April 22, 2015 thumb Mengaktifkan Modul php-mcrypt pada Apache di Ubuntu Server

salam, artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel “Mengatasi Error PHP5 di Web Server Apache Ubuntu Server” bagi yang belum tahu php-mcrypt adalah library yang digunakan oleh apache web server untuk melakukan enkripsi pada suatu string. fitur ini berguna untuk pertukaran data yang sensitif seperti data penyakit pasien, data gaji karyawan dan lain-lain terutama yang menggunakan Aplikasi Web Berbasis SOA (yang mana antara satu server berkomunikasi/bertukar data menggunakan web service).

alkisah saya sewaktu saya memindahkan aplikasi Web SIM Rumah Sakit di kota Tuban , seluruh komunikasi yang menggunakan server bus dan yang berbasis Service mati total, padahal di komputer saya aplikasi berjalan aman dan nyaman. muncul error (Call to undefined function mcrypt_encrypt() ) usut punya usut ternyata di komputer server Rumah Sakit menggunakan apache versi standard yang tidak secara default meng-install library php-mcrypt, kebetulan di komputer saya menggunakan XAMPP yang secara default sudah ter-install php-mycrypt.

untuk mengaktifkan library ini ternyata cukup mudah, ketikan :

#apt-get install php5-mcrypt

dan tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian pindahakan configurasi mcrypt.ini agar di load apache

#mv /etc/php5/conf.d/mcrypt.ini /etc/php5/modsavailable/

setelah itu aktifkan library encrypt,

#php5enmod mcrypt

 terakhir restart apache anda

#service apache2 restart

dan setelah itu program bisa berjalan dengan baik. oke kira-kira itu yang bisa saya share, lain kali akan saya share tentang cara mengamankan web server, baik mysql, apache dan phpmyadmin. salam goblooge.

Comments

total comments