January 9, 2014 thumb Otak – Atik MySQL dengan Libre Office Base

mungkin sudah banyak yang tahu kali ya, kalau Libre Office Base bisa dipakai untuk mengutak-atik MySQL. sebenarnya bukan hanya MySQL sih, tapi juga beberapa Jenis Database lain seperti ODBC, Oracle JDBC, ODBC, dBase dan lain-lain. dengan menggunakan Libre Office Base kita bisa membuat Database copy-an dari Database yang sudah kita miliki. Tutorial ini menggunakan Linux Mint 14 : Nadia, seharusnya bisa berjalan di semua Distro Linux yang sudah memiliki JRE berikut ini caranya :

Melakukan Export

  • buka Libre Office Base melalui Application -> Office -> Libre Office Base. 
    Memulai Start Menu

    Memulai Start Menu

     

  • kemudian bisa setelah muncul jendela Database Wizard, Libre Office Base , anda akan ditanya apa yang ingin anda lakukan, pilih “Connect to and Existing Database”, pilih MySQL dan klik next
    memilih koneksi

    memilih koneksi

     

  • pada bagian selanjutnya akan ditanya driver apa yang akan digunakan untuk melakukan koneksi ke MySQL. pilih “Connect Using JDBC” (jika anda sudah memiliki JRE atau JDK terinstall di komputer) atau pilih “Connect Using ODBC” (jika anda memiliki Open Database Drive biasanya untuk Windows ). dalam contoh ini saya memilik menggunakan JDBC. kemudian klik next.
    Memilih Driver Koneksi

    Memilih Driver Koneksi

     

  • karena saya memili JDBC dibagian berikutnya saya akan ditanya mengenai Set Up Koneksi, disini karena kebetulan servernya ada di localhost, dan database-nya adalah seft. maka saya isikan “Database Name” dengan seft, server-nya localhost dan port number-nya default punya MySQL yaitu 3306, jika kebetulan port anda berbda silakan disesuaikan. klik next.
    Set Up Koneksi

    Set Up Koneksi

     

  • di halaman berikutnya anda akan ditanya mengenai authentification atau bahasa gampanganya login alias username password. karena kebetulan saya pakai root, tinggal saya isikan root. jika anda pakai password silakan centangi “Password Required”. dalam contoh ini saya tidak pakai password jadi tinggal next saja.
    username dan password

    username dan password

     

  • pada halaman ini anda akan ditanya apakah ingin menyimpan di data Libre Office. pada bagian “Do You Want the Wizard to Register Database in Libre Office” centangi bagian “Yes, Register Database for Me” dan pada “After the database file have been saved, what do you want to do ?” pilih “Open Database for Editing“. kemudian klik finish.
    Save and Proceed

    Save and Proceed

     

  • kemudian akan muncul dialog penyimpanan database. beri nama Database ini dengan nama MyDatabase atau terserah. dan simpan sesuka anda.
    Simpan Database

    Simpan Database

     

  • setelah anda simpan maka Window dari Libre Office Base akan menampilkan Database milik anda. namun sekarang sudah di export database tersebut pada Libre Office Base. 
    Jendela pada Libre Office Base

    Jendela pada Libre Office Base

     

  • oke selamat anda berhasil meng-export database dari MySQL ke Libre Office.

Mengutak Atik Database

Membuka isi Table

Membuka isi Table

mengutak atik – atik database yang sudah di-export tidak ada bedanya dengan mengutak atik database di Libre Office Base lainya. kita bisa menampilkan database, membuat view, query dan lain-lain. untuk menampilkan isi dari sebuah table anda tinggal klik table mana yang ingin dibuka. jika ingin membuat query anda tinggal klik pada bagian query dan silakan membuat query dengan memakai query wizard mirip Microsoft Office Access. 

Membuat Query

Membuat Query

Catatan : jika terjadi kegagalan saat melakukan koneksi pastikan anda sudah menginstall driver yang sesuai (kalau pakai ODBC silakan download driver ODBC kalau pakai JDBC silakan install JRE atau JDK). jika ada yang salah mohon dikoreksi , dan jangan lupa comment. salam goblooge.

Comments

total comments