September 21, 2016 thumb Mengatur Layout Download Excel dengan PHPExcel

tulisan ini adalah sambungan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Cara Export Database ke Excel menggunakan PHPExcel. kalau di tulisan sebelumnya saya membahas tentang kelemahan sebuah framework, maka tidak kali ini. kali ini sebaliknya saya malah akan membahas tentang kelebihan framework. kalau pada tulisan sebelumnya saya menampilkan bahwa framework itu lebih berat, kali ini saya mendeskripsikan mengapa framework berat dan tentu saja itu untuk sebauh harga dari sebuah fitur yang sangat powerfull.

kalau menggunakan native, tentu saja kita bisa membuat fitur-fitur seperti merge cell dll, tapi tentu saja kita yang harus bersusah payah mempelajari struktur dari file excel. daripada rumit-rumit, mendhing langsung pakai framework yang sudah ada.

sebagai contoh saya punya database sebagai berikut :

database yang saya miliki

database yang saya miliki.

dan saya ingin membuat supaya tampilanya menjadi seperti berikut ini.

Tampilan Excel

Tampilan Excel.

yang menjadi masalah adalah ketika pertama kali file ini di load maka lebar dari tiap-tiap cell menjadi rata yang mengakibatkan tulisan dari tiap-tiap cell yang cukup panjang , menjadi tidak kelihatan. seperti contoh dibawah.

Tampilan String untuk nama menjadi tidak kelihatan.

Tampilan String untuk nama menjadi tidak kelihatan.

nah tips kali ini adalah bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. dimana ketika pertama kali dibuka kita ingin agar tulisan tersebut dapat terlihat keseluruhan dengan baik. pada dasarnya caranya sangatlah mudah, kita cukup menggunakan fitur autosize.

/*start - BLOK AUTOSIZE*/
	$sheet ->getColumnDimension ( "A" )->setAutoSize ( true );
	$sheet ->getColumnDimension ( "B" )->setAutoSize ( true );
	$sheet ->getColumnDimension ( "C" )->setAutoSize ( true );
	$sheet ->getColumnDimension ( "D" )->setAutoSize ( true );
	$sheet ->getColumnDimension ( "E" )->setAutoSize ( true );
/*end - BLOG AUTOSIZE*/

dengan fitur autosize ini maka ukuran lebar dari sebuah kolom akan di adjust sedemikian rupa sehingga tampilan kolom akan melebar mengikuti banyaknya karakter dalam kolom tersebut. untuk source code lengkap dapat di download di Dropbox atau Google Drive . oke demikian yang bisa saya share, sampai jumpa pada tulisan berikutnya okey donkey dan salam goblooge.

 

Comments

total comments