November 18, 2011 thumb Subtitle Movie

huah, akhirnya setelah dua hari nggak nulis. malam ini bisa juga melampiaskan kekesalan sekaligus sharing cerita yang mungkin bisa membuat anda sedikit nyengir. sebelumnya mohon sedikit komentar. hehehe 😀

alkisah waktu itu saya lagi enak-enaknya nonton sebuah film berjudul Johny English Reborn yang saya download dari thepiratebay.org. seperti biasa yang namanya film yang baru muncul di bioskop, tentu bajakanya belum memiliki kualitas gambar dan suara yang bagus, tapi senangnya subtitle subtitle film ini cukup bagus.

waktu itu saya lagi dirumah nonton bersama adik-adik. hampir 2 jam saya nonton akhirnya film tersebut rampung. pas film itu selesai, datanglah teman saya yang juga nge-fans abis sama Rowan Atkinson, dan sedari kemarin emang ngidam pengen nonton, sehingga tanpa basa-basi dia langsung meng-copy film tersebut di flashdisknya. setelah meng-copy film dari komputer saya, teman tersebut langsung pulang, dan berniat menonton di komputer rumahnya.

selang 1 jam teman saya telepon, katanya komputernya error dan tidak bereaksi selama hampir 15 menit. saya menyarankan dia untuk mematikan paksa komputernya dan mengulang dari awal.

selang 1/2 jam teman saya kembali telepon, katanya problem muncul lagi, komputer kembali hang. waktu saya tanya kenapa, dia berkata bahwa dia ingin mengubah subtitle yang ada di film johny english, dan tiba-tiba komputernya hang dan tidak merespon. saya pun diminta untuk segera datang ke TKP. karena kasihan akhirnya saya segera menyusul kerumahnya yang tidak jauh dari rumah saya.

setelah saya restart, komputer kembali normal. saya balik bertanya kepada dia bagaimana cara dia mengedit subtitle tersebut. ternyata yang dia lakukan adalah mengedit secara paksa file Johny.English.Reborn.avi yang berukuran hampir 1.4 GB. ya sudah barang tentu komputernya error dan tidak bereaksi, mana spesifikasi komputernya sendiri bisa dibilang kelas menengah kebawah. saya tunjukan dia bahwa yang seharusnya diedit bukanlah file Johny.English.Reborn.avi melainkan Johny.English.Reborn.srt, karena dalam file itulah terdapat terjemahan dari filenya.

Saya : caranya, bukan yang Johny.English.Reborn.avi yang diedit itu, yang Johny.English.Reborn.srt yang diedit, karena dia berisi data subtitle, untuk mengedit….(belum selesai bicara langsung dipotong)

Teman : oo… ok-ok paham2, udah-udah aku mau lanjutkan.

karena merasa sudah bisa, maka tugas saya berakhir dan kembali ke rumah. selang beberapa saat, teman saya telepon lagi dan berkata kalau file hasil editanya tidak bisa dibaca, malah sekarang tidak bisa di load ke K-Lite Media Player.

Teman : Hud, sekarang nggak muncul subtitlenya, malah nggak mau di load ke K-Lite.

Saya : itu bener file berekstensi *.srt kan ?

Teman : iya bener.

Saya : mestinya langsung bisa.

Teman : tapi buktinya ini nggak bisa.

akhirnya saya kembali lagi ke rumah teman saya, untuk melihat apa yang terjadi. waktu saya lihat, filenya benar berkestensi *.srt, dan saya load ke K-Lit Media Player, dengan melakukan drag juga tidak mau di Load. berkali-kali saya coba tidak bisa, sampai akhirnya saya menemukan kecurigaan dengan ukuran filenya yang berukuran diatas 100 KB, biasanya file *.srt tidak berukuran segede itu. waktu saya buka pakai notepad, ternyata benar, file itu berisi beberapa karakter-karakter aneh yang menandakan bahwa itu adalah file binary. saya pun curiga dengan bagaimana cara dia mengedit file srt yang asli.

Saya : kamu ngeditnya gimana ?

Teman : (dengan bangga menunjukan) begini, aku buka, terus aku edit, habis itu aku rename.

Saya : hoalah, loe ngeditnya bukan begitu, sampe jaman sebandhit juga nggak bakalan bisa.

Teman : lha terus..

Saya : (saya tunjukan caranya yang benar)

Teman : weleh, berarti aku ngulang ini dari awal.

Saya : Yoi…

Teman : wah lha kamu nggak bilang dari tadi.

Saya : ku jitak kepalamu enak, aku baru mau jelasin, kamu motong seenaknya sambil nyerocos nggak karuan, sekarang nyalahin aku, pengen di toyor ngomong.

Teman : sori-sori bos, gitu aja marah.

ternyata dia mengedit file *.srt menggunakan MS. Word, kemudian menyimpanya sebagai *.docx, dan nantinya via Windows Explorer dia mengubah/ me-rename file Johny.English.Reborn.docx menjadi Johny.English.Reborn.srt ya pantas saja nggak bisa di load.

Comments

total comments