April 9, 2017 thumb Menjalankan Whats Apps dari Desktop

tentu hampir dari semua pembaca sudah pernah memakai whats apps. ya aplikasi Online Chating yang satu ini memang sudah merebak kemana-mana. mungkin juga sudah banyak yang tahu kalau aplikasi whatsapps bisa dijalankan lewat browser dengan syarat handphone dan komputer berada pada satu subnet yang sama. tapi pada dasarnya aplikasi whats apps juga bisa dijalankan under desktop. yup namanya watsie.

Cukup Scan dan biarkan Watsie Berjalan.

Cukup Scan dan biarkan Watsie Berjalan.

aplikasi watsie merupakan aplikasi desktop yang tersedia pada berbagai macam platform.  tujuanya cuma satu, yakni menjembatani whats apps yang ada di Handphone dengan komputer. aplikasi ini sama persis seperti versi web. kelebihan yang saya temukan di watsie ini dengan versi web adalah watsie mendukung theme. ya yang artinya kita bisa memilih dari beberapa theme yang disediakan. selain itu watsie juga mendukung Native Notification, Spell Checker and Auto Correct, dan terakhir Keyboard Shorcut.

untuk meng-install watsie pada komputer anda cukup downlaod installer watsie pada situs resminya. tinggal install seperti biasa, jika kebetulan menggunakan ubuntu tinggal klik dua kali langsung install, karena sudah tersedia dalam paket .deb.

serupa dengan versi web, untuk menjalankan watsie, setelah terinstall, kita harus melaukan scan pada sebuah barcode yang disediakan oleh watsie. yang mana barcode tersebut harus di scan oleh Handphone yang menggunakan whats apps. cukup buka watsie , setelah barcode muncul, buka HP, buka whats apps, pada bagian settings pilih whatsapps web kemudian pilih tombol + dibagian kanan atas dan scan barcode di PC dengan kamera HP. tunggu beberapa saat dan watsie akan terhubung dengan whats apps yang ada di smartphone.

Theme Dark : Pada Dasarnya Whatsie adalah sebuah Browser turunan Chromium Browser yang di wrap sedemikian rupa.

Theme Dark : Pada Dasarnya Whatsie adalah sebuah Browser turunan Chromium Browser yang di wrap sedemikian rupa.

dalam watsie kita juga bisa melihat detail dari akun teman kita. mengubah status kita , mengganti gambar, mencari percakapan, mengirimkan sebuah file, foto, contact dan lain sebagainya. tentu ini sangat memudahkan bagi kita yang kebetulan tidak ingin memakai browser untuk whats apps.

kita bisa melihat detail akun teman kita.

Theme Sepia : kita bisa melihat detail akun teman kita. 

yang paling saya suka adalah fitur untuk notifikasi native-nya, yang secara default sudah terhubung langsung dengan System Tray pada Operating System. tentu ini membuat seolah-olah aplikasi whatsapps benar-benar berjalan pada Desktop.

kita pun dapat mengubah status dan foto kita melalui whatsie. Theme  Dark

Theme Grey : kita pun dapat mengubah status dan foto kita melalui whatsie. 

jika kebetulan kita adalah seorang web developer  yang biasa menggunakan Chrome Tools. pada dasarnya whats apps adalah turunan dari chromium browser yang sudah sedemikian rupa di wrap supaya menjadi sebuah aplikasi tersendiri. coba saja tekan Ctrl + Alt + I, maka developer console akan ditampilkan , mirip sekali dengan dev tool yang ada di Chromium Browser yang merupakan Induk dari Google Chrome Browser.

Theme Numix Dark : kita bisa mengirimkan file attachment pada teman kita.

Theme Numix Dark : kita bisa mengirimkan file attachment pada teman kita.

untuk thema yang paling saya sukai adalah shadow, tampilanya yang gelap bagi saya cukup enak dilihat mata. tapi sebagai pengguna, anda bisa memilih dari beberapa thema yang sudah disediakan, seperti numix dark, flutter shy dan lain sebagainya. semua tergantung anda.

Theme Flutter Shy : mengubah theme sesuka hati.

Theme Flutter Shy : mengubah theme sesuka hati.

oke kiranya itu yang bisa saya share, mungkin lain kali akan saya sedikit share tentang bagaimana pada dasarnya kita bisa menambahkan sendiri theme pada watsie ini. jadi tunggu tulisan berikutnya, Okey Donkey. Salam Goblooge

Comments

total comments