August 28, 2011 thumb Microchip Peniru Otak Manusia

IBM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hardware komputer. baru-baru ini IBM telah memaparkan akan penemuanya sebuah prosesor yang memiliki kinerja seperti otak manusia. bagaimana cara meniru kecanggihan otak manusia menggunakan logam dan silikon ? IBM telah menemukan caranya dan untuk membuktikan bahwa hal tersebut telah dibuat dan di tes, 2 buah “cognitive computing” microchip telah di desain yang terinspirasi oleh otak manusia.

IBM Chip

dalam otak mamalia, neuron mengirim sinyal kimia satu sama lain, melalui sebuah celah kecil yang disebut dengan sinapsis. ekor neuron, yang disebut juga dengan axon, mengirim sinyal dari berbagai reseptor, dan bagian penerima lain dari neuron yaotu dendrit, mengumpulkan sinyal tersebut.

Setiap otak tiruan milik IBM terbuat dari chip silikon dengan ukuran beberapa milimeter persegi dan memegang grid 256 kawat sejajar yang mewakili dendrit neuron komputer. masing-masing menyilang di sudut yang tepat dengan kabel lainnya untuk berdiri untuk akson. The “sinapsis” yang terbuat dari 45-nanometer transistor menghubungkan secara silang-persimpangan kabel dan bertindak sebagai memori chip. satu chip memiliki 262.144 dari neuron dan 65.536 mewakili axon. Setiap sinyal listrik yang menyeberangi sinapsis mengkonsumsi energi listrik sebesar 45 picohoule – seperseribu dariĀ  chip komputer yang biasa digunakan.

Karena neuron dan sinapsis yang begitu dekat satu sama lain, perangkat keras yang bertanggung jawab untuk komputasi dan memori juga jauh lebih dekat daripada dalam chip komputer biasa. komputer konvensional memiliki dudukan memori disebelah sisi prosesor, tapi pada chip baru ini, memori – sinapsis – dan prosesor – neuron – berada pada satu tempat, sehingga mereka tidak perlu menggunakan banyak energi untuk saling berkomunikasi. Itu berarti chip dapat melakukan pengolahan paralel jauh lebih efisien daripada komputer konvensional.

Pada tes awal, chip mampu memainkan game Pong, kontrol mobil virtual di arena balap dan mengidentifikasi gambar atau angka pada gambar layar. hal ini dapat dilakukan oleh semua komputer konvensional, tetapi chip baru ini berhasil menyelesaikan mereka tanpa perlu program khusus untuk setiap tugasnya. Chip juga dapat “belajar” bagaimana menyelesaikan tugas tertentu jika terus menerus dilatih.

Sedikit Watts daripada Watson

Akhirnya, dengan menghubungkan chip tersebut dalam jumlah banyak, Dharmendra Modha IBM Research – Almaden, di San Jose, California, berharap untuk membangun sebuah superkomputer seukuran kotak sepatu dengan 10 miliar neuron dan 100 triliun sinapsis akan mengkonsumsi hanya 1 kilowatt listrik. ini masih terdengar sangat banyak- PC standar hanya menggunakan beberapa ratus watt – tapi superkomputer seperti IBM Watson menggunakan ratusan kilowatt. Sebaliknya, otak ultra-efisien manusia diperkirakan memiliki 100 miliar neuron dan setidaknya 100 triliun sinapsis, tetapi mengkonsumsi tidak lebih dari 20 watt (ciptaan tuhan memang lebih baik).

Kwabena Boahen dari Stanford University, California, mengatakan skala adalah salah satu kunci. jika chip memiliki sinapsis sebanyak otak manusia, akan sulit untuk membedakan antara chip tersebut dengan manusia. ini berarti bisa-bisa robot masa depan akan menyamai kemampuan manusia.

pembuatan Chip ini disponsori oleh Pertahanan AS (DARPA) untuk menciptakan komputer yang menyaingi kemampuan otak manusia.

hmm… kita tunggu saja, apakah manusia nantinya akan kalah dengan mesin dan robot, apakah cerita fiksi film “The Matrix” akan menjadi kenyataan, kita lihat saja nanti… (G)

sumber http://www.newscientist.com/article/dn20810-ibm-unveils-microchip-based-on-the-human-brain.html

Comments

total comments