December 22, 2016 thumb Mengirim Email Massal dengan PHPMail

seorang teman bertanya, bro… bagaimana caranya ngirim email secara massal dengan PHPMail ya. kalau satu-satu aku sudah bisa. “nah kalau seandainya pengen massal bagaimana, kebetulan pas dapat pekerjaan untuk membuat email massal pada sebuah perusahaan ?” iyup, mungkin sedikir saya share tentang bagaimana caranya mengirimkan email secara massal dengan menggunakan PHPMail. sebelum mulai tulisan ini adalah sambungan dari Cara Mengirimkan Email Menggunakan PHPMailer.

untuk ini kita perlu skenario, taruhlah saya memiliki sebuah daftar keluarga dengan email masing-masing berikut ini. dimana masing-masing memiliki sebuah nama dan sebuah email. yang akan kita lakukan adalah mengirimkan sebuah pesan yang diikuti dengan salam dengan format “Hai [nama], Selamat [hobi], semoga senang dengan hobinya“.

Data yang akan dipakai sebagai contoh.

Data yang akan dipakai sebagai contoh.

sebenarnya konsepnya sangat sederhana, kita bisa melakukan looping khusus untuk pengiriman emailnya saja sehingga pada bagian yang bukan untuk pengiriman email tidak perlu dimasukan looping. dalam contoh kasus ini yang akan saya masukan kedalam looping adalah isi dari pesan, email yang dikirim dan nama yang dikirimi , dan tentu saja proses send itu sendiri.

/*loop untuk mengirimakn email*/
while($row=mysqli_fetch_array($result)){
	$mail->addAddress($row["hobi"], $row["nama"]);
	$pesan="Hai ".$row['nama'].", Selamat ".$row['hobi'].", semoga senang dengan hobinya";
	$mail->msgHTML($pesan, "");
	if (!$mail->send()) {
    echo "Ada Yang Error Gan: " . $mail->ErrorInfo;
	} else {
		echo "Berhasil di Send!";
	}
}

dalam percobaan yang saya lakukan email berhasil terkirim dengan baik menggunakan akun gmail saya sendiri.  permasalahnya adalah bagaimana jika email yang harus dikirim ada 10.000 data misalnya. wah kalau ini tentu harus ada teknik lain. tidak bisa kalau hanya satu kali jalan. karena pastinya akan request timeout. dan tentu saja server akan kewalahan.

Percobaan beberapa email dengan message lain yang lebih panjang.

Percobaan beberapa email dengan message lain yang lebih panjang.

sebenarnya ada sedikit trik atau teknik untuk masalah tersebut. yakni mengguankan crontab job. tapi akan saya bahas lain waktu karena akan butuh pembahasan sendiri. untuk saat ini sampai disini saja dulu. untuk file dapat di download di Google Drive atau Dropbox, Sampai jumpa pada tulisan berikutnya. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments