanya penjual akan memberikan nomor resi pengiriman, sehingga pembeli bisa melakukan tracking sendiri barang yang dia beli. tanyakaan nomor resinya dan cek di situs kurir yang anda pilih.
Catat baik-baik nomor resinya

Catat baik-baik nomor resinya

  • jika sudah puas belanja ke seorang seller jangan lupa beri rating yang bagus, dan beritahu orang lain bahwa seller ini bisa dipercaya, sebaliknya jika anda dikecewakan beri ulasan yang bagus sehingga pihak market place bisa segera menindak penjualnya.
  • Offline lebih Aman, belanja oflline tentu saja lebih aman dibanding online, tapi tentu saja lebih ribet. untuk itu bijaklah dalam menggunakan teknologi.

 

oke demikian yang bisa saya share, saya sendiri sering belanja online untuk beli pulsa,  susu anak, atau beli barang tertentu yang memang pas lagi butuh. nyari diskonan susu anak, diskon 10 ribu kalikan 20 kaleng udah lumayan. :D, Salam Goblooge.

Comments

total comments