September 8, 2016 thumb Rest Api Client Terbaik

pernah mengembangkan Aplikasi berbasis REST API, bagi developer Facebook, Twitter dan Social Network lainya, mengembangkan aplikasi dengan Rest Api sudah menjadi barang umum. cuma masalah yang sering bikin ati kemrungsung adalah ketika melakukan debug rest api secara manual. bisa dibayangkan betapa susahnya. nah kali ini saya share tentang sebuah tool yang berjalan baik di Linux, Windows maupun Mac yang mana khusus mengatasi masalah Rest Api.

nama aplikasi ini adalah insomnia, mungkin terdengar aneh, tapi memang seperti itu namanya. cuma jangan ragukan kemampuanya. sampai detik ini penulis merasa inilah rest api client yang paling powerfull jika dibandingkan dengan rest api client lain.

Memiliki User Interface yang sangat menarik itulah yang pertama kali penulis rasakan. intuitif dan mudah di operasikan. secara umum terbagi menjadi tiga kolom, pertama adalah data request , kedua adalah input dan terakhir adalah output. untuk membuat cukup tekan tombol + dibagian kolom paling kiri, kemudian input data bisa dimasukan ke kolom tengah, begitu selesai cukup tekan send dan hasilnya akan ditampilkan di kolom kanan.

Tab Management Request pada Insomnia bisa mengumpulkan beberapa contoh hasil request yang ada kedalam satu Folder tertentu, sehingga mudah dalam manajemen contoh request. lebih dari itu, tool ini juga mampu menampilkan dalam beberapa workspace sehingga jangan khawatir hasil request anda hilang ketika di close karena akan terseimpan dan  ter-manage dengan baik. kita juga bisa menambahkan cookie dan beberapa environtment menggunakan nunjucks templating.

Manajemen Request yang baik. bisa berbentuk folder dan Workspace

Manajemen Request yang baik. bisa berbentuk folder dan Workspace

Tab Editing Input memberikan request lengkap, mulai dari GET, POST, DELETE, PUT, PATCH , OPTION sampai HEAD semuanya tersedia. sedangkan parameter seperti Header Request, Authentification, Parameters bisa diedit baik satu-persatu maupun secara native.

Editing Dengan Cepat

Editing Dengan Cepat

Tab Result dapat menampilkan data dengan baik, ketika data beformat JSON, akan ditampilan struktur JSON-nya dengan indah, kita bisa meng-hide atau collapse data json yang diterima. hasil data pun ditampilkan mulai dari status server, waktu yang dibutuhkan. hingga size dari data yang diterima. tentu ini sangat berguna pula ketika penyedia layanan Rest Api melakukan Benchmark pada servernya.

Hasil ditampilkan dengan rapi. mulai dari hasil responds, durasi, status dan jumlah data yang di terima

Hasil ditampilkan dengan rapi. mulai dari hasil responds, durasi, status dan jumlah data yang di terima

Generate Source Code , dari semua fitur yang ada yang paling bermanfaat adalah kemampuanya untuk menggenerate sebuah source code jadi dalam berbagai macam bahasa pemrograman. mulai dari Shell, Python, Java, Javascript, PHP , Ruby, C bahkan C# pun bisa dihasilkan. sangat membantu pekerjaan programmer bukan :D.

Fitur yang paling saya cintai

Fitur yang paling saya cintai

tool ini dapat di download di http://insomnia.rest/download/ , saat ini lisensinya masih gratis, tapi nggak tahu kedepanya. jadi buruan sedhot mumpung gratis. kesimpulan saya ini adalah tool yang painless untuk para Programmer Rest Api. sampai jumpa di artikel berikutnyaOkey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments