August 4, 2011 Menghemat Kertas

sebenarnya ini kelanjutan dari tulisan saya yang sebelumnya. Kiat mengehamt Tinta, kini saatnya kita harus menghemat kertas. Mengapa menghemat kertas ? tentu saja, dengan menghemat kertas, kita secara langsung menyelamatkan pohon. ingat setiap tahunya, lebih dari 1000 batang pohon ditebang untuk pembuatan kertas, dengan melakukan penghematan pada kertas secara tidak langsung kita ikut serta dalam melestarikan lingkungan.

banyak cara untuk menghemat kertas. sebenarnya cara termudah adalah dengan tidak melakukan percetakan sama sekali, alias gunakan saja menggunakan bentuk digital, toh saat ini banyak e-reader yang mana akan lebih ramah lingkungan daripada mencetaknya pada kertas.

cara pertama untuk menghemat penggunaan kertas adalah mengubah perilaku kita dalam mencetak. saat kita ingin mencetak sebuah halaman website, tentu kita juga akan mencetak banyak gambar, iklan dan lain-lain yang terkadang tidak ada hubunganya dengan informasi yang kita butuhkan dari website tersebut. untuk itu http://www.printwhatyoulike.com/ menyediakan jasa untuk mengatasi hal tersebut.

gambar diatas adalah contoh saat saya menggunakan situs printwhatyoulike untuk mencetak situs www.goblooge.com, panel disamping digunakan untuk melakukan setting pada bagian yang ingin dicetak, seperti penghilangan background, penghilangan gambar, penghilangan margin dll. kita juga dapat mengubah setting huruf yang ada, misalnya kita ingin mengubah keseluruhan huruf menjadi huruf ecofont, sehingga tinta lebih irit dari, anda dapat langsung melihat hasilnya dibagian preview.

cara kedua adalah dengan menggunakan software GreenPrint. software ini ada pada Mac ataupun Windows, software ini dapat digunakan untuk mebuang bagian-bagian yang tidak penting saat ingin mencetak. aplikasi ini juga dapat dipakai untuk mencetak file dalam bentuk PDF dan terdapat pula fitur untuk menghitung berapa jumlah kertas yang berhasil di hemat. software ini dapat didownload di http://www.printgreener.com/download.html dengan ukuran 22.6 MB.

selain berbagai cara diatas, perlu diketahui juga bahwa perilaku kita dalam mencetak juga sengat berpengaruh. berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunakan kertas.

  1. periksa sebelum mencetak, gunakan fasilitas print preview yang hampir ada pada setiap aplikasi. jangan sampai kita mencetak salah, kemudian mencetak lagi.
  2. cetak hanya yang dibutuhkan, gunakan sofware yang baru saya bahas tadi untuk mencetak bagian yang dibutuhkan saja.
  3. gunakan layout cetak 2 in 1, bayangkan jika satu kertas, bisa digunakan untuk mencetak dua halam sekaligus, tentu sudah terlihat bahwa 50% kertas dapat dihemat, walaupun hasilnya akan menciut menjadi setengahnya, tetapi jika hanya untuk kebutuhan yang mendesak tentu hal ini bijaksana untuk dilakukan.

Comments

total comments