May 3, 2016 thumb Mengubah Tampilan Login Screen di Lubuntu

Lubuntu merupakan distro Ubuntu yang ringan. tapi saking ringanya untuk merubah sesuatu terkadang kita harus langsung berhadapan dengan terminal, tutorial ini lanjutan dari ulasan saya yang sebelumnya Mencoba Lubuntu. berikut ini adalah 2 trik yang biasa saya gunakan untuk mengubah tampilan login screen lubuntu.

 Mengubah Tampilan Background Login Screen.

di Gnome, hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, tapi di lubuntu anda harus berhadapan dengan terminal. buka terminal dan ketikan kode ini.

#sudo nano /etc/lxdm/default.conf

cari tulisan # background of the greeter

dan ubah value dari bg

bg=/usr/share/lubuntu/wallpapers/lubuntu-default-wallpaper.png

menjadi

bg=/usr/share/lubuntu/wallpapers/girl.jpg

restart komputer anda.

Kode Bash

Kode Bash untuk mengubah Greeter

Mengubah Icon Login Screen Anda.

default icon login screen lubuntu adalah gambar user berwarna putih, jika anda ingin mengganti dengan foto untuk tiap – tiap user yang perlu dilakukan adalah menambahkan file .face yang merupakan file png di masing-masing home.caranya cukup sederhana. cari gambar sesuai keinginan anda, usahakan jangan terlau besar, misalnya goblooge.png. copy ke direktori user yang mau dirubah icon wajahnya. (misal /home/nurul/ atau /home/eka/ ) kemudian rename goblooge.png dengan .face. restart komputer anda. catatatan, file .face berarti file tersebut adalah hidden. jadi jangan kaget kalau di reload tiba-tiba hilang. bisa tekan ctrl+h untuk menampilkan-nya.

Tambahkan FIle .face di direktori home anda

Tambahkan FIle .face di direktori home anda

oke kira-kira itu yang bisa saya share, kita lanjut di lubuntu yang lain, kumpulan shorcut-chorcut lubuntu.

 

Comments

total comments