December 21, 2016 thumb Menginstall Tool Pelengkap di Open Box

masih seputar openbox, kali ini saya ingin berbagi tentang aplikasi apa saja yang biasanya dipakai di openbox. tentu saja aplikasi-aplikasi ini adalah aplikasi standard yang memang dibutuhkan untuk kepentingan pengguna desktop. berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang sebaiknya ada di openbox.

Aplication Launcher (Synapse dan Gmrun)

gmrun

GMrun

kalau ada yang pernah pakai unity, atau gnome shell.  mirip dengan itu tapi tentu saja dengan minimal footprint alias ringan. namanya adalah synapse dan gmrun, synapse adalah quick launcher bar, sedangkan gmrun adalah quick command bar. bedanya apa sih dari keduanya, sebenarnya sama saja fungsinya untuk memanggil aplikasi cuma pada Synapse langsung menampilkan aplikasi yang terinstall dan kita tidak bisa menambahkan perintah lain selain cuma pemanggilan aplikasi, kelebihan dari synapse dia menampilkan icon dan cukup menarik karena dilengkapi fitur autocomplete. sedangkan gmrun, tidak ada autocomplete, tampilanya biasa saja. tetapi lebih cepat dari synapse dan kita bisa menambahkan parameter apapun. intinya gmrun adalah terminal yang dibentuk bar. untuk instalasi cukup ketikan.

apt-get install synapse gmrun
synapse

Synapse

FIle Management (Thunar)

file browser jika pada KDE pernah dengan Dolphin, atau pada Windows pernah dengan Windows Explorer atau pada Gnome pernah dengar Nautilus. iyup sama dengan kesemuanya itu adalah File Management, nah pada OpenBox File Management yang paling saya sukai adalah thunar, selain ringan thunar juga menyediakan fitur yang cukup lengkap. satu fitur yang ketinggalan di thunar adalah split view.   untuk instalasi bisa gunakan perintah :

sudo apt-get install thunar
Tampilan Thunar sebelah kanan

Tampilan Thunar sebelah kanan

Background (Feh dan Nitrogen)

untuk urusan background bisa menggunakan Feh ataupun Nitrogen. keduanya merupakan management Wallpaper pada desktop.  feh jauh lebih ringan dari nitrogen tetapi memiliki tampilan yang ala kadarnya, sedangkan Nitrogen lebih baik dalam sisi tampilan. tetapi lebih banyak memakan resource. kalau saya boleh saran sebaiknya pakai Nitrogen kenapa ? selisihnya cuma beberapa ratus KB, sehingga menurut saya cukuplah untuk komputer jaman sekarang. kecuali komputer anda adalah keluaran 95 yang RAM-nya cuma 64 MB. untuk instalasi cukup ketikan.

sudo apt-get install feh

atau

sudo apt-get install nitrogen
Tampilan dari Nitrogen

Tampilan dari Nitrogen

Applet (NM-Applet)

pada bagian pojok kanan bawah dalam KDE atau pojok kanan atas dalam Gnome.  terdapat namanya system tray. system tray ini biasanya berisi tetang koneksi wifi, koneksi jaringan LAN dan notifikasi lain. nah untuk pengguna OpenBox kita bisa gunakan nm-applet untuk menampilkan applet di system tray. tentu saja supaya ketika connect wifi kita tidak perlu lagi menggunakan perintah console. bisa memang dengan console tetapi memakan waktu. untuk instalasi cukup ketikan.

sudo apt-get install nm-applet
NM-Applet menampilkan koneksi Wifi

NM-Applet menampilkan koneksi Wifi

Volume Icon

volumen icon di system tray

volumen icon di system tray

kadang dibagian system tray terdapat sebuah icon suara, ya itu adalah Pavu Control untuk menampilkan audio controller. nah pada openbox untuk hal ini kita bisa menggunakan namanya volumecontrol. ketika di klik dia akan menampilkan pengaturan suara menggunakan console based. tetapi jangan khawatir walaupun console based, pengguna’anya cukup mudah karena menggunakan console based gui.  untuk instalasi cukup ketikan :

sudo apt-get install columeicon
Tampilan Volume Controller ketika volumeicon di klik

Tampilan Volume Controller ketika volumeicon di klik

Copy Paste dan Cliping

pernah mendengar Klipper di KDE, ya aplikasi ini untuk melakukan copy paste sebuah data tertentu, bisa file, string dll. nah di openbox juga ada aplikasi serupa namanya parcellite. tentu saja kali ini sangat ringan karena tidak memberikan animasi gui yang banyak. untuk instalasi cukup ketikan :

sudo apt-get install parcellite
tampilan dari Parcellite di system tray

tampilan dari Parcellite di system tray

nah kalau semua sudah di install kita tinggal jalankan dibagian autostart.sh, caranya. buka terminal dan ketikan.

nano /home/nama_user_ente/.config/openbox/autostart.sh

dari nano ketikan kode berikut ini agar aplikasi – aplikasi tadi dijalankan saat pertama kali start.

tint2 & 
nm-applet & 
sh ~/.fehbg & 
volumeicon & 
parcellite &

kalau sudah tinggal simpan dan selamat di nikmati. tampilan openbox anda kini setidaknya sudah layak disebut sebagai sebuah desktop. sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lain seperti calendar, gmcal dan lain sebagainya. cuma akan saya bahas pada tulisan berikutnya. jadi tunggu tulisan berikutnya, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments