September 19, 2013 thumb Menggunakan Android Device Manager untuk mengamankan HP Android yang Hilang

mungkin dari beberapa pembaca ada yang pernah kehilangan HP androidnya, yang mana didalamnya terdapat semua data-data penting, mulai dari foto narsis, foto bersama pacar, bahkan sampai foto penampakan. apalagi kalau ternyata dalam HP tersebut terdapat data-data kantor seperti password dan username account bank (kalau bisa jangan sampai menuliskan username dan password di HP atau kertas, cukup ditulis di otak saja). bagi yang sudah terlanjur kehilangan HP Android dan terdapat data-data penting didalamnya, jangan khawatir karena kita bisa me-remote dan menghapus data-data tersebut. google secara langsung telah membuatkan sebuah aplikasi bernama Android Device Manager, yang berada di https://www.google.com/android/devicemanager‎   .

dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat membunyikan, menghapus dan menemukan posisi handphone anda. sehingga dimana letak handphone anda dapat diketahui. jika ternyata letak handphone anda terus menerus bergerak-gerak dapat dipastikan bahwa sesorang sedang membawa handphone anda. tinggal dilaporkan ke yang berwajib hehehhe….

Android Device Manager Menawarkan 3 hal, Locate Your Phone, Ring Phone dan Erase

Android Device Manager Menawarkan 3 hal, Locate Your Phone, Ring Phone dan Erase

untuk dapat menikmati fasilitas ini syaratnya ada empat, pertama anda wajib punya android, kedua terhubung ke jaringan internet, ketiga anda harus sudah punya account gmail yang terhubung ke HP android anda, dan keempat lakukan setting dengan benar. berikut ini settings yang harus anda lakukan :

  • Setting alamat account gmail anda : buka settings > accounts  . pastikan terdapat account google dibawah account.jika belum ada silakan klik add account dan ikuti petunjuk di HP anda.
  • pastikan di HP anda terlah ter-install aplikasi Google Settings : biasanya google settings telah otomatis terinstall di HP Android anda, kecuali milik anda adalah custom ROM.
  • buka Google Settings dan pilih Opsi Android Device Manager.
  • berikan tanda centang pada Remotely Locate this Device dan Allow Remote Factory Reset.
Settings pada HP Android anda sehingga bisa di cari lewat internet

Settings pada HP Android anda sehingga bisa di cari lewat internet

jika sudah selesai silakan buka android device manager di browser komputer anda. ada tiga hal yang bisa dilakukan dengan android device manager. Locate the Phone, Ring the Phone, dan Erase.

  • Locate the phone : akan mencari posisi GPS HP android anda. sehingga terlihat di Google Maps. jika anda adalah korban pencurian dan ternyata HP anda terlihat di GPS silakan laporakan ke yang berwajib.
  • Ring The Phone : akan membunyikan HP dengan sangat keras.
  • Erase : akan menghapus data anda seluruhnya, hal ini berguna bagi anda yang memiliki data-data sensitif, yang mana data tersebut lebih berharga daripada Handphone-nya karena mungkin sangat rahasia.

satu lagi berikut ini adalah hal-hal yang harus segera anda lakukan sesaat setelah kehilangan HP selain menghapus seluruh data.

  • ganti semua password penting pada aplikasi pihak ketiga, seperti dropbox, yahoo, whats app, login ATM seperti klik BCA dan lain-lain.
  • laporkan kepada operator layanan seluler anda untuk segera memblokir nomor anda, khawatir digunakan untuk hal-hal yang kurang baik.
  • laporkan ke yang berwajib, khusus jika ternyata yang mencuri adalah tetangga baru anda, langsung gebugin aja sekampung (:p).

OK demikian yang bisa saya tulisan saya, jika ada yang kurang atau yang salah mohon di koreksi, salam.

Comments

total comments