December 10, 2017 thumb Slack – Aplikasi Chat Khusus untuk Kerja

jaman sekarang setiap project di kantor pasti punya yang namanya whatsapp group. setiap grup akan mewakili pekerjaan sub divisi pekerjaan sendiri-sendiri. masing-masing divisi tentu memiliki job desk yang berbeda-beda. nah salah satu aplikasi chat enterprise yang lagi naik daun adalah Slack. slack memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan whatsapps. selain kita bisa melakukan chat private dengan masing-masing anggota yang ada dalam grup, kita juga dapat bertukar file, mengirim titik gps dengan menggunakan perintah-perintah yang sudah tersedia dalam slack (diawali dengan slash).

slack mirip dengan IRC, kita diminta untuk membuat sebuah domain name, misalnya goblooge.slack.com dimana creator disini akan menjadi admin dari grup (yang mana dalam slack disebut dengan workspace). dalam satu workspace kita bisa membuat banyak sekali channel, misalnya channel proyek A, channle Proyek B dan lain sebagainya. masing-masing channel dapat diikuti oleh member tertentu saja (private) atau seluruh member (public).

Banyak Channel yang bisa dipilih.

Banyak Channel yang bisa dipilih.

yang paling keren menurut saya adalah integrasinya dengan berbagai layanan online. berbeda dengan whatsapps yang berdiri sendiri, tidak bagi slack, slack bisa di integrasikan dengan berbagai layanan Online, misalnya Dropbox, Google Drive, Trello, Bitbucket, Github , Google Calendar, Google Analytics dan lain sebagainya, sehingga menjadi satu aplikasi yang cocok untuk kebutuhan enterprise.

bayangkan kadang dalam sebuah perusahaan kita akan saling bertukar file di google drive, setelah selesai kita bisa biasanya umumkan di whatsapp grup bahwa saya share file di google drive, nah dengan slack tidak perlu lagi, sekali kita share file di google drive, dengan sendirinya slack akan memberitahu semua orang di forum bahwa ada sebuah file yang di share di google drive.

hal ini juga berlaku misalnya untuk Google Calendar, ketika pak bos menjadwalkan sebuah jadwal (entah meeting, entah kunjungan) di Google Calendar, maka dengan sendirinya semua penghuni channel tertentu (yang sudah di set oleh admin) akan mendapatkan notifikasi bahwa ada sebuah jadwal yang dibuat. sehingga tidak perlu woro-woro di grup.

untuk kita programmer fitur yang paling saya sukai adalah web hook dengan bitbucket dan trello,  fitur ini menurut saya sangat membantu, setiap kali ada card baru di trello bisa langsung tahu, dan secara otomatis bagian programmer bisa segera menindak lanjuti trello tersebut dengan sebuah commit di bitbucket.

Koneksi dengan Bit Bucket

Koneksi dengan Bit Bucket

tidak hanya itu bagi admin wordpress, kita bisa mengkoneksikan administrasi wordpress dengan slack, cukup install plugin dan setup url webhook-nya dibagian setting, maka semua aktivitas yang ada dalam wordpress akan di notifkan ke slack. seperti adanya posting baru, adanya member yang login dan lain sebagainya.

wordpress connect

wordpress connect

untuk versi gratis slack hanya memberikan sampai 10 webhook aplikasi, sehingga jika anda memang tidak punya budget untuk slack, gunakan sebaik mungkin 10 webhook ini. jadi tunggu apa lagi segera install slack di Android dan mulailah menjadi slacker.

Comments

total comments