October 16, 2016 thumb Menjalankan Aplikasi Android di PC tanpa Emulator

pernah kebayang nggak, menjalankan aplikasi android di komputer. kalau selama ini kita menggunakan Android Emulator seperti GenyMotion , Blue Stack, Leap Droid dan kawan-kawanya, kali ini kita langsung menggunakan komputer sebagai Host dari aplikasi android. kelemahan pada Emulator adalah secara System Emulator dan Kernel Host PC kita berbeda, sehingga kadang terkesan lambat karena harus memboot ulang sebuah system android dengan melakukan emulasi. nah kali ini saya ingin bahas bagaimana caranya kalau tanpa Emulator sama sekali. sehingga kecepatan yang diperoleh adalah Kecepatan PC asli dan bukan Emulasi.

saya mencoba menggunakan Angry Bird Season untuk saya jalankan, dan berhasil dijalankan dengan mulus. termasuk juga Download External Resource-nya.

Angry Bird Season

Angry Bird Season

nama aplikasi yang kita gunakan adalah Archon Runtime. dia tidak berjalan sendiri melainkan sebuah plugin pada Google Chrome Browser, iyup tepat sekali kita akan menggunakan Runtime Google Chrome Browser untuk menjalankan aplikasi Android. karena menggunakan Browser maka metode ini dapat dijalankan baik pada Linux, Windows dan MacOS tetapi contoh kali ini saya menggunakan Kubuntu 16.04 dan Mini PC Intel NUC DN2820FYKH dengan RAM 4GB. berikut ini step  by step caranya.

  • pertama wajib adalah Install Google Chrome dahulu, bagaimana caranya ? kebangetan kalau nggak tahu.
  • Download Archon Runtime di Repository bitbucket.org.
  • setelah download extract dan simpan di tempat yang mudah dijangkau.
  • buka google chrome dan tuju Menu->More Tools->Extension
  • akan muncul halaman Chrome Extension.
  • centangi Developer Mode.
  • kemudian klik pada tombol Load Unpacked Extension.
  • pilih folder dimana kita meng-extract Archon Runtime Tadi.
  • akan muncul warning tapi biarkan saja tidak perlu dihiraukan.

oke tahap pertama sudah selesai. sekarang saatnya kita men-download aplikasi android yang mana akan kita jalankan. yang perlu diingat karena sifatnya masih dalam tahap ujicoba, tidak semua aplikasi android dapat berjalan sempurna. tentu ada beberapa bug di sana-sini. kedua adalah model android dan chrome berbeda sehingga sebuah APK yang di download dari playstore langsung tidak bisa dimainkan secara langsung, kita perlu mengubahnya terlebih dahulu menjadi format yang bisa di kenali oleh Google Chrome. bagaimana caranya akan saya jelaskan di tulisan berikutnya. kali ini kita pakai yang sudah ada saja. sebagai contoh saya menggunakan Angry Bird Season yang bisa di download di MegaNZ.  adapun cara menjalankan-nya sebagai berikut.

  • Extract file zip Angry Bird Season dan simpan dimana saja yang mudah di jangkau.
  • kemudian seperti tadi buka  google chrome dan tuju Menu->More Tools->Extension
Buka Menu Chrome Extension

Buka Menu Chrome Extension

  • akan muncul halaman Chrome Extension.
  • kemudian klik pada tombol Load Unpacked Extension.
Lakukan Load Unpacked Extension

Lakukan Load Unpacked Extension

  • kali ini pilih Folder Angry Bird Season.
  • setelah itu akan selesai, tinggal kita buka Chrome Apps dan Angry Bird Season akan muncul sebagai Chrome Plugins.
  • pada Chrome Apps cukup di klik (atau ketik di address bar chrome://apps) dan Angry Bird Season siap dimainkan.
Aplikasi Angry Birs berada pada Chrome Apps, satu-satunya masalah adalah namanya yang bukan Angry Bird tapi Apps dan iconya yang cuma logo android saja

Aplikasi Angry Birs berada pada Chrome Apps, satu-satunya masalah adalah namanya yang bukan Angry Bird tapi Apps dan iconya yang cuma logo android saja

berikut ini saya menjalan aplikasi Trello dan Yaks secara bersamaan. keduanya dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan tanpa ada masalah sedikitpun.

Aplikasi Yak dan Trello berjalan Bersamaan di Kubuntu

Aplikasi Yak dan Trello berjalan Bersamaan di Kubuntu.

pada tulisan selanjutnya akan saya tunjukan bagaimana cara-nya untuk mengubah sendiri APK ke format Google Chrome. jadi sampai jumpa pada tulisan berikutnya , Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments