November 10, 2013 thumb Mengubah Android menjadi Scanner

hm… salam, lama sudah tak menulis karena saking banyaknya kesibukan. kali ini saya ingin sekedar memberikan sharing tentang bagaimana menggunakan kamera android sebagai pengganti scanner. iyup cerita ini bermula ketika saya menjual scanner saya tercinta, karena  (hiks-hiks-hiks) lagi butuh duit. nah waktu itu saya harus men-scan Ijasah untuk kebutuhan tertentu, mana mendadak lagi. wah scanner udah dijual butuh scan mendadak, akhirnya terpikir oleh saya untuk melakukan pemotretan ijasah menggunakan HP, hasilnya beeh, sama sekali nggak bagus, maklum hp saya jadul (Samsung Galaxy S) kameranya juga cuma 5MP, mana gak ada peredam getaran, alhasil tulisan ijasah jadi agak-agak kacau. tiba-tiba ada seorang teman yang menyarankan saya untuk memakai aplikasi android bernama CamScanner, nah inilah yang ingin saya bahas, bagi mereka yang sudah terbiasa dengan Teknologi saya rasa nggak ada problem untuk memakai dan tulisan ini gak berguna, nah bagi yang belum terbiasa semoga tulisan ini bisa membantu.

Ambil Fotonya

setalah anda menginstall aplikasi ini silakan buka seperti biasa, anda akan disuguhi dengan beberapa menu untuk melakukan pengelompokan kategori, tidak usah bingung dengan ini, lewati saja. silakan icon bergambar foto disana, untuk melakukan pengambilan gambar, pastikan cahaya cukup, biasanya di luar ruangan di tempat teduh akan memberikan hasil yang cukup bagus, terutama kalau untuk gambar berupa teks. sekarang tinggal capture dan tunggu beberapa saat akan ditampilkan area dokumen, anda bisa mengatur garis tepi dokumen dengan malkukan drag pada titik-titk sudut yang diberikan klik saja tanda centang dan aplikasi akan langsung melakukan enhancing, dimana bagian gambar yang bukan dokumen akan dihilangkan, selain itu gambar anda yang miring akan otomatis di luruskan, disinilah kehebatan aplikasi ini jika kita mengambil gambar dan hasilnya miring atau terdistorsi (skew) akan langsung di luruskan seolah-olah diambil tempat 90 derajat. 

Pengambilan gambar dan cropping, bagian gambar yang bukan dokumen akan dihilangkan

Pengambilan gambar dan cropping, bagian gambar yang bukan dokumen akan dihilangkan

memilih modus enhancing

Modus Enhancing, dari kiri ke kanan, Original, Lighten, Magic Color, Gray Mode, BW Document

Modus Enhancing, dari kiri ke kanan, Original, Lighten, Magic Color, Gray Mode, BW Document

perbaikan pada foto yang kita ambil akan lebih baik jika tepat dalam memilih modus atau metodenya, dalam aplikasi ini disediakan 5 jenis enhancing pada gambar, yaitu :

  • Original : ini adalah gambar tampak persis seperti aslinya, hanya saja sudah di crop dan telah disesuaikan sehingga seolah-olah diambil tepat pada sudut 90 derajat dari dokumen. cocok jika anda memiliki kamera dngena megapixel tinggi, memiliki peredam getaran dan lensa yang sangat sensitif tapi hanya ingin melakukan perbaikan pada sudut dokumen anda saja.
  • Lighten : gambar akan lebih dibuat terang, ini cocok untuk dokumen yang diambil pada cahaya yang kurang.
  • Magic Color : ini adalah effek yang paling saya sukai, dengan memilih effect ini gambar akan tampa persis seperti hasil scanning. cocok untuk dokumen teks tetapi memili warna-warni yang ingin tetap anda pertahankan, seperti kartu nama, brosur, kartu ucapan dan lain-lain.
  • Gray Mode : sama dengan original hanya saja sekarang dibuat gradasi antara hitam, putih dan abu-abu.
  • BW Document : dengan efek ini dokumen anda akan tampak seperti hasil scanning, bedanya dengan magic color kalau magic color masih terdapat warna disana. kalau BW document asli akan menjadi hitam dan putih, lalu apa bedanya dengan Gray Mode ? beda, jika gray mode  memiliki gradasi antara Hitam, Putih dan Abu-abu (kode warna antata #00 sampai #FF seperti #11, #22 dll), kalau BlackWhite mengubah gambar murni Hitam dan Putih (hanya #00 dan #FF). cocok untuk dokumen teks tetapi tidak memiliki warna sama sekali.

 Manajemen Dokumen

seteah anda melakukan scanning ada baiknya anda memilah-milah dokumen anda, jangan sampai dokumen anda berantakan dan tidak tertata dengan baik. optimalkan penggunaan tag. jika anda ingin menambah tag atau kategori bisa dengan menekan tombol settings kemudian atur nama-nama tag sesuai keinginan anda. berikut ini adalah contoh manajemen dokumen yang saya buat.

Manajemen Dokumen

Manajemen Dokumen

Jadikan PDF

setelah anda melakuakn scanning semua dokumen anda, tentu tidak enak jika dokumen tersebut hanya berupa gambar, nah aplikasi ini memiliki fitur yang cukup powerfull, dia bisa mengubah dokumen hasil scanning anda menjadi PDF, dari bagian doc, anda tinggal menekan tombol option, maka akan ditampilkan beberapa opsi menu, antara lain PDF page orientation, PDF Page Size, PDF Page Margin, Set PDF Password, Set Tag dan Select Photo. Page Orientation digunakan untuk memilih orientasi dari file pdf yang dihasilkan apakah berdiri (Potrait) ataukah tidur  (Landscape). PDF Page Size berguna untuk menlaukan setting ukuran kertas hasil pembuatan PDF nantinya. Set PDF Password untuk memberikan password pada file pdf.  Set Tag untuk menambahkan tag pada dokumen terakhir Select Photo untuk menambahkan foto baru pada dokumen yang anda pilih.

Option Pada dokumen

Option Pada dokumen

setelah anda melakukan settings file PDF anda, tinggal tekan tombol PDF dibagian bawah, dan secara otomatis sebuah file PDF hasil generate aplikasi ini akan ditampilan (dengan syarat anda telah meng-install aplikasi pembaca PDF seperti Think Office atau Quick Office ). satu image akan menjadi satu halaman pada file pdf.

Tampilan hasil export to PDF

Tampilan hasil export to PDF

Backup

ada dua jenis backup yang bisa anda lakukan, yaitu :

  • Backup ke server Cam Scanner : backup dengan cara ini adalah meng-upload data-data hasil scanning anda ke cam scanner, untuk hal ini anda harus punya account di CamScanner dengan registrasi gratis, untuk registrasi silakan klik halaman disini . kapasitas yang disediakan sangat terbatas yaitu 400 MB untuk pertama kali register dan akan semakain bertambah jika anda memberikan referral. kelebiha backup dengan cara ini adalah ketika anda menginstall ulang HP anda atau ganti HP anda tinggal login melalui HP anda dan melukan sync, secara otomatis dokumen anda akan kembali seperti semula. caranya dari halaman Utama tekan tombol settings -> sync settings -> sync document.
  • Backup pada server lain : untuk yang berikutnya adalah backup pada server hosting lain seperti  google drive, dropbox, sugar sync dan lain-lain. tentu saja kapasitas yang disediakan sesuai dengan kapasitas yang diberikan server hosting pada anda, kelemahanya anda tidak dapat melakukan restore data pada dokumen anda. caranya : dari Home -> tekan pada salah satu Dokumen yang ingin di-upload, tahan beberapa saat untuk memunculkan menu -> setelah menu muncul pilih upload. anda akan disediakan beberapa file host server yang di – support oleh aplikasi ini, tinggal klik login dan kemudian upload. makan dokumen anda akan disimpan di file hosting favorite anda. dalam melakukan upload anda bisa memilih apakah akan mengupload dalam bentuk file pdf ataupun gambar.
Upload di Hosting Kesukaan anda

Upload di Hosting Kesukaan anda

Beberapa Online File Hosting yang disupport

Beberapa Online File Hosting yang disupport

Mengakses Gambar

satu kelemahan aplikasi ini adalah, kita tidak bisa mengakses secara langsung gambar yang telah kita scan di HP android kita, kalaupun kita buka lewat gallery, foto hasil olahan aplikasi ini tidak akan nampak di-gallery. tapi jangan khawatir karena sebenarnya itu tidak sulit jika anda paham, sebenarnya gambar anda disembunyikan lewat hidden folder. dengan menggunakan file explorer yang bisa mengakses hidden folder anda dapat dengan mudah mencari gambarnya, salah satu aplikasi file explorer yang saya sukai adalah ES File Explorer. aplikasi ini mendukung untuk menampilkan folder-folder yang ter-hidden. sebenarnya foto – foto anda disimpan di /sdcard/CamScanner/.images/ jika anda membuka folder tersebut anda akan mendapati bahwa file-file gambar hasil scan anda dengan aplikasi ini ada disana.

ok demikian yang bisa saya share, kalau ada yang salah, saya mohon maaf, salam goblooge.

Comments

total comments