October 6, 2016 thumb Solusi Murah Meriah Menjadikan Android sebagai PC Desktop

Smartphone Android saat ini memiliki sedang merajai pasar. tidak hanya itu beragam aplikasi yang dimiliki oleh Android semakin lama semakin mendekati dengan PC Desktop, ditambah dengan spesifikasi Hardware smartphone android saat ini yang bahkan beberapa sudah jauh meninggalkan sebuah PC Desktop. nah trik kali ini adalah bagaimana caranya membuat supaya android yang kita miliki bisa dijadikan PC Desktop atau bahkan mungkin Laptop. tentu hal yang menarik bukan. terkadang kita bingung memilih beli PC Desktop atau Laptop ataukah Smartphone. kalau bisa beli Smartphone High End kenapa tidak sekalian Smartphone kita jadikan sebagai PC atau Laptop sekalipun, toh saat ini spesifikasi Smartphone sudah sangat mumpuni untuk melakukan komputasi layaknya PC, dimana kita bisa meng-Edit gambar, Design, menggunakan Aplikasi Office, dan bahkan Browsing.

Aplikasi Android yang tersedia dalam Menu Androidmium OS

Aplikasi Android yang tersedia dalam Menu Androidmium OS

solusi yang saya ulas disini tentu jauh lebih murah jika dibandingkan harus membeli PC Desktop plus Laptop plus Smartphone. tentu sangat boros sekali, ditambah lagi antara PC Desktop , Laptop dan Smartphone berdiri sendiri-sendiri sehingga harus di-setup sendiri-sendiri, nah itu lah kenapa tidak satu saja dan untuk semuanya.

File Browser Androidmium OS

File Browser Androidmium OS

Androidmium OS itulah nama aplikasinya, aplikasi ini bisa di-download di Play Store dan masih dalam tahap beta. setelah anda menginstall aplikasi ini, cukup di jalankan seperti biasa, dan tampilan android akan selayaknya PC Desktop, tentu saja aplikasi-aplikasi yang bisa dijalankan disini adalah aplikasi yang sudah ter-install di Android anda. terdapat start menu serta system tray layaknya sebuah Desktop. ya sebuah desktop yang ada di layar android anda (taruhlah layar anda cuma 5 inch).

Androimium OS Berjalan Menggunakan Wireless Display serta keyboard dan Mouse Wireless yang dihubungkan dengan kabel OTG

Androimium OS Berjalan Menggunakan Wireless Display serta keyboard dan Mouse Wireless yang dihubungkan dengan kabel OTG

nah supaya bisa enak dilihat, cukup kita share screen menggunakan layar Android kita dengan menggunakan Wireless Display seperti Intel Wireless Display, Chrome Cast atau Air Display. untuk kebutuhan keyboard dan mouse kita bisa beli Mouse dan Keyboard Wireless yang nantinya kita hubungan ke Android melalui kabel OTG. jadilah sebuah PC (tentu ini lebih murah daripada harus beli PC yang terdiri dari CPU + Monitor ). atau jika ingin yang lebih bagus bisa menggunakan Display Docker yang dihubungkan dengan kabel HDMI.

Layaknya Punya PC padahal Cuma HP + Monitor + Keyboard Mouse Wireless + Wireless Display lebih murah daripada beli HP + CPU + Mouse + Keyboard.

Layaknya Punya PC padahal Cuma HP + Monitor + Keyboard Mouse Wireless + Wireless Display lebih murah daripada beli HP + CPU + Monitor + Mouse + Keyboard. karena kita menggantikan CPU dengan Smartphone.

lalu bagaimana dengan laptop, kita juga butuh untuk komputing yang bisa di bawa kemana-mana. sebenarnya solusinya agak mahalan dikit, tapi lebih murah meriah jika dibandingkan dengan membeli laptop langsung. cukup beli superbook (sayangnya di indonesia belum relase). apa itu superbook ? sebuah Laptop yang hanya terdiri dari Display, Mouse Pad, Keyboard yang berfungsi mengubah Android menjadi sebuah Laptop. superbook dapat dipesan melalui Kick Starter. harganya sekitar $99, tentu lebih murah daripada beli laptop sendiri. kita tunggu saja kedatanganya di indonesia, karena nantinya akan jadi solusi murah meriah.

Super Book, Laptop cuma $99

Super Book, Laptop cuma $99

dengan kalkulasi diatas, taruhlah kita membeli Wireless Mouse Keyboard (400.000) + Monitor HDMI (2.000.000) total cuma 2.400.000 daripada harus membeli PC (2.500.000) + Monitor HDMI (2.000.000) totalnya 4.500.000, terlebih lagi kalau menggunakan SuperBook yang mana dia bisa menyediakan komputasi yang lebih murah.

gimana tertarik, untuk saat ini mungkin masih pakai Kabel OTG dan Wireless Display tapi tunggu saja sampai tahun depan kemungkinan akan hadir di indonesia, kalau cuma untuk sekedar kebutuhan komputing sderhana seperti browsing, office, edit gambar ringan , chatting, email dll saya rasa sudah lebih dari cukup.

oke sampai jumpa pada tulisan saya berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments