March 27, 2018 thumb Menggunakan Linux untuk Belajar Anak

yang sudah punya momongan mungkin akan merasakan apa yang saya rasakan. pas lagi enak-enaknya melinux ria (nggoding maksudnya) tiba-tiba si anak minta komputer untuk entah untuk apa. nah daripada dipakai browsing yang kadang ketikanya juga tidak jelas (minta nyari badak yang diketik ‘kdsjalkds’, atau nyari kancil yang diketik ‘iow8q8’). daripada begitu coba install aplikasi yang satu ini. tuxmath dan tuxtype, keduanya adalah aplikasi gratis.

untuk instalasi cukup ketikan

# apt-get install tuxtype tuxmath

jika sudah selesai bisa di start dibagian start menu atak ketikan

# tuxtype

untuk mejalankan tuxtype dan

# tuxmath

untuk menjalankan tuxmath

sebenarnya apa guna dari aplikasi ini, untuk tuxtype akan mengajari anak bagaimana caranya mengetik, memang dalam tuxtype akan muncul meteor-meteor yang menyerang tux, dan tux harus menembak meteor dengan rocket yang diaktifkan dengan mengetikan huruf pada meteor-meteor tersebut. begitu juga dengan tuxmath cuma bedanya kalau tuxmath kita harus mengetikan angka untuk menembah meteor atau bahkan menjumlahkan, mengurangkan, membagi dan mengalikan angka supaya meteor itu tertembak. ada dua mode dalam arena tux, yang pertama dalah menembah meteor dan yang kedua adalah memakan ikan.

Lah Trus Bapak Kerjanya kapan nak...!!!

Lah Trus Bapak Kerjanya kapan nak…!!!

tapi BTW memang anakmu sudah bisa menjumlah dan mengurangkan atau hafal semua huruf-huruf, ya namanya anak paud ya belum semua huruf, tapi setidaknya anak saya sudah tahu semua huruf dan semua angka. nanti sambil jalan permainan harus kita ubah supaya lebih sulit, well sekali main, belajar ngetik, belajar huruf dan belajar angka.

cuma sayangnya huruf-huruf yang muncul dalam tuxtype ini tergolong terlalu kecil untuk ukuran layar TV milik saya, mungkin kedepanya akan saya posting bagaimana membuat supaya lebih besar (paling jelek ya bongkar source code).

dalam pengalaman saya, anak saya malah minta main sampe akhirnya mengantuk dan minta tidur (sempat saya tinggal sholat dan menangis karena tuxtype-nya ke close) dan nggak bisa mengembalikan.

Comments

total comments