December 10, 2016 thumb Scan Virus di Linux dengan ClamAV

sebenarnya antivirus di linux itu tidak dibutuhkan sih. soalnya jarang banget ada virus di linux. virus di linux itu jarang banget walaupun tetap kemungkinan ada, dan untuk menghapus virus di linux pada dasarnya tidak butuh antivirus asalkan kita tahu dimana runtimenya. karena di linux ada the power of root. kalau udah jadi root tinggal hapusi aja satu-satu, mau gak mau virus mati deh. pengecualian virusnya tahu password root anda.

lalu apa gunanya meng-install antivirus di linux, ya faktanya saya sering bantu tetangga, saudara dan bahkan teman-teman yang flashdisk-nya kena virus. mungkin dari warnet atau dari internet gara-gara pakai OS Windows. dengan mengguankan clamav under terminal scanning virus bisa lebih cepat dan entheng karena tidak membutuhkan gui. terkadang untuk membersihkan harddisk 1 TB yang berisi penuh virus saya menggunakan komputer server untuk melakukan scanning. ya komputer server berisikan linux non gui, saya pakai untuk scanning antivirus saat tidak sebearapa sibuk. dan Harddisk 1TB rampung dalam 15 menit.

untuk melakukan ini kita butuh install ClamAV sebenarnya tersedia versi windowsnya, dan sekaligus versi GUI, tapi saya nggak suka. saya lebih suka pakai terminal. karena selain responsif juga ringan kerjanya. berikut ini adalah beberapa syntax untuk clamav.

untuk instalasi clamav kalau kebetulan pakai turunan ubuntu sangat mudah. sebagi contoh saya menggunakan KDE 16.04 64 Bit. cukup mengetikan .

apt-get install clamav

tunggu beberap saat dan clamav akan terinstall dengan baik. kemudian pertama yang harus kita lakukan adalah meng-update database dari clamav. maka ketikan perintah update clamav.

freshclam

tunggu proses tersebut beberapa saat dan database clamav anda akan ter-install dengan baik. untuk mengetahui bagaimana cara melakukan scan cukup ketikan

clamscan --help

Help Clamav

Help Clamav

dan list dari daftar perintah scanning clamav akan ditampillan. ada banyak perintah yang masing-masing bisa digabungkan satu sama lain. taruhlah saya ingin melakukan scan pada folder /home/goblooge/Downloads/ maka cukup saya ketikan perintah :

clamscan -r –bell -i /home/goblooge/Downloads

kode huruf -r pada clamav berarti recusrvice ke seluruh folder, –bell jika kebetulan ada virus akan muncul bunyi beep dan -i berarti hanya akan menampilkan file-file yang terinfeksi saja. tinggal klik enter dan whoa secara otomatis akan ditampilkan hasilnya.

Scanning Virus Clamav

Scanning Virus Clamav

jika kebetulan anda bingung dengan perintah – perintah clamav yang ada di console maka jangan khawatir bro. ada kok caranya. cukup ketikan

apt-get install clamtk

secara otomatis akan meng-install library gui khusus untuk clamav ya cuma meng-install sedikit library untuk clamav. dan kita bisa jalankan clamav dari start menu.

Clamav versi GUI

Clamav versi GUI

Comments

total comments