December 8, 2011 thumb Menyimpan Data Online

dalam sebuah komputer, data yang tersimpan dalam harddisk bisa berisi ribuan koleksi musik, foto, ataupun video. setiap memiliki sensivitas masing-masing, ada yang hanya untuk main-main, dan ada pula data yang benar-benar penting, apa lagi sampai nyawa taruhanya (L-ebay 😀 ) gara-gara itu data kantor. tapi bagaimanapun caranya, kita tetap tidak dapat mernghindari adanya kerusakan dalam komponen harddisk. jika harddisk sudah failure, dan ada data penting didalamnya (apalagi foto kenangan yg nggak mungkin terulang kembali, lebih-lebih foto bersama pacara wkwkkw) orang tidak segan-segan mengeluarkan banyak duit untuk mengembalikan data tersebut. bagi yang berkantong tebal, bukan masalah, tapi untuk orang yang kantongnya pas-pasan wuih, bisa semaput, karena harga recovery datanya bisa lebih mahal daripada harddisknya.

salah satu solusi untuk menyimpan data penting adalah dengan melakukan backup secara rutin pada data-data sensitif, atau data yang tidak mudah didapatkan (seperti foto kenangan). timbul masalah lain, untuk membackup data tentu membutuhkan storage (harddisk) tambahan, dan tentu mengeluarkan biaya lagi. tidak perlu khawatir, ada solusi untuk mengatasi maslah ini, yaitu dengan melakukan penyimpanan data secara online. banyak sekali situs-situs penyedia penyimpanan online yag memberikan anda ruang penyimpanan yang bsia dibilang cukup. kelebihan lain dari penyimpanan online adalah karena bersifat online, selama kita punya koneksi internet, tidak perlu khawatir jika data tertinggal atau lupa tidak dibawa, hal ini tentu sangat menguntungkan bagi anda yang sangat mobile.

solusi penyimpanan online bukan berarti tanpa masalah, karena namanya juga online, tentu kita membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya, selain itu penyimpanan bentuk online memungkinkan dibajak oleh orang lain jika suatu nanti situs penyimpanan online kita berhasil dibobol oleh orang lain atau account kita di-hijack sessionya oleh orang lain.

dengan kelebihan dan kekurangnya tersebut, tidak ada salahnya mencoba, jadi semua tergantung pada anda. dalam tulisan ini saya akan membahas beberapa penyedia layanan storage gratis. jika tertarik pada layanan yang berbayar, silakan di googling sendiri, saya yakin pasti banyak. berikut ini adalah layanan storage gratis :

Google Docs

sampai tulisan ini ditulis, google docs menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 2 GB untuk tiap account yang dimiliki. raksasa internet ini juga menyediakan layanan penyimpanan dan pengeditan data office secara online. penulis juga menggunakan google docs untuk keperluan sehari-hari, dan untuk mebiasakan dengan google docs, penulis sengaja tidak menginstall MS. Office di komputer . sedikit tips, jika anda terasa sulit meninggalkan MS. Office sebagai perangkat office anda, dan anda  tidak punya uang untuk membeli lisensi, saya sarankan menggunakan Google Docs. selain mendukung cloud computing, sharing data, dan real time share editing, google docs juga telah mendukung format dari Microsoft Office, Open Document Format dan PDF. pada google docs anda bisa mendapatkan fasilitas Spreadsheet (Excell), Document (Word) , Presentation (Power Point), Form , Drawing (Paint) dan Table (sepertinya ini adalah SQL versi google). jadi tunggu apalagi, saya yakin sebagian besar dari pembaca telah memiliki account gmail, tapi mungkin hanya beberapa yang memanfaatkan google docs. sebagai tambahan google docs memliki aplikasi client pada hampir seluruh smartphone.

Picasa

Picasa adalah tempat berbagi foto. tunggu, bukankah banyak tempat membagi foto yang lain, seperti Facebook, Twitter dll. besar kapasitas simpan yang disediakan adalah 1 GB . sebenarnya, kelebihan dari picasa yang tidak dimiliki oleh Facebook dan Twitter adalah dapat melakukan penyimpanan tanpa mengurangi kualitas dari gambar yang kita upload. silakan anda meng-upload ke facebook, kemudian download lagi, bandingkan antara file asli dengan file hasil download. tentu akan terjadi pengurangan ukuran karena pada facebook atau twitter akan dikompresi. sedangkan di picasa jika anda meng-upload kemudian anda mendownload tentu ukuran file tidak akan berubah. bagi sebagian orang kompresi itu tidak masalah, tapi bagi mereka yang berkutat pada design visual, pengurangan detail sedikit saja bisa menjadi masalah. Picasa menyediakan storage 1 GB untuk tiap album, anda bisa membuat banyak album pada picasa. pada bagian default picasa akan mengupload dengan recomended setting 1600 pixel, tapi jika anda ingin supaya tidak dicompress maka anda dapat memilih opsi Original Size (Slowest Upload). saat mendownload juga demikian, waktu melakukan view foto, jangan langsung klik kanan dan  save image as, melainkan pilih action download. kemudian bandingkan ukuran file upload dengan file asli, tentu tidak ada perubahan yang ini berarti tidak ada penurunan kualitas. picasa mempunyai Picasa client, jika anda tertarik menggunakan picasa, saya sarankan untuk mengintall picasa client, karena upload dan download-nya stabil. picasa juga memilki aplikasi client di beberapa smartphone.

DropBox

DropBox menyediakan Storage sebesar 2 GB saat pertama kali daftar. jika berkeinginan untuk meningkatkan jumlah storage, bisa dengan beberapa cara, yang pertama tentu saja membayar sejumlah uang kepada DropBox. untuk cara yang gratis anda bisa memberikan referal melalui email, kepada teman-teman anda, jika mereka tertarik dan mendaftar pula, secara otomatis DropBox akan menambahkan storage sebesar 250 MB untuk tiap referral yang mendaftar. untuk versi gratis kapasitas maksimum kapasitas adalah 8 GB. DropBox juga memiliki Dropbox client untuk sinkronisasi file di dropbox anda. kelebihan dari dropbox client ini adalah, anda hanya perlu menyediakan sebuah folder dikomputer anda, jika terjadi perubahan pada isi folder (penambahan, penghapusan, pengubahan file), secara otomatis dropbox client akan langsung melakukan sinkronisasi ke server, karena ia berjalan real time di sistem tray. dropbox juga akan menampilkan aktivitas (event) anda dalam menggunakan file, seperti menghapus, menambah, update dll. client dropbox juga tersedia tidak hanya pada desktop, tetapi juga pada smartphone seperti android dan blackberry.

4Shared

4shared menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10 GB, jika file anda banyak di-view dan di-download. pada suatu saat 4shared akan memberikan bonus tambahan storage sebesar 5 GB, untuk versi gratis anda akan mendapatkan kapasitas maksimum sebesar 15 GB. 4shared juga menyediakan versi berbayar, dengan kapasitas mencapai 100 GB. fitur lain dari 4shared adalah memberikan opsi download menggunakan torrent, silakan login pada account anda dan pilih download-> Torrent File for all File. dan anda akan mendapatkan sebuah file torrent yang dapat dibuka dengan torrent client milik anda. hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan sharing file dengan teman-teman anda. kelebihan lain lagi dari 4shared adalah adanya integrasi dengan DropBox, Picasa, Orkut, Gmail dan Google Docs. fitur baru ini memungkinkan 4shared untuk menakses file anda di picasa, dropbox, gmail, orkut dan google docs untuk dimasukan (di backup) di server 4shared. sama seperti picasa dan dropbox, 4hsared juga memiliki 4shared client. saya juga menyarankan anda menggunakan 4shared client, karena stabil dan bisa di-resume jika terjadi kegagalan daripada anda langsung mengupload via web browser kemungkian gagalnya lebih besar. client 4shared juga tersedia pada berbagai platform smartphone.

Demikian beberapa penyimpanan online yang sering saya gunakan, jika ada lagi insya Allah saya share lagi yang gratis-gratis. dengan kapasitas 2-15 GB saya rasa cukup untuk menyimpan file penting kita, asal tidak dipergunakan untuk menyimpan Bokep pasti sudah lebih-lebih :D.

Comments

total comments