January 9, 2013 thumb Remastering Ubuntu dan Turunanya

salam, sudah lama tidak memposting, hm… akibat kesibukan banyaknya proyek yang harus dikerjakan. oke, kali ini saya ingin memposting tentang cara membuat distro linux sendiri. mungkin terpikir di benak teman-teman sekalian. saya install Linux Mint 14 : Nadia, kemudian menginstall beberapa program yang di download dari internet seperti GCompris, Eclipse dan lain-lain. kemudian sesuatu terjadi pada komputer saya, dan saya melakukan install ulang kembali system linux mint saya. al hasil, saya harus menginstall ulang program yang sudah saya install sebelumnya. atau kisah lain, seorang admin lab, sedang mengintall 100 komputer, komputer tersebut ingin dipasang ubuntu dengan tambahan program-program tertentu. akan sangat menyulitkan jika harus mengintall satu-persatu program pada 100 komputer.

nah tutorial kali ini, saya ingin membahas tentang bagaimana caranya mem-backup system Linux ubuntu dan turunanya,  yang sudah kita install dan setting sedemikian rupa, sehingga nanti ketika terjadi sesuatu pada komputer atau ingin diintall di komputer lain, kita tidak perlu meng-install lagi satu-satu aplikasi yang telah kita install (Download-nya gan sekarat :( intenya ). untuk melakukan hal ini, yang kita butuhkan adalah menginstall remastersys. sebuah softaware yang mana memudahkan kita untuk membuat distribusi turunan ubuntu sendiri, dimana aplikasi, dan setting dari system bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. pertama tambahkan dahulu repository di sistem anda di /etc/apt/source.list, tambahkan baris kode ini : deb http://www.remastersys.klikit-linux.com/repository remastersys/
  2. simpan dan lakukan update system : #apt-get update
  3. lakukan instalasi remastersys : #sudo apt-get install remastersys
  4. lakukan instalasi program dan settings seperti biasa, kemudian lakukan pemebersihan system dengan perintah : #sudo apt-get clean
  5. kemudian buka reamstersys, System->Administration->Remastersys
Remastersys

Remastersys

gambar diatas adalah gambar dari remastersys.

  • Backup : digunakan untuk membuat system yang sama dengan system komputer anda saat ini, beserta file-file dan user yang ada. setting juga ikut dimuat dalam backup.
  • Distribution : digunakan untuk membuat iso file yang mana membuat backup system, tapi tidak termasuk user, file-file personal dan settingsnya. ini cocok jika anda ingin membuat distribusi sendiri.
  • Customize : jika anda ingin melakukan customisasi sebelum melakukan proses Distribution. seperti dimana letak file iso yang ingin dibuat, logo splash screen dan lain-lain.
  • Clear Working Folder : setelah melakukan proses pembuatan file iso, di dalam komputer anda akan ada beberapa file sisa dari remastersys, dengan meng-klik tombol ini komputer anda akan bersih.
  • Check-Log : digunakan untuk membaca hasil log proses remastersys.

karena kita ingin membuat Distribution, silakan klik distribution dan tunggu sampai selesai, prosesnya lama biasanya 1-2 jam, tergantung seberapa besar system. ketika selesai, maka akan tercipta file iso bernama custom.iso di folder /home/remastersys/custom.iso silakan di burn di DVD atau CD dan bisa di copykan atau di install dikomputer lain atau backup ketika komputer sendiri ada masalah. oke demikian tutorial kali ini, jika ada tambahan silakan :D

Comments

total comments