April 8, 2017 thumb Only Office – Office Suite yang Ringan

siapa yang tidak pakai aplikasi Office angkat tangan ? hampir semua orang pernah pakai aplikasi Office Suite, entah itu Word, Spreadsheet, dan Presenstation. salah satu aplikasi office  – yang ya sebenarnya sudah lama muncul sih, tapi mungkin saya saja yang barusan mengulas – adalah Only Office. aplikasi Office ini menyediakan 3 Office Suite utama yakni Presentation , Word dan Spreadsheet. berikut saya ulas sedikit kelebihan dan kekurangan.

Tampilan dari Spreadsheet

Tampilan dari Spreadsheet

dibandingkan peforma yang dimiliki oleh Libre Office , Open Office , WPS Office atau bahkan Microsoft Office. Only Office memiliki yang paling bagus diantara pesaingnya. hal ini tentu saja membuat Only Office menjadi pilihan menarik, karena dia menyediakan paket Word , Presentation dan Spreadsheet yang mumpuni tanpa mengorbankan peforma.  cocok untuk komputer kelas rendah yang butuh Office dengan kemampuan melebihi gnumeric (Spreadsheet Gnome yang super ringan) atau abyword (Word Gnome yang super ringan pula) yang sangat ringanya tapi kemapuanya bisa dikatakan kurang.

Only Office menyediakan paket berbayar dan dan yang free. untuk paket berbayar terdapat paket CRM dan bisa terhubung langsung dengan Online Storage semacam Google Drive, Dropbox dan Box. dia juga mendukung Embedded Document di Web dan memiliki E-mail Aggregator serta Project Management Module.

Tampilan dari Presentation

Tampilan dari Presentation

untuk tampilan bisa dikatakan cukup fresh, dengan menu dan tampilan yang soft tentu akan membuat mata kita sedikit lebih enak. tapi kalau diperhatikan mirip dengan Microsoft Office 2003, perbedaanya cuma bagian menu yang lebih mengarah  ke Microsoft Office 2010. ya memang sih bentuk Office Suite yang jadi kiblat masih Microsoft Office.

Soal Fitur kalau hanya untuk pekerjaan kantoran seperti mengetik dan menghitung excel saya rasa sudah lebih dari cukup. apalagi jika kebetulan kantor anda tidak lah membutuhkan fitur extra untuk pekerjaan office. memang banyak fitur yang absen dari Only Office jika dibandingkan dengan Libre Office, WPS Office, dan Microsoft Office, tetapi itulah yang menjadikan dia jauh lebih ringan.

Untuk Kompatibilitas sayangnya setelah saya coba lebih jauh, Only Office tidak bisa membuka Document Microsoft Office 2013 ( ppt, xlx, doc ) tapi kompatible dengan document Microsoft Office 2017 ke atas. untuk document seperti WPS masih compatible, tetapi ada sedikit kekacauan terutama ketika membuka document yang berupa gambar. waktu saya mencoba membuat document hasil generate menggunakan PHP Excel, Only Office bisa membuat documentya tetapi isinya kosong. hanya margin dan merger cell yang terisi. sedangkan isi dari cell malah menghilang. kurang kompatible juga dengan file hasil generate Google Drive. well untuk yang satu ini mungkin harus ada update.

Tampilan dari pengolah Kata , Only Office Document.

Tampilan dari pengolah Kata , Only Office Document.

yang paling enak dalam Only Office adalah Document yang merupakan software pengolah kata. untuk Spreasheet untuk data yang relatif kecil dia masih bisa berjalan mulus. tapi untuk data yang jumlahnya besar, well, crash. padahal WPS Office dan Libre Office masih dengan mudah membukanya. sedangkan Presentation, tampilanya mirip banget dengan Microsoft Office Power Point. bahkan template presentation-nya pun nyaris sama.

kesimpulan saya, Only Office ini memang ringan tapi masih banyak yang harus ditambal. kalau kebetulan cuma butuh ngetik yang luamyan powerfull tapi tidak banyak memakan resource komputer, bolehlah asalkan bukan file yang untuk di-share. kalau untuk file yang di-share. kalau yang menerima document sama-sama Only Office tidak mengapa. tapi kalau tidak, document-nya kadang kacau ketika dibuka dengan Office Suite yang lain.

okey sampai disini dahulu, mungkin saya bahas lagi Software lain, Okey Donkey.

Comments

total comments