October 27, 2011 thumb Penipuan

Hati – Hati dengan penipuan berkedok dan mengatas namakan Ustadz Yusuf mansyur, mohon disebarkan sebanyak-banyaknya soalnya ini sudah menjamur juga didaerah jawa timur. waktu itu ane sedang perjalanan dari Surabaya ke Bali naik mobile pribadi punya bapaknya teman ane. karena itu hari jum’at , kami meutuskan untuk Jum’atan di Masjid Payton, nih gambarnya dibawah waktu ane njepret pake Samsung Galaxy S ane (orang yg ada didalamnya tidak terlibat dalam penipuan hanya kebetulan aja sholat jum’at).

sehabis sholat karena banyak orang musafir yang juga sedang singgah untuk sholat, waktu pulang jadi berdesakan, sehingga memutuskan untuk duduk-duduk sejenak. saat lagi enak-enaknya duduk, ada seberkas apalah namanya, document mungkin satu bundel yang katanya bisa bikin orang kaya. katanya ini sih dari ustadz yusuf mansyur. waktu ane baca, ternyata ini penipuan dan parahnya lagi sudah ada beberapa korban yang terkena. beikut ini adalah scan document yang saya dapatkan :

awalnya aja udah meragukan, nggak ada headline office, nggak ada contact person dll. meragukan. berikut ini adalah halaman-halaman berikutnya :

kalo emang halal seharusnya tercantum berapa nomor BPOM, berapa nomor ijinya dll, nggak hanya sekedar ada logo halal, adheku juga bisa buat yang kaya beginian. goblooge-nya lagi ini ditambah embel-embel surat dan ayat al-qur’an bener-bener kurang kerjaan banget nih orang.

main tipu-tipu kok menyertakan agama, bikin merusak citra agama islam dan ustadz yusuf mansyur, kurang ajar banget.

terus berikutnya diberik kesaksian-kesaksian kosong dari orang-orang yang tidak dikenal. dan sepertinya ini ngawur juga karena tidak disertai bukti yang jelas. hanya kesaksian ala kadarnya.

kesaksian bodong yang juga nggak jelas sipa orang-orangnya, kalo emang orangnya itu bener-bener mestinya nggak bikin kesaksian disini kan, kan kesaksian itu terjadi setelah 1 bulan orangnya baru mendapat hasil, terus siapa yang merekap kesaksian-kesaksian ini. dari beberapa halaman dibawah isinya kesaksian dariĀ  bermacam-macam orang yang nggak dikenal.

Ini dia gan metode penipuanya. dimana setiap orang yang mau ikut bergabung harus mentransfer sejumlah uang sebesar Rp. 20.000 kepada 4 orang yang namanya tercantum di bundle document ini.

kemudian mereka yang masuk dalam jaringanya harus menyebarkan selebaran ini kepada 100 orang.

cara kerjanya begini. si A mentranfer 20.000 kepada empat orang yg ada di bundle. kemudian A menyebarkan selebaran ini dengan mengganti salah satu nama 4 orang yang tercatat dengan namanya dan nomor rekeningnya. nanti kalo ada orang bergabung orang itu harus mentranfer 20.000 lagi ke orang A. begitu seterusnya sampai tidak ada ujungnya. ini mirip dengan kasus penipuan yang ramai di internet dulu, kalo nggak salah mirip kasusnya A*ne Ahi*a dan J*ko S*silo dengan metode diagram spanza atau money game. dimana bagian yang downline harus mensupport yang upline, lha kalo nggak ada downline lagi gimana ? ya sudah maka downline yang terakhir yang rugi. apalagi disini nggak ada barang atau ebook yang dijual belikan, lebih parah gan.

ini janji gombal dari yang bersangkutan. memang cuma sedkiti sih 20.000 ribu tapi kalo dikalikan 100 orang dimana setiap downline memilki 4 cabang udah berapa ?

dengan gaya berkata uang yg diterima adalah halal dan miracle of giving bukunya ustadz yusuf mansur, si pelaku mencoba menghipnosis pembacanya. dan lebih anehnya lagi dibagian akhir bilang Lebih 1 kali baik mencoba daripada mendengar, tapi mencoba apa dulu.

ini adalah beberapa orang yang sudah tertipu. nantinya proses penipuan berantai ini dilakukan dengan orang A misalanya mengganti data di lembah Pra Sejahtera dengan data dirinya, kemudian menindah data yg Pra Sejahtera ke Cukup Sejahtera, dan data Cukup sejahtera ke Sejahtera, dan terakhir memindah data yang Sejahtera ke Sangat sejahtera. dan orang yang ada di sangat sejahtera si omit alias dibuang. tapi tetep aja gan ini program tipuan.

lembar berikutnya berisi formulir untuk ikut serta dalam acara tipu-menipu berantai.

formulir harus diisi dengan memindahkan memindahkan data yang ada dilembar sebelumnya dengan aturan tadi. hasilnya cukup lumayan juga gan, karena dalam aturanya ini mentarget 100 orang, jadi misalnya A memulai iku, maka akan ada empat iterai perkalian seratus orang. 100^4. kalo tiap orang mentransfer 20.000, maka akan ada 100*100*100*100*20.000=2.000.000.000.000 atauĀ  2 Trilyun uang yang bakalan mengalir di rekening si penipu. tapi kalo ada yang main curang, dengan mencopy lebih dari 100, ya tentu lebih besar lagi.

sebenarnya ane jengkel juga sama ini orang yang menipu, mana pake embel-embel agama lagi. mohon bantuan pak polisi dong diproses, itu sudah ada 4 korban. Caranya gimana : mestinya nama-nama orang ini tercatat di Rekening Bank BRI, misalnya A mengirim uang 20.000 ribu pada 4 orang, terus ditelusuri 4 orang itu mengirim uang 20.000 ribu itu pada siapa saja, nanti pada sampai akhir titik puncak ada orang yang tidak mengirimkan uang sama sekali. nah orang itu pencetus awalnya. wallahua’lam bis shawab, hati-hati dengan penipuan yang seperti ini.

Comments

total comments