August 11, 2013 thumb Mengecilkan Ukuran File PDF di Linux

Salam, kami goblooge sekeluarga mengucapkan, Minal Aidin Wal Faizin Mohon maaf lahir dan bathin, mumpung masih syawal hehehe… ok cukup previewnya, langsung ke pembahasan, kali ini saya ingin membahas bagaimana caranya mengecilkan file PDF di Linux, tutorial ini berawal ketika saya mendapatkan tugas untuk mengupload Banyuwangi Tour Guide ke website banyuwangi yang saya bangun. namanya upload sih tinggal upload doang, tapi kalo ukuran filenya 124 MB, bisa tekor bandwith saya, akhirnya muncul ide untuk mengecilkan ukuran file tersebut.

preview file asli

preview file asli.

ukuran File Asli

ukuran File Asli

 

untuk mengecilkan ukuran file, kita butuh yang namanya ghostcript yang merupakan sebuah program yang digunakan untuk memproses file pdf, untuk itu silakan buka terminal dan install ghostcript terlebih dahulu, berhubung saya di Linux Mint tinggal ketik

#sudo apt-get install gs

biarkan proses instalasi selesai, setelah setelah selesai kita siapkan sebuah file pdf yang ingin di compress, sebagai contoh saya memiliki file pdf bernama BANYUWANGI_ETHNO.pdf dan akan saya kecilkan menjadi BANYUWANGI_ETHNO_HASIL.pdf. caranya tinggal gampang, silakan ketikan script berikut ini.

#gs -dNOPAUSE -dBATCH -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -sOutputFile=output.pdf input.pdf

untuk parameter yang saya kasih warna merah itu adalah parameter yang harus anda sesuaikan dengan kondisi anda. berikut ini adalah penjelasanya :

  •  -dCompatibilityLevel=1.4 ini berarti PDF file yang dihasilkan akan compatible dengan PDF versi 1.4. kita dapat memasukan antara 1.4, 1.5, 1.6, 1.7, 1.8 dan 1.9.
  • -dPDFSETTINGS=/screen , merupakan tingkat kompresi yang diinginkan, terdapat beberapa pilihan antara lain, /screen, /ebook, /printer dan /prepress. untuk screen memiliki kompresi tertinggi (ukuranya akan kecil dan kualitasnya akan sangat menurun), sehingga ukuranya yang paling kecil, cocok untuk dibaca  sebagai ebook atau sebagai ebook atau ditampilkan di Smartphone, Tablet, komputer, notebook dan netbook. ebook menghasilkan kompresi sedang, cocok untuk dibaca ebook pada resolusi HD. printer adalah memiliki kualitas kompresi rendah, file yang dihasilkan akan cukup besar tapi memiliki kualitas detail yang tinggi, cocok untuk cetak atau booklet, terakhir prepress memiliki kompresi terendah, tapi ukuran filenya akan sangat besar, atau bahkan bisa lebih besar dari ukuran asal, fungsinya untuk di cetak pada pamflet-pamflet seperti baliho dan lain-lain.
  • -sOutputFile=output.pdf  merupakan file hasil yang diinginkan dalam kasus saya ini akan saya isi dengan BANYUWANGI_ETHNO_HASIL.pdf sehingga menjadi -sOutputFile=BANYUWANGI_ETHNO_HASIL.pdf .
  • input.pdf adalah file yang ingin dikompress, dalam kasus saya akan menjadi BANYUWANGI_ETHNO.pdf.

setelah mengetahui fungsi dari masing-masing script kini saatnya mencoba dalam kasus saya, script akan berubah menjadi :

#gs -dNOPAUSE -dBATCH -sDEVICE=pdfwrite -dCompatibilityLevel=1.4 -dPDFSETTINGS=/screen -sOutputFile=BANYUWANGI_ETHNO_HASIL.pdf  BANYUWANGI_ETHNO.pdf

Proses Kompresi

Proses Kompresi.

Preview file Hasil

Preview file Hasil.

Ukuran file Hasil

Ukuran file Hasil

 

 

tunggu hingga prosessing selesai dan silakan cek hasilnya. hasil yang saya dapatkan ukuran file yang asalnya 124 MB dikecilkan menjadi 36 MB saja. dalam segi kualitas yang terpengaruh adalah gambar yang terdapat dalam file PDF tersebut, pada kondisi ideal (zoom 100%) tidak seberapa tampak perbedaanya, tapi pada kondisi zoom 400%, baru terlihat perbedaan yang sangat jelas dalam segi kualitas gambar.

pada kondisi ideal (zoom 100%) tidak ada perbedaan yang significant antara file asli (kiri) dengan file hasi kompresi (kanan)

pada kondisi ideal (zoom 100%) tidak ada perbedaan yang significant antara file asli (kiri) dengan file hasi kompresi (kanan)

Perbandingan antara file asli (kiri) dengan hasil kompresi (kanan) pada zoom 400% tampak hasil kompresi blur

Perbandingan antara file asli (kiri) dengan hasil kompresi (kanan) pada zoom 400% tampak hasil kompresi blur.

 

ok demikian yang bisa saya bahas, barangkali ada tambahan salam goblooge. 😀

Comments

total comments