August 23, 2013 thumb Mengkudeta System App

Daftar aplikasi android

Daftar aplikasi android

judulnya mungkin nyeremin, hahaha… nggak juga, maksudnya adalah bagaimana caranya kita bisa menghapus aplikasi default bawa’an android. bagi para pengguna android mungkin sudah terbiasa jika melihat ada sebuah application yang tidak bisa di remove atau uninstall. karena aplikasi tersebut adalah aplikasi default, misalnya browser, gallery, camera, task manager dan beberapa aplikasi lain sejenis. bagi anda yang menggunakan browser chrome, opera atau firefox di smartphone anda tentu keberadaan browser default menjadi tidak terpakai. ingin di buang tapi tidak bisa karena menjadi bagian dari system app. tujuan kita kali ini adalah untuk membuang system app yang tidak anda kehendaki. Emang bisa ? ya bisa lah namanya teknologi asalkan tahu caranya utak atik tentu bisa. untuk membuang applikasi di system app kita membutuhkan software bernama System App Save Remover, aplikasi ini bisa di download secara gratis di android market, perlu diketahui aplikasi ini membutuhkan root permission agar bisa berfungsi untuk itu anda harus melakukan root dahulu pada hp android anda.

jika anda terlanjur membuang aplikasi yang salah anda bisa mengembalikanya lewat Recycle Bin yang ada di menu samping, sehingga jangan khawatir jika anda salah membuang aplikasi tertentu. disini aplikasi dibagi menjadi 4 macam, Could Remove, Should keep, Key Module dan Default. Could Remove artinya bisa dihapus, Should keep bisa dihapus tapi kadang membuat tidak stabil, Key Module artinya aplikasi ini menjadi dasar dari aplikasi lain, dan sebaiknya jangan dihapus kecuali anda yakin dan Default, yang tidak diketahui oleh aplikasi sehingga anda harus mencari sendiri di internet terkait aplikasi tersebut.

Restore Aplikasi yang telah di delete

Restore Aplikasi yang telah di delete

setelah saya coba kesana-kemari akhirnya saya berhasil menghapus beberapa aplikasi default bawaan android, bahkan dengan menghapus beberapa aplikasi default resource memory saya menjadi lebih irit karena banyak aplikasi default yang seharusnya berjalan di background akhirnya saya matikan, berikut ini adalah aplikasi-aplikasi default yang saya hapus. kemudian saya menggantinya dengan aplikasi lain. Peringatan : ini sangat berbahaya dan bisa saja merusak HP anda serta menghilangkan garansi, silakan tanggung resiko sendiri, (Try With Your Own Risk) :

  • Gallery, Music Player, File Browser, Downloader : siapa yang tidak tahu aplikasi ini pasti bukan android user, gallery adalah aplikasi default bawaan android yang berfungsi untuk manajemen gambar-gambar anda. sayangnya pada beberapa kasus aplikasi gallery sering ngadat dan berhenti secara tiba-tiba, selain itu setiap kali kita menghapus suatu file di File Browser, aplikasi ini pasti akan melakukan scanning, tentu hal ini sangat mengganggu menggingat resource yang dibutuhkan untuk melakukan scanning cukup besar. (bayangkan melakukan scanning ke seluruh directory di hp anda setiap kali menghapus atau merubah sebuah file). saran : buang dan ganti dengan ES File Explorer. cukup satu aplikasi terlah terdapat didalamnya DownloaderAudio Video Player, Gallery Manager dan File Browser.
  • Camera, Video Recorder : kamera dan video recorder default bawaan android mungkin kurang menarik bagi sebagian orang. untuk itulah saya menyarankan untuk menghapus dan menggantikanya dengan yang lebih baik, yaitu : CameraMX yang menawarkan fleksibilitas lebih baik daripada Camera standard selain itu aplikasi ini juga mampu merekam video dengan menerapkan effect-effect tertentu.
  • Browser : merupakan browser default milik android, sayangnya banyak kekurangan disana-sini dari browser bawaan android ini. jika anda lebih sudak menggunakan chrome, firefox atau opera silakan hapus browser ini.
  • Email : merupakan sebuah aplikasi mail reader yang mana untuk menggunakanya anda perlu untuk melakukan settings pada aplikasi ini seperti IMAP, POP3 dan lain-lain. sayangnya bagi sebagian besar orang mereka menggunakan Gmail, sehingga lebih memilih Gmail daripada Email. jika anda juga pengguna Gmail, silakan hapus aplikasi ini.
  • Task Manager : aplikasi satu ini digunakan untuk mengatur aplikasi lain, sayangnya aplikasi task manager bawaan android terkadang sering ngadat, saya lebih menyarankan anda menggantikanya dengan ES Task Manager, yang mana mampu memberikan fleksibilitas lebih baik dan kinerja yang bagus.
  • Voice Recorder, Memo : voice recorder digunakan untuk merekam suara, sedangkan memo dipakai untuk membuat catatan sederhana. daripada dua aplikasi mendhing gunakan Note Everything, yang tidak hanya membuat catatan dalam bentuk suara dan text tetapi juga gambar, dan video, kelebihan lain anda dapat mengatur waktu untuk diingatkan seperti reminder.
  • Calculator : jujur kalkulator bawaan android standard banget, bahkan saya sebagai programmer amatir bisa membuat aplikasi serupa kurang dari 1 hari kalau hanya masalah fungsionalitas. jika anda ingin calculator yang lebih advanced, bisa menggunakan Mathsys aplikasi ini mampu menghitung integral, aljabar, limit dan plotting baik 2D ataupun 3D. dapat pula menghitung sebuah sphere dan terdapat pula Table Periodik unsur kimia, complete dah.
  • News and Weather : aplikasi ini hampir tidak pernah saya gunakan, saya lebih memilih menggunakan aplikasi seperti detik ataupun vivenews daripada aplikasi ini. untuk info-info luar negeri lebih baik saya menggunakan scoop atau google current.
  • FM : merupakan aplikasi radio FM player, saya hampir tidak pernah memakai aplikasi ini, jadi langsung saya buang saja daripada mengganggu mata.
  • SMS, Contact, Phone : ketiga aplikasi ini merupakan aplikasi inti di android sayangnya, aplikasi ini terkesan biasa saja. untuk itu ganti dengan contact +,  yang tidak hanya sekedar sms, contact dan telpon, tetapi juga menghubungkan contact anda dengan twitter, facebook, google+, linked in, dan lain-lain. enak kan satu aplikasi all in one.
  • People : merupakan aplikasi default untuk mengubah atau mengedit contact di android. untuk tampilan yang lebih memukau silakan ganti aplikasi ini dengan Contact Editor Free, mirip sebenarnya tapi lebih memberikan tampilan dan fleksibility yang bagus.
Recycle Bin tempat system app yang telah di buang

Recycle Bin tempat system app yang telah di buang

setelah selesai menghapus jika anda ingin mengembalikan lagi aplikasi yang telah terhapus anda tinggal masuk ke bagian recycle bin dari aplikasi ini dan kemudian menginstall lagi aplikasi yang telah anda hapus. pada beberapa aplikasi tertentu anda perlu me restart ulang hp anda. ok demikian aplikasi yang bisa kita buang dan digantikan oleh aplikasi lain, masih banyak aplikasi lain yang bisa kita buang sesuai keinginan kita, silakan di-explore sendiri tapi hati-hati bisa-bisa android anda nggak mau jalan, mendhing di backup dahulu sebelum melakukan perubahan. Salam goblooge.

Comments

total comments