June 17, 2012 thumb Tambah Common Library di Netbean

sebelumnya, mohon komentarnya ya, anggap sebagai apresiasi saudara. kisahnya begini seorang teman bertanya sama saya. Hud bagaimana caranya menambahkan sebuah library langsung ke netbeanya, sehingga kita bisa langsung pakai di kemudian hari, selain itu gimana caranya, biar source code dan documentasi dari library itu terhubung langsung dengan netbean.

hmm…, sebenarnya ini pertanyaan simple sih, tapi nggak papa deh, saya jawab. walaupun pertanyaan ini sudah sering diajukan ke forum-forum dan beberapa forum sudah bosen membahasnya, saya akan coba jawab pertanyaan ini.

OK sebagai persiapan mungkin pertama yang harus kita cari adalah librarynya dulu, sebagai contoh disini saya menggunakan LWUIT yang bisa di download di http://download.oracle.com/otn-pub/java/lwuit/1.5/LWUIT_1_5.zip , kalo linknya sudah angus, coba kunjungi situs oracle dan sedot dari sana. file berbentuk rar, dan memiliki beberapa file dan directory.

– Directory Utama

lib : folder berisi file jar dan source code

docs : folder berisi documentasi

apps : contoh-contoh hasil pemakain LWUIT

  • yang perlu diperhatikan hanya bagian lib/ dan docs/, saja. pada folde lib, ambil kategori file .jar yang ingin kita pakai, karena disana banyak. sebagai contoh saya mau mengambil yang bagian untuk J2ME MIDP. sehingga saya mengambil yang LWUIT_MIDP.jar, copy ke tempat lain, dan rename menjadi LWUIT.jar.
  • berikutnya tuju bagian folder lib/ dan ambil file src.zip, ini berisi surce code dari file LWUIT_MIDP.jar. pindahkan ke tempat lain, dan rename menjadi LWUIT_SOURCE.zip.
  • terakhir adalah documentasi dari aplikasi ini, silakan tuju folder docs/ dan ambil file bernama javadocs.zip, rename menjadi LWUIT_DOCS.zip, dan pindahkan ke tempat lain.
  • sekarang kita punya 3 file, yaitu LWUIT.jar yang merupakan class library, LWUIT_DOCS.zip yang berisi documentasi, dan LWUIT_SOURCE.zip yang berisi source code.
  • pindahkan file LWUIT.jar ke folder C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitymodules. tentu saja untuk drive dan lokasi netbean tergantung dimana anda menginstall.
  • pindahkan file LWUIT_DOCS.zip ke folder C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitymodulesdocs.
  • pindahkan file LWUIT_SOURCE.zip ke folder C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitysources.

 

  • jalankan netbean, pilih menu tool->libraries , setelah dialog libraries muncul kemudian pilih New Library. dan ketikan nama library LWUIT, atau terserah anda.

 

  • Tab ke class path, pilih add Jar/Folder dan tuju dimana file LWUIT.jar kita tadi disimpan yaitu C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitymodulesLWUIT.jar.
  • Tab ke Source, pilih add Jar/Folder dan tuju dimana kita menyimpan LWUIT_SOURCE.zip tadi, yaitu berada di folder C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitysourcesLWUIT_SOURCE.zip.
  • Tab ke Javadoc, pilih add Jar/Folder dan tuju dimana kita menyimpan file LWUIT_DOCS.zip yaitu C:Program FilesNetBeans 7.0.1mobilitymodulesdocsLWUIT_DOCS.zip.

  • klik OK dan selesai, untuk mencoba silakan buat sebuah project baru, mengunakan J2ME kemudian, tambahkan klik kanan Resouce dan tambahkan library LWUIT. maka secara otomatis dalam project kita akan terintegrasi library yang baru kita tambahkan tadi.

sebagai tambahan catatan, jika misalnya kita cuma punya file librarynya (file .jar) saja, maka tetap bisa ditambahkan hanya saja saat kita meng-add library tersebut, dan kita melakukan coding, maka documentasi dan source yang mungkin kita butuh, tidak akan ditampilkan.

sampai disini dulu tutorialnya, lain kali saya share lagi, NB : bagi yang ngerasa minta tutorial, monggo dinikmati.

Comments

total comments