October 5, 2016 thumb Mengatur Rata Teks pada Excel dengan PHP Excel.

salam, berjumpa lagi dengan tulisan saya, tulisan ini merupakan lanjutan dari seri PHPExcel – Mengatur Background pada Excel dengan PHPExcel, kali ini saya ingin sedikit men-sharing tentang cara mengatur rata teks menggunakan PHPExcel. untuk rata teks yang kita bahas disini adalah Rata Kiri (Align Left), Rata Kanan (Align Right), Rata Tengah (Align Center), dan  Rata Kanan Kiri (Justify). seperti pada tulisan sebelumnya taruhlah saya memiliki database sebegai berikut.

Database yang akan di export ke Excel

Database yang akan di export ke Excel

adapun format excel yang ingin kita buat adalah, bagian atas rata tengah, kolom nama rata kiri, alamat rata kanan, ayah rata tengah, ibu rata tengah dan terakhir hobi rata kanan. memang agak memaksa tapi kita hanya ingin membuat contoh cara penggunaan layout PHPExcel pada sebauh file excel. visualisasi dapat dilihat pada gambar berikut.

tampilan yang di inginkan, A1:E1 rata tengah, A3:E6 rata kiri, E3:E6 Rata kanan. B3:B6 rata kanan. C3:D6 dibuat rata tengah.

tampilan yang di inginkan, A1:E1 rata tengah, A3:A6 rata kiri, E3:E6 Rata kanan. B3:B6 rata kanan. C3:D6 dibuat rata tengah.

tampilan yang diinginkan adalah seperti contoh gambar diatas dimana A1:E1 rata tengah, A3:A6 rata kiri, E3:E6 Rata kanan. B3:B6 rata kanan. C3:D6 dibuat rata tengah. karena default dari excel adalah rata kiri maka untuk A3:E6 tidak perlu di utak-atik untuk style-nya. kemudian untuk menrapkan rata tengah dan rata kanan, kita bisa menggunakan penerapan style pada kelompok cell tertentu.  berikut ini potongan source code-nya.

/*start - BLOCK UNTUK TEXT ALIGN*/
$center = array();
$center ['alignment']=array();
$center ['alignment']['horizontal']=PHPExcel_Style_Alignment::HORIZONTAL_CENTER;
$sheet->getStyle ( 'A1:E1' )->applyFromArray ($center);
$sheet->getStyle ( 'C3:D6' )->applyFromArray ($center);

$right=array();
$right ['alignment']=array();
$right ['alignment']['horizontal']=PHPExcel_Style_Alignment::HORIZONTAL_RIGHT;
$sheet->getStyle ( 'B3:B6' )->applyFromArray ($right);
$sheet->getStyle ( 'E3:E6' )->applyFromArray ($right);
/*end - BLOCK UNTUK TEXT ALIGN*/

pertama kita buat dahulu style untuk rata tengah, kemudian kita terapkan pada A1:E1 dan C3:D6, kemudian kita buat rata kanan yang nantinya akan kita terapkan, B3:B6 dan E3:E6. untuk source code lengkap dapat di-download melalui Dropbox dan Google Drive. sampai ketemu di tulisan saya yang berikutnya, Okey Donkey, salam goblooge.

 

Comments

total comments