January 22, 2014 thumb Menikmati Linux Rasa Mac dengan Elementary OS

salam, kali ini saya ingin sharing tentang salah satu distro linux yang memiliki tampilan layaknya Mac OS X, tidak seperti tulisan yang lalu (Linux Rasa Mac) yang mana kita memakai tools dan beberapa icons untuk mengubah tampilan distro linux kita seperti Mac, kali ini tidak. anda tidak perlu bersusah payah, tinggal install dan langsung nikmati rasa mac di komputer anda. namanya Elementary OS. Kelebihan Elementary OS dibanding Mengubah Linux menjadi Mac adalah pada kecepatanya, kalau di distro ubuntu yang dijadikan linux anda akan merasakan kecepatan yang kurang greget, tidak di distro ini bahkan saya meng-install-nya via USB (Live CD) distro ini mampu booting dan berjalan dengan cepat (itu sebabnya Nadia (Code Name Linux Mint 14) saya cerai dan ganti pasangan dengan Luna (Code Name Elementary OS 2) ).

Tampilan Desktop dari eOS Luna

Tampilan Desktop dari eOS Luna

Elementary OS 2.0 Luna

  • Menggunakan LightDM : ini lah sebabnya mengapa Luna sangat cepat dan responsive karena dia menggunakan LightDM. kalau biasanya tampilan LightDM sangat tidak enak dipandang, tidak pada luna. anda bisa lihat tampilan desktop luna saya. semua tampilan dan animasi Mac tersedia disini tanpa membebani system.
  • Turunan Ubuntu 12.04 : mungkin terlalu kuno untuk takaran sekarang, tapi tujuan pengembangnya menggunakan Ubuntu 12.04 adalah karena ia LTS (Long Term Support). sehingga luna compatible dengan semua paket dari Ubuntu 12.04. 
  • windows switch mirip dengan Macintosh, dengan melakukan settings pada system arahkan cursor ke sudut dan seluruh window dalam workspace dapat ditampilkan.

    Windows Switch

    Windows Switch

  • Secara Default Memiliki Dock : kalau pada ubuntu biasanya kita memakai Cairo Dock, tidak pada luna, Taskbar luna adalah Dock yang ada dibawah.

    Dock Mirip Cairo Dock

    Dock Mirip Cairo Dock

  • Installer Kecil : ini mungkin salah satu kelebihan dan kekurangan dari eOS (Elementary OS) Luna. installer-nya kecil jika dibanging distro lain yang setipe denganya cuma 600 MB saja (Linux Mint Nadia saja 1.3 GB). akan tetapi aplikasi yang tertanam secara default sangat terbatas. paket office pun tidak ada. anda hanya diberikan text editor scratch untuk mengetik. untuk itu anda harus connect ke internet jika ingin menambahkan aplikasi melalui software center.

    Scratch Mirip Text Editor Mac

    Scratch Mirip Text Editor Mac

  • Aplikasi default adalah aplikasi yang ringan : aplikasi default bawaan eOS Luna, adalah aplikasi yang memang dibuat sedemikian rupa supaya ringan. daftar aplikasi defaultnya bisa dilihat di bagian bawah.
  • Efek Mac tersedia secara default, luna memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang suka menggunakan Mac OS X. berikut ini adalah tampilan yang memakai Efek Mac OS X.

    Systray Serasa Mac

    Systray Serasa Mac

  • Wallpaper Bersih : bagian Desktop Luna sangat bersih sehingga anda tidak bisa memasukan apa-apa di bagian Desktop-nya, mungkin bagi sebagian orang, hal ini tidak nyaman. namum tujuan utamanya adalah memberikan tampilan desktop yang bersih dari pernik-pernik icon.
  • Menu Mirip MintMenu : jika anda pengguna Linux mint anda tentu sangat senang dengan tampilan MintMenu karena anda bisa melakukan search aplikasi , nah disini anda bisa merasakan keindahan MintMenu, tapi dalam tampilan mirip Mac dan kecepatan pencarian yang luar biasa jika dibandingkan MintMenu.

    Mirip MintMenu

    Mirip Mint Menu

Aplikasi Default eOS 2.0 Luna.

  • Internet Browser Midori : browser default luna adalah midori yang memiliki engine layakanya google chrome. tetapi tentu dengan pemotongan berbagai fitur. jika anda memiliki cukup resource yang lebih (RAM, Prosessor) saran saya segera ganti dengan browser seperti chrome milik saya.

    Google Chrome

    Google Chrome

  • File Browser Pantheon : bukan caja dan bukan nautilus, eOS luna menggunakan pantheon sebagai file browser-nya. file browser ini sangat ringan (tidak hanya di luna di distro lain juga begitu), bedanya dengan distro lain ia telah dirubah layaknya Mac oleh Luna.

    Pantheon File Browseer

    Pantheon File Browseer

  • Movie Player : untuk movie playernya anda masih diberikan Gnome Movie Player sebagai default, sayangnya codec-nya sangat mini jadi harus di-install dahulu lewat apt.

    Movie Player Milik Gnome

    Movie Player Milik Gnome

  • Audio Player Music : nama aplikasinya Music 0.2.4. tidak banyak fitur yang disediakan, tetapi fitur standard bagi sebuah pemutar musik sudah terpenuhi, seperti adanya playlist, export and import music, dll. ditambah tampilanya yang dibuat layaknya mac menjadikanya audio player ringan nan cantik layaknya itunes.

    Music

    Music

  • Image Editor Shotwell Photo Manager: defaultnya menggunakan shotwell photo manager, aplikasi photo ini hanya mampu melakukan fitur dasar sebuah photo editor, seperti crop, red eye remover, menagatur hue, saturation, brightness dan contrast, serta beberap fitur kecil yang cukup berguna.

    Image Editor Sederhana, manajemen gambar, crop, enhance dll

    Image Editor Sederhana, manajemen gambar, crop, enhance dll

Aplikasi Pendukung eOS Luna

selain aplikasi – aplikasi diatas, terdapat beberapa aplikasi lain yang memiliki fungsi yang mana membuat tampilan eOS Luna semakin menarik, berikut ini aplikasinya.

  • Tweak :  Efek Mac tersedia secara default tetapi untuk mengaktifkanya anda perlu aplikasi lain bernama Tweak. dengan aplikasi ini anda dapat melakukan settings effect pada Luna. 
    Tweak untuk mengatur tampilan

    Tweak untuk mengatur tampilan

    Workspace Switch

    Workspace Switch

     

  • eTube : anda pernah melihat Windows Media Player. inilah yang ingin disajikan oleh aplikasi ini. dengan aplikasi ini anda bisa melihat youtube layaknya menggunakan Windows Media Player, playlist ditampilkan kategori di dibuat sedemikian rupa supaya kita enak dalam menonton di youtube.

    eTube yang unik, serasa windows media player

    eTube yang unik, serasa windows media player

  • Gazette : tampilan desktop yang bersih dapat dimanfaatkan untuk menampilkan sebuah Widget. nah widget itu adalah gizette, fungsinya untuk menampilkan status komputer, dan cuaca, informasi dan beberapa history dalam komputer.

    Gazette, menampilkan cuaca, news dan aktivitas file

    Gazette, menampilkan cuaca, news dan aktivitas file

  • Synape : pernah melakukan pencarian file melalui file browser, sekarang tidak lagi, anda cukup mengguankan synapse yang ada di system tray. anda dapat melakuakn pencarian dengan cepat dan mudah.

    Searching keseluruhan langsung di desktop, baik kata dalam file, nama file, dll

    Searching keseluruhan langsung di desktop, baik kata dalam file, nama file, atau bahkan searching di browser dan google maps

semua aplikasi ini dapat diperoleh dengan mudah melalui software centre. kesimpulan yang bisa saya tarik untuk saya pribadi adalah distro ini cukup unik, ia memberikan tampilan Mac yang luar biasa cocok bagi pengguna Mac yang ingin berpindah ke Linux. sayangnya apliaksi default sangat mini, tetapi bisa ditambahkan sendiri memalui software centre. tentu tidak terlebih jika di majalah Mac World pernah ditulis, ” if I had to leave the Mac ? i’d switch to Elementary OS“. silakan Download ,  salam goblooge.

Comments

total comments