April 14, 2018 thumb Mengatasi HP Android yang panas.

pernah tidak sengaja HP android yang kita pakai tiba-tiba panas dengan sendirinya. iyup itu beberapa kali saya alami, sebenarnya logikanya sederhana, jikalau android dipaksa untuk kerja terus – menerus maka dengan sendirinya android akan panas. itu sudah sunnatullah, tapi jika tidak merasa mengapa-apakan , atau tidak merasa meng-anu-kan kok android tiba-tiba panas, kemungkinkan ada background process yang terus-menerus bekerja sehingga mengakibatkan android menjadi panas. nah berikut ini sedikit hal yang kadang saya lakukan untuk mengatasi android yang panas atau overheat.

  • saya akan pastikan semua process backgroung mati, seperti backup, synch dll. untuk itu yang biasa saya lakukan adalah membuat Settings->backup and reset , kemudian saya akan disabled semua process backup.
  • kemudian saya buka Settings->Account -> Google, kemudian pilih Synch, dari sana semua proces synch akan saya matikan. hal ini berlaku pula untuk semua apps seperti twitter, facebook dll.
  • install aplikasi pembersih seperi clean master atau ccleaner, kemudian kita bisa lakukan pembersihan dan bisa melihat aplikasi-aplikasi mana yang sedang berjalan, kemudian cukup saya clean seluruhnya. biasanya aplikasi – aplikasi tersebut akan bangkit lagi (autostart), dari sini kita bisa tahu mana-mana apliaksi yang sebenarnya bandel dan memang sedang melakukan background process  terus-menerus.
  • jika kebetulan aplikasi yang bandel adalah Playstore, kemungkinan notify dan auto update playstore berjalan otomatis, sehingga akan terus-menerus melakukan pengecekan untuk melakukan synch. cara mematikanya buka playstore->swipe ke kiri, pilih settings, Tap  pada bagian Notification, kemudian untick semua notifikasi.
  • jika masih bandel playstore, coba matikan automatic update,   PlayStore -> Setitngs -> Auto Update , pilih Do Not Auto-Update apps.
  • misanya , panas masih juga belum turun dalam waktu satu menit, Matikan semua Koneksi, Bluetooth, Wifi , NFC, ShareScreen dan lain sebagainya. termasuk mobile data. kita akan lihat apakah system telah dingin dengan hal ini, lalu coba nyalakan kembali satu per satu, secara bertahap. misalnya koneksi Network Data, kemudian Wifi dan seterusnya.  dari sini kita bisa mengetahui sebenarnya koneksi apa yang mengakibatkan Android kita menjadi panas.
  • jika masih belum bisa mengatasi panasnya, buka settings->apps->running, matikan setiap aplikasi yang berjalan, lakuakn disabled pada semua aplikasi, kemudian mulailah jalankan satu persatu, misalnya Aplikasi X, dijalankan tunggu selama beberapa saat jika memang tidak panas, jalankan aplikasi B, dan seterusnya, sampai pada akhirnya akan ketemu aplikasi mana yang mengakibatkan panas. (biasanya sih Social Media, Podcast, Backup, dan aplikasi sejenis).
  • Factory Reset, ini adalah pilihan terakhir akalu panas tak kunjung sembuh , dengan cara ini system akan dikembalikan ke fungsi seperti pabrikan.
  • jika setelah Factory Reset kok masih saja panas bermasalah, kemungkinan ada 2 , aplikasi pabrikan ada auto update yang mana update terbaru tersebut mengakibatkan panas, pastikan setelah factory reset jangan ada yang di update dahulu. kemungkinan kedua terdapat virus yang mana masih terus dormant setelah facatory reset (iyup ada beberapa trojan yang walaupun sudah di factory reset tetap masih jalan silakan baca tulisan saya Menghapus Trojan dan Virus pada HP Android ) . solusinya adalah dengan melakukan flash pada HP memakai stock rom yang baru.

sebenarnya ada cara yang dijamin berhasil 100%, iyup, beli baru gan mungkin HP android agan sudah udzur syar’i, yang mana sudah saatnya dikebumikan. Salah Goblooge.

Comments

total comments