December 23, 2012 thumb Style Libre Office

oke tulisan ini diilhami oleh request seorang teman yang dia menginginkan style pada libre office¬†menjadi tidak karuan (tidak ada icon cuma text saja) ia ingin supaya theme di libre office-nya kembali ke semula. nah berhubung saya juga sedang pakai linux, akhirnya saya menulis sedikit informasi yang mungkin sudah gak berguna. yang sudah merasa bisa, ndak usah diteruskan yang belom bisa silakan di simak ūüôā

OK sebelum memulai saya akan membahas bagaimana caranya  menambahkan theme alias style di libre office. secara default libre office memiliki 6 macam style antara lain crystal, galaxy, hicontrast, human, oxygen, tango. secara default saat ini libreoffice menggunakan human sebagai default style-nya. untuk menambahkan kita bisa melakukan instalasi seperti menginstall package di linux (saya menggunakan Linux Mint).

#apt-get install libreoffice-style-*

perintah ini akan menginstalasikan seluruh style yang ada pada  libreoffice. setelah selesai anda bisa menjalankan libreoffice. pada menubar Tools pilih Options. kemudian pilih view pada bagian icon size and style , silakan pilih style yang diinginkan.

Setting up View

Tools -> Options

Setting up icon and style

View -> Icon and Style

berikut ini adalah jenis-jenis style yang ada, silakan pilih sesuai keinginan.

Crystal Stye

Crystal Style

Galaxy Style

Galaxy Style

Human Style

Human Style

Oxygen Style

Oxygen Style

Tango Style

Tango Style

Hi Contrast Style

Hi Contrast Style

terkadang kita ingin mengganti dan membuat custom style kita sendiri, hal ini mudah dilakukan, karena Linux memang dibuat supaya dapat diutak-atik oleh semua orang, sebagai contoh saya ingin mengubah Style-nya supaya menyerupai style bawa’an linux mint. caranya sebagai berikut.

  1. download terlebih dahulu style yang akan kita tambahkan, dalam hal ini saya telah mendapatkan style dari gnomelook.org yang ingin saya masukan ke Style Libreoffice. namanya Faenza.  silakan download di sini.
  2. setelah di download anda mendapatkan file images_faenza.zip, yang harus diperhatikan, karena paket ini bukanlah paket .deb atau linux intaller yang akan kita lakukan adalah mengorbankan salah satu dari style yang sudah ada, supaya diganti dengan faenza.
  3. taruhlah anda ingin mengorbankan icon hicontrast, yang harus dilakukan adalah menimpa (mengganti) file images_hicontrast.zip dengan file images_faenza.zip.
  4. tuju folder /usr/share/libreoffice/share/config/ (ingat : harus menjadi super user ).
  5. kemudian rename file  images_hicontrast.zip menjadi backup_images_hicontrast.zip, ini dilakukan kalau-kalau anda ingin mengembalikan ke bentuk semula.
  6. kemudian rename file hasil download tadi yaitu images_faenza.zip menjadi images_hicontrast.zip.
  7. masukan file hasil rename images_faenza.zip yang sudah di renam menjadi images_hicontrast.zip ke folder /usr/share/libreoffice/share/config/ (ingat : anda harus menjadi super user)
  8. sekarang buka libreoffice dan settings style-nya ke hicontrast. maka akan muncul tampilan dari faenza icon.
  9. NB : ini sebenarnya cuma akal-akalan supaya kita bisa mengubah icon theme libreoffice sesuai keinginan, jika anda tertarik dalam bentuk deb, nanti akan saya bahas bagaimana caranya membuat installer bentu .deb
  10. untuk catatan, jika anda ingin mengorbankan jenis style lain, silakan rename style menjadi seperti style yang ingin dikorbankan. misalkan anda ingin mengorbankan tango, silakan rename images_faenza.zip menjadi images_tango.zip
Faenza Style yang disembunyikan bentuk Hi-Contrast Style

Faenza Style yang disembunyikan bentuk Hi-Contrast Style

oke demikian yang bisa saya sampaikan, kepada masbro yang merasa icon style-nya berubah, silakan di modif sendiri, sorry bro, aku lupa kemarin belom aku kembalikan, habisnya aku buta warna, jadi tak ubah ke black-white Faenza semua, peace ya ūüėÄ

Comments

total comments