August 25, 2013 thumb Mengimport, Enkripsi dan Denkripsi pada GNU PG (Versi 2)

salam, tulisan saya kali ini adalah kelanjutan dari tulisan saya yang lama berjudul GPG (Gnu Privary Guard). nah kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana caranya mengimport public key milik seseorang.

3. Import Public Key

ok anggaplah kita sudah punya file public key milik seseorang, sebagai contoh huda memiliki public key milik safitri yang tersimpan dalam sebuah file bernama safitri.txt, untuk melakukan import file tersebut maka tinggal mengetikan

$gpg –import < safitri.txt

 dan secara otomatis system akan melakukan import file tersebut. untuk mengecek apakah public key telah ter-import kita bisa mengetikan

$gpg –list-key

 dan coba di cek apakah sudah masuk list disana. jika terdata berarti private key sudah masuk.

Mengimport Public Key

Mengimport Public Key

4. Mengenkripsi Teks

untuk melakukan enkripsi teks maka hal yang harus diperhatikan sudahkan gembok dan kunci tersebut sudah tersedia dengan baik. jika sudah, saat-nya kita mengenkripsi sebuah teks, anggaplah huda memiliki sebuah file cintaku.txt sebagi berikut.

File Asli

File Asli

file ini yang mana ini akan dikirim ke safitri. maka untuk hal ini, huda akan melakukan enkripsi dengan menggunakan public key milik safitri , kemudian mengirim hasilnya kepada safitri. dan safitri, dengan menggunakan private key miliknya, dapat membuka file tersebut.  untuk melakukan enkripsi cukup dengan mengetikan :

$gpg -e -r bidan.ekasafitri@gmail.com -a cintaku.txt

penjelasanya sebagai berikut.

  • -e/--encrypt: mengenkrip suatu file dalam hal ini cintaku.txt
  • -r/--recipient: tujuan pesan. Pilihan ini menentukan public key mana yang digunakan untuk mengenkrip pesan kita. Pada contoh di atas tujuannya adalah bidan.ekasafitri@gmail.com, sehingga Public Key milik safitrilah yang akan dipakai.
  • -a/--armor: output enkripsi dalam bentuk ascii/text, bukan binary.

hasil dari perintah diatas adalah sebuah file bernama cintaku.txt.asc yang mana jika dibuka akan berbuah menjadi teks yang berisi mantra pengusir jin. berikut ini hasilnya.

Hasil Encrypt

Hasil Encrypt

5. Mendekrip teks

Teks yang dikirim oleh huda ke safitri adalah teks yang telah di-enkripsi, sehingga bila ada orang yang ingin membukanya, maka mungkin dia hanya bisa membaca mantra pengusir jin jika tetap nekat unutk membacanya. safitri juga akan menerima teks yang sama persis, yaitu dalam bentuk yang ter-enkripsi. tetapi, karena Safitri memiliki private key dari public key yang digunakan oleh huda meng-enkripsi pesan cintanya maka dia dapat membaca isi file itu. berikut ini caranya :

$gpg –decrypt cintaku.txt.asc

Proses Encrypt

Proses Encrypt

nah dalam beberapa waktu, akan ditanya sebuah password yang digunakan safitri untuk membuat gpg key. ketika safitri memasukan dengan benar maka secara otomatis hasilnya akan ditampilkan.

Hasil Dencrypt file

Hasil Dencrypt file

ok demikian tulisan saya untuk encrypt  dan decrypt file. timbul satu masalah bagaimana ada orang lain yang juga memilki public key milik safitri, kemudian dia menulis sebuah surat bernama cacian_makian.txt dan mengirimkanya sebagai huda. nah pada kondisi seperti inilah signature (Tanda Tangan) dan verivikasi signature  dibutuhkan untuk memastikan bahwa file yang dikirimkan adalah benar-benar dari huda bukan dari orang lain yang menyamar dan ngaku-ngaku. untuk pembahasan signature dan verivikasinya dapat dilihat di posting “Signature dan Verivikasi pada GPG (versi 3)“, salam goblooge :D.

Comments

total comments