May 5, 2017 thumb Pilih – Pilih Linux untuk Server

Linux pada awalnya memang powerfull untuk server. tapi seiring perkembanganya ternyata banyak pula distro linux yang tidak hanya untuk server tetapi juga untuk Desktop. bahkan saking banyaknya mengalahkan jumlah linux yang secara khusus untuk server. nah omong-omong soal linux untuk server , kali ini saya sedikit mengulas tentang distro linux yang memang dibuat sedemikian rupa untuk server, sebagai batasan distro yang saya bahas disini adalah distro yang gratis sehingga untuk distro enterprise yang mahal tentu tidak saya bahas disini.

Debian Server

siapa yang tidak kenal debian, mungkin bagi sebagian orang pengguna Desktop lebih mengenal ubuntu dibanding debian, padahal ubuntu sendiri adalah turunan dari debian, tetapi bagi para admin server debian merupakan distro stabil yang cukup menjanjikan untuk dipakai sebagai server. tidak hanya memberikan stabilitas yang baik, Long Term Support pada debian juga pantas dipertimbangkan sebagai server.

satu-satunya kelemahan debian adalah ketinggalan teknologi terbaru, debian biasanya menggunakan kernel versi lama, kenapa ? karena debian menunggu release kernel versi stable. itulah sebabnya beberapa teknologi terbaru kadang harus menunggu beberapa tahun ke depan untuk tersedia di-debian, karena pengembang debian benar-benar menunggu versi stable. tapi kalau cuma untuk urusan web server, saya rasa layak dipertimbangkan.

Ubuntu Server

anak debian yang menurut saya sendiri lebih terkenal dibandingkan bapaknya. ya Ubuntu dibangun menggunakan debian. distro ini terkenal versi Desktop, tapi selain versi Desktop distro ini juga mengeluarkan versi Server. ubuntu server menggunakan debian versi stable tetapi tentu saja dengan update teknologi terbaru. yang paling saya sukai sebenarnya adalah dukungan LTS yang dimiliki ubuntu. sampai saat ini ubuntu merupakan distro yang saya pakai untuk dijadikan basis Operating System dalam setiap server yang saya pakai. kelebihan distro ini adalah memberikan update terbaru pada teknologi-teknologi server, sayangnya kadang update terbaru malah merusak system yang sudah ada.

SUSE Linux Entreprise Server

dia adalah turunan dari SUSE , yang mana SUSE sendiri merupakan turunan dari Red Hat. distro ini menawarkan stabilitas, dan teknologi yang update. selain untuk server, dia juga di design untuk server, mainframe, dan workstatistion sangat berguna terutama sekali bagi anda yang bekerja menggunakan jaringan.

CentOS

masih berkisar pada turunan dari Red Hat, CentOS merupakan turunan dari Red Hat Entreprise Linux (RHEL), yang memang secara khusus diperuntukan untuk kebutuhan enterprise. CentOS berbasis Community Based yang mana mengizinkan semua orang untuk ikut serta dalam mengembangkan CentOS.

ClearOS

distro yang satu ini merupakan distro cucunya Red Hat karena dia adalah turunan dari CentOS. keutamaan dari distro  ini adalah, kemampuanya untuk bisa dikonfigurasi dengan mudah menggunakan interface web. sehingga pertama kali kita install, ClearOS langsung terinstall web server, yang mana memungkinakn kita untuk melakukan login pada web server serta menggunakan berbagai layanan yang ada. alih-alih kita login dikmputer server tersebut, justru untuk memakainya kita harus memakai komputer lain untuk mengakses web interface lewat browser. interface web dari ClearOS menjadi andalan, karena memberikan hampir seluruh fungsionalitas sebuah OS dapat diakses lewat browser. kita bisa melakukan demo pada clear os dengan mengunjungi website resmisnya di https://www.clearos.com/clearos-live-demo.

Tampilan Clear OS Live yang dikontrol melalui Browser

Tampilan Clear OS Live yang dikontrol melalui Browser

oke itu saja yang bisa saya bahas, masih banyak distro server lain yang tentu saja tidak kalah menarik, seperti ArchLinux yang mana kita dapat membangun sendiri sebuah System Linux untuk berbagai kepentingan. saran dari saya, pilihlah distro yang disukai, kemudian biasakan dengan distro tersebut. kalau ada distro yang ingin dimasukan, cukup kasih komentar. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya, Okey Donkey.

 

Comments

total comments