October 14, 2017 thumb Termux , Sebuah Linux dalam Android

anda pecinta linux, suka bermain-main dengan operating system linux, terbiasa menggunakan console linux. anda pemakai android juga, suka dengan android. iyup termux adalah sebuah linux emulator. dikatakan linux emulator karena disini kita bisa meng-install aplikasi-aplikasi linux berbasis console yang seperti aplikasi linux lain pada umumnya, misalnya MariaDB Server, Apache Server, FTP Server, Samba Server bahkan SSH Server.

saya bisa melakukan perintah-perintah linux langsung di HP.

saya bisa melakukan perintah-perintah linux langsung di HP.

termux adalah sebuah aplikasi dan sekaligus sebuah emulator, kita bisa me-maintenance android yang kita miliki, melakukan perintah sudo (butuh root) atau bahkan menjadi hp kita sebagai mini server untuk berbagai keperluan. bagi yang suka menggunakan kali linux untuk melakukan test security jaringan, aplikasi ini cocok untuk anda, kita bisa menginstall sendiri berbagai aplikasi security yang berjalan di atas console.  sebagai contoh saya bisa menjalankan htop di termux dan berikut ini hasilnya.

HTOP di termux

HTOP di termux

intinya termux adalah sebuah operating system linux lengkap yang telah di porting sedemikian rupa untuk berjalan di android. bedanya  dengan installer linux di android lainya (seperti pada tulisan saya Install Ubuntu di HP Android ), kalau installer linux di android lainya rata-rata menggunakan OS sendiri yang mana akan mengakibatkan sangat berat dan harus di boot setiap kali mau dijalankan, termux memakai langsung operating system linux yang menjadi basis android. sehingga apa yang kita ubah menggunakan termux akan juga ikut mengubah android (karena sebenarnya Android adalah sebuah aplikasi linux yang berjalan di atas Dalvik Virtual Machine, sedangkan termux, untuk masalah ux nya dia ikut android, tapi inti sistemnya langsung ikut ke sistem linux android ).

Running MySQL server langsung dari HP. lain waktu akan saya share cara setupnya.

Running MariaDB server langsung dari HP. lain waktu akan saya share cara setupnya.

seperti yang saya katakan sebelumnya, kita bis amenginstall berbagai macam aplikasi linux di termux, sebagai contoh saya meng-install Maria DB dan menjalakanya, selain itu saya juga menginstall apache server supaya bisa menggunakan web, dan hasilnya saya punya server portable di HP. lalu pertanyaanya buat apa ? kalau kebetulan anda adalah praktisi IT yang bekerja disana sini, tenting sana sini,  aplikasi-aplikasi  seperti ini cukup membantu disaat darurat. mungkin lain waktu akan saya posting tentang cara instalasinya, jadi sampai jumpa pada tulisan yang lain, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments