December 9, 2017 thumb Mengatasi Android yang Lambat

pernah dicurhatin teman tentang HP androidnya yang lambat, kebanyakan kita akan menyalahkan pabrikan HP atau bahkan mengklaim bahwa HP tersebut jelek dst. well, tidak semua HP Lambat dan lelet itu diakibatkan oleh Device-nya, kadang penggunaan kita saja yang kurang pas. perlu diketahui bahwa aplikasi Android saat ini, makin lama makin rakus resource, tentu saja jangan heran kalau semakin lama, semakin lambat HP android. nah sebelum di Lem Biru (Lempar Beli Baru). mungkin tips berikut ini bisa diterapkan.

  • setiap HP android memiliki kapasitas masing-masing, RAM , Processor dan Storage yang berbeda-beda, sesuaikanlah Aplikasi anda dengan resource yang dimiliki, tentu sangat aneh jika kita punya HP Android dengan RAM 1 GB, tapi minta mulus lancar menjalankan game 3D semacam Need For Speed.
  • pastikan HP anda tidak terkena virus, atau trojan atau malware lain, belakangan Play Store sudah memberikan fitur scanning apps, sehingga bila ada apps yang bersifat malware akan langsung dihapus atau di non aktifkan. caranya buka playstore, swipe ke kiri dan pilih My Apps & Game. cukup tap ada Apps Scan dan play protect akan melakukan scanning.
Play Protect Scanning

Play Protect Scanning

  • jika play protect tidak mendeteksi adanya masalah, tapi anda merasa ada yang aneh dengan HP anda coba baca tulisan saya Amankan Android dari Serangan Virus dan Malware. mungkin ada beberapa malware yang lolos dan kita bisa menghapusnya secara manual.
  • bersihkan aplikasi android secara berkala, banyak tool yang bisa dipakai untuk membersihkan android, seperti CCleaner, CM Master dan lain sebagainya. untuk lebih detailnya bisa baca Membersihkan dan Meningkatkan Kinerja Android.
  • ingat kadang android ketika kehabisan memory, dia akan menggunakan internal storage untuk meng-extends RAM miliknya (biasanya di linux disebut swap file). dengan membersihkan internal storage bisa meningkatkan kinerja android. selain itu cache beberapa aplikasi android juga menggunakan internal storage.
  • pindahkan Musik, Foto serta Video koleksi film MKV anda ke sdcard, jika perlu backup-lah di flashdisk atau harddisk external. ingat aplikasi seperti image viewer akan membuat cache untuk thumbnail file anda, dan ini akan memakan banyak resource di internal storage. saya pernah melakukan test 2000 foto itu di cache thumbnail-nya bisa sampai 1GB.
  • gunakan aplikasi Lite Version, banyak vendor aplikasi yang menyediakan versi lite, seperti Facebook Lite, Messengger Lite, Twitter Lite dan lain sebagainya. dengan cara ini kinerja HP Android bisa ditingkatkan.
  • hindari terlalu banyak menggunakan aplikasi social media (kecuali memang untuk jualan dan berhubungan dengan pekerjaan anda). aplikasi social media seperti Whatsapps, Twitter, Facebook, Line, Google Allo itu menggunakan background process yang tidak sedikit. yang mana setiap kali kita sudah close, tetap saja background process akan aktif kembali. jika memang tidak terlalu butuh, cukup install 2-3 Aplikasi Social Media.
  • hapus aplikasi yang tidak perlu, semisal jika anda memang jarang menggunakan dropbox versi mobile, kenapa harus diinstall, jika jarang menggunakan google drive versi mobile, jangan biarkan ada disana, ingat aplikasi file management yang memiliki fitur synch seperti itu juga menggunakan background process yang tidak sedikit.
  • buang aplikasi yang redundant, jika memang tidak bisa dibuang karena merupakan aplikasi bawaan bisa di non aktifkan, caranya buka di menu setting-> apps disana akan muncul semua aplikasi pilih aplikasi yang ingin di non aktifkan tap dan pilih disabled. jika memang ingin benar-benar menghapusnya anda bisa baca tulisan saya Mengkudeta System App. aplikasi bawaan yang tidak berguna ini disebut dengan bloatware. aplikasi redundant disini maksudnya adalah aplikasi yang memiliki fungsi sama, sama-sama file manager , sama-sama image viewer ,sama-sama music player pilih salah satu saja.
  • terakhir jika cara diatas masih membuat HP anda melambat coba lakukan factory reset, kebanyakan aplikasi melakukan cache pada HP android anda , sehingga kinerjanya melambat. kita bisa melakuakn factory reset untuk mencoba me-refresh ulang android.

demikian yang biasanya saya lakukan untuk meningkatkan kinerja android di HP saya. sampai saat ini HP android saya masih 3.5G dan sudah saya pakai sekitar 3 tahun tapi masih aman-aman saja. rekor saya pernah pakai Samsung Galaxy S waktu awal kali keluar itu sampai 5 tahun, dan itu pun karena diajak anak saya mandi.

Comments

total comments