September 21, 2013 thumb Otak Atik Android dengan AOKP Rom Control Settings

AOKP ROM Control

AOKP ROM Control

salam, kali ini saya ingin sedikit sharing tentang cara otak-atik android menggunakan AOKP Rom Control Settings. jika kebetulan anda menggunakan Custom ROM seperti PACMan, SlimBean dan kawan-kawanya, maka di bagian settings di sub-menu Quick Link kita akan melihat ROM Control, seperti HP milik saya yang ada menu Tsunami ROM Control karena kebetulan saya menggunakan SlimBean untuk Samsung Galaxy S. Oke mari kita utak-atik Android dengan AOKP Rom Control.

  • Mengganti Nama Operator Seluler : dibagian Home android biasanya terdapat misalnya Telkomsel, Indosat, Axis dan lain-lain. kalau nama-nama seperti itu mungkin biasa, coba diganti misalnya goblooge_cellullar, yup, caranya buka Settings > Rom Control. dari AOKP Rom Control pilih General UI > Custom Carrier Label. lalu masukan nama sesuai yang di inginkan. berikut ini hasilnya.
Mengganti Nama Operator Selular Anda, biasanya isinya Telkomse, Indosat, Axis, dan lain-lain

Mengganti Nama Operator Selular Anda, biasanya isinya Telkomse, Indosat, Axis, dan lain-lain

  • mengganti boot animation android : boot animation biasanya muncul ketika pertama kali HP android di boot. dengan AOK Rom Control kita dapat mengganti boot animation android dengan mudah. caranya silakan download boot animation android di sini. saya ingin mengganti boot animation android seperti boot BIOS biostar. hasilnya seperti gambar ini.
Ganti Boot Animation jadi biostar

Ganti Boot Animation jadi biostar

  • menstransparansi Homescreen Menubar : pada homscreen terdapat menubar dibagian atas, biasanya berwarna gelap, bagi anda yang kurang gimana gitu, dengan adanya menu ini bisa mentransparansi menu tersebut, caranya dari ROM Control > General UI >   Transparency Settings pada bagian homescren alpha, geser hingga kosong, dan silakan anda cek pada homescreen menubar sekarang sudah transparent.
  • Upside Down : mungkin anda pernah memutar HP android anda dalam bentuk potrait, atau landscape. untuk lansdcape anda dapat melakukanya bolak-balik, tapi tidak dengan potrait. android memang mengijinkan untuk melakukan perubahan UI ketika dalam kondisi potrait yang terbalik. tetapi dengan AOKP ROM Control hal ini dapat dilakukan, caranya ROM Control > General UI dan centangi pada Allow 180 Degree Rotation serta Allow 270 Degree Rotation. sekarang silakan coba putar baali HP android anda.
  • Statusbar Brightness Slider : dengan mengaktifkan fitur ini, hanya tinggal menggeser notification bar dari kiri ke kanan atau sebaliknya, maka Brightness akan menyesuaikan sesuai dengan pergeseran yang anda lakukan. untuk mengaktifkan fitur ini pada ROM Control > General UI kemudian centangi pada Statusbar Brightness Slider. catatan, untuk mengaktifkan fitur ini anda harus mematikan autobrightness di android.
  • Back to Kill : biasanya ketika anda keluar dari sebuah aplikasi anda akan menekan Back, pada beberapa aplikasi hal ini tidak serte merta membuat aplikasi yang anda buka tadi mati. biasanya hanya di Hidden atau masih jalan di Background. dengan menggunakan AOKP ROM Control anda dapat menggunakan fitur Back to Kill, buka ROM Control > General UI  dan centangi pada Hardware Back to Kill. sekarang dengan menekan tombol back secara otomatis aplikasi yang anda buka tadi langsung mati (kecuali aplikasi yang di set daemon atau service).
  • Kill All Button dan Recent RAM Bar : coba tekan Home button di HP android anda, maka recent application akan ditampilkan, jika anda ingin melakukan close pada semua aplikasi anda harus menggesernya satu-persatu. dengan memanfaatkan fitur Kill All Button maka akan disediakan sebuah tombol Kill All yang mana tombol tersebut akan mematikan semua aplikasi yang sedang aktif di android (kecuali service, daemon dan esential application). selaihn itu anda juga bisa mengaktifkan Recent RAM Bar dimana akan menampilkan penggunaan RAM di HP anda. buka AOKP ROM Control > General UI dan centangi pada bagian Kill All Button dan bagian Recent Ram Bar.
Kill All dan Recent RAM Bar

Kill All dan Recent RAM Bar

OK demikian yang bisa saya sharing, sekali lagi saya katakan untuk menggunakan trik ini pastikan HP anda menggunakan AOKP Custom ROM atau kalau anda memang bisa boleh di install sendiri. salam.

Comments

total comments