November 16, 2013 thumb Menghemat Battery Android dengan Du Battery Saver

salam, wah kali ini saya ingin menulis sedikit tentang pengalaman saya dalam ber-android. yup, kalau pada tulisan lalu saya pernah menulis cara menghemat battery android tanpa aplikasi yaitu dengan memaksimalkan settings-settings tertentu pada android. kali ini say aingin sekedar sharing aplikasi-aplikasi gratis di Android market yang bisa digunakan untuk menghemat pemakaian battery dan meningkatkan kinerja andorid.

Du Battery Saver

SplashScreen DU Battery Saver

SplashScreen DU Battery Saver

aplikasi ini ada yang berbayar dan ada yang versi pro. untuk yang versi pro dijual sekitar $2. tapi untuk versi standardnya saja sudah cukup membantu kita dalam mengehmat battery. fitur utama aplikasi ini antara lain :

  • Battery Monitor : yang mana akan memonitor setiap waktu dan menampilkanya dalam bentuk grafik tentang historis penggunaan battery, informasi mengenai suhu battery, tingkat kesehatan battery, kapasitas battery, voltase battery, sisa waktu penggunaan battery dan lain-lain.
  • Hardware Monitor : memonitor hardware mana yang menghabiskan battery paling banyak, tampak disana bahwa display merupakan penyedot daya terbesar.
  • Apps Monitor :  anda bisa melihat aplikasi mana yang mneyedot battery cukup tinggi, Selain Android System aplikasi lain yang menyedot battery lebih dari 10% bisa dikatakan aplikasi yang boros battery.
  • Life Mode : fitur dimana anda bisa memilih sendiri settings yang anda inginkan.
  • Fast Charging : saya tidak tahu bagaimana cara kerjanya, yang jelas aplikasi ini dapat mempercepat proses charging HP kita. ia membagi menjadi tiga tahap charging, Fast Charging Waiting, dengan cara menggunakan pengisian constant hingga 80%, dilanjutkan Full Charge Waiting yang mana akan melakukan pengisian memakai dengan daya yang tidak konstan dengan tujuan untuk melatih battery bertahan pada  kondisi listrik yang kurang baik. dan terakhir Trickle Charge Waiting, yang berarti pengisian setelah battery mendekati penuh.
  • Smart Feature : aplikasi dapat menyesuaikan Frequency CPU, Mode Battery, Handphone dan Auto Clear Apps berdasarkan kondisi battery.
  • Widget : Aplikasi ini juga memberikan tambahan Widget untuk mempermudah akses dan memonitor battery (tapi faktanya keberadaan widget ini juga menguras penggunaan battery, jadi mengidn tidak usah diaktifkan ).
  • One Tap Saver : dengan memasang sebuah widget kecil berupa icon, anda dapat melakukan optimasi ke seluruh system untuk menghemat battery.

Home Du Battery Saver

Home Page menampilkan inromasi status battery

Mode -mode yang bisa dipilih atau di custom

Mode yang bisa dipilih atau di custom sendiri

Smar Feature

Smart Feature, untuk semakin mengehmat battery

Do Nos Disturb

Settings Do Not DIsturb merupakan settings yang paling saya sukai

3 Mode Charging

3 Mode Charging, untuk menjada kualitas battery

Monitor Hardware dan Software, Whats Apps memakan banyak daya

Monitor Hardware dan Software, Whats Apps memakan banyak daya

Widget yang banyak

Widget yang  mempermudah tapi juga memakan battery

Monitor Hardware , display memakan paling banyak

Monitor Hardware , display memakan paling banyak

bagi yang ingin menggukan Du Battery Saver, saran saya lakukan hal berikut :

  1. buatlah mode saver sendiri, yang mana  akan membantu dalam meningkatkan penghematan battery, dari home pilih tekan icon Saver dibagian bawah, kemudian, pilih Add Mode. berinama sesuai keinginan anda. pada bagian screen brightness pilih yang paling rendah 10% atau auto, screen timeout cukup kaia 30 sec, dan pada bagian lain (vibrate, wifi, bluetooth, mobile data dan sync) settings off. kemudian klik save.
  2. buka settings dengan meng-tap pada gambar settings di kanan atas. setelah muncul bagian settings, matika semua OneKey control,  pada bagian White List, tambahkan aplikasi yang tidak ingin dimatikan ketika auto clear apps berjalan (misal, whatsapps). pada bagian Do not Disturb, masukan 22.00 – 08.00 yang mana pada saat itu semua nitifikasi akan dimatikan.
  3. Gunakan Smart Mode : masuk lagi pada bagian saver, kemudian pilih tab smart. pada bagian ini anda akan melkukan settings yang kadang membutuhkan akses root. pertama, nyalakan Lower CPU Frequency When ScreenLock, aktifkan Schedule By Power, Schedule by Time dan aktifkan Auto Clear Apps. terutama yang terakhir, sangat membantu mengehmat battery, terkadang banyak aplikasi android yang otomatis jalan walaupun sudah di close, seperti facebook, whats apps dan lain-lain.

ok demikian yang bisa saya sharing, di tulisan depan akan saya bahas rival dari du battery saver, yaitu Battery Doctor dan akan kita bandingkan hasil pengujian-nya untuk mendapatkan yang terbaik.

Comments

total comments