November 30, 2016 thumb Mengatasi 2 Step Verification saat Pengiriman Email lewat PHP dengan PHPMailer

salam, mengirim email merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. terlebih lagi, system web saat ini, penggunaan email untuk konfirmasi laporan, konfirmasi password dan konfirmasi bagi hasil dll semuanya dengan mudah dikirimkan melalui email. gmail adalah salah satu layanan email yang banyak dipakai orang, nah fitur gmail yang bernama two step verivication ini yang kadang membuat masalah pada banyak email client seperti thunderbird , outlook dan lain-lain. penggunaan aplikasi – aplikasi email client tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan mengunakan two step verification.

Penolakan dari System karena Two Step Verification di aktifkan di Akun Gmail

Penolakan dari System karena Two Step Verification di aktifkan di Akun Gmail. pesanya “Aplication Spesific Password Required“.

salah satu email client yang berbentuk Library PHP adalah PHPMailer. nah, tulisan ini akan membahas bagaimana caranya mengatasi masalah two step verification pada PHPMailer yang menggunakan Gmail sebagai route untuk mengirimkan email. tulisan ini juga sambungan dari tulisan saya yang sebelumnya tentang ” Cara Mengirimkan Email Menggunakan PHPMailer”. bedanya disini kita akan atasi masalah two step verification pada gmail.

untuk mengatasi two step verification pada tidaklah sulit, tidak dibutuhkan kemampuan koding disini, hanya saja anda hanya perlu mengaktifkan akses third apps di akun security gmail anda. caranya sebagai berikut.

Masuk ke Google Security.

Masuk ke Google Security. pada bagian Apps Password.

  • bukan http://security.google.com/ lalu login ke akun google anda seperti biasa.
  • tuju bagian Sign In and Security , pada sub menu Signing in to Google. tuju pada bagian App Password.
  • disini kita akan membuat sebuah apps yang memang dikhususkan untuk sign in dengan password tertentu, dan password tersebut adalah password generate komputer yang tentu saja sulit untuk dihafal.
  • pilih select app dan pilih Other, ketikan nama PHPMailer atau terserah namanya apa.
Beri Nama Appsnya sesuai keinginan.

Beri Nama Appsnya sesuai keinginan.

  • tinggal klik generate dan sebuah password akan ditampilkan, catat baik-baik password ini karena kedepanya sudah tidak bisa dilihat lagi.
Catat Baik - baik Passwordnya.

Catat Baik – baik Passwordnya.

  • jika sudah tugas anda pada source code yang saya bahas di tulisan sebelumnya ” Cara Mengirimkan Email Menggunakan PHPMailer“. khusus bagian password cukup ganti dengan password yang ada dapat dari Google Apps Password tersebut.
  • dan silakan dicoba lagi untuk mengirimkan email.

hasil pengujian saya yang asalnya error akhirnya berhasil mengirimkan email menggunakan Server Gmail. untuk source code lengkap silakan download di Dropbox atau Google Drive. okey sampai jumpa pada tulisan berikutnya. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments