August 1, 2013 thumb Mengakses PC dengan Android Memakai Team Viewer

Salam, hari ini saya mencoba sedikit sharing tentang bagaimana caranya mengakses PC dengan menggunakan team viewer. Team Viewer merupakan aplikasi Remote Desktop yang berjalan di berbagai Platform OS seperti Linux dan Windows, akan tetapi seiring pekermbanganya Team Viewer juga dikembangkan untuk android. bagi yang sudah terbiasa meremote PC mungkin tulisan ini nggak berguna, nah bagi yang belom tahu silakan disimak.

sebagai bahan percobaan, hardware yang saya gunakan adalah sebuah PC dengan Operating System Linux Mint 14 Nadia yang nantinya akan deremote dengan HP android Samsung Galaxy S. ok langsung mulai pertama kita akan mengintall terlebih dahulu Team Viewer di Linux Mint. kebetulan Repository TeamViewer tersedia di Linux mint yang saya pakai sehingga saya tinggal membuka Terminal dan mengetikan #apt-get install teamviewer7

Jalankan Team Viewer di Linux

Jalankan Team Viewer di Linux

tunggu hingga proses instalasi selesai. setelah selesai buka Application -> Internet -> Team Viewer 7, akan muncul window team viewer. pada bagian Remote Control, anda akan melihat sebuah code yang acak. Your ID dan Password. dua kode tersebut nantinya akan kita jadikan sebagai username dan password di android yang akan mengakses komputer. OK untuk settings di PC sudah selesai.

Team Viewer di Linux Mint

Team Viewer di Linux Mint

untuk settings di Android silakan buka google playstore dan jalankan cari Team Viwer di Android market lalu install seperti menginstall aplikasi biasa. setelah selesai jalankan team viewer seperti biasa.

Aplikasi Team Viewer Terinstall di Android

Aplikasi Team Viewer Terinstall di Android

setelah aplikasi team viewer di android terbuka, kita diminta untuk mengetikan Team Viewer ID. Team Viewer ID adalah Your ID yang ada di PC sebelumnya. masukan ID dan klik Remote Control.

Masukan ID dan dialog Password akan Muncul

Masukan ID dan dialog Password akan Muncul

setelah beberapa saat aka muncul dialog password, masukan password seperti yang tertera di PC. tunggu beberapa saat dan remote control telah berjalan, ketika kita meremote dengan android. sebagai mana gambar dibawah ini adalah tampilah PC saya yang di HP Samsung Galaxy S.

Remote Files Team VIewer

Tampilan PC di Remote dari Android dengan Team Viewer

aplikasi Team Viewer yang ada di PC akan pindah ke Pojok Kanan Bawah (menuju system Tray). di system tray, akan diperlihatkan session list atau device mana saja yang meremote PC kita, disertai pula dengan deivce apa yang digunakan.

Team Viwer yang pindah ke System Tray

Team Viwer yang pindah ke System Tray

di android kita bisa melakukan remote keyboard seperti mengetik dan lain sebagainya, keyboard di TeamViewer android menyediakan tombol kombinasi keyboard Mask seperti Control, Alt dan Shift, terdapat pula perintah Reboot, Log out dan Shutdown selain itu menyediakan pula tombol Windows untuk Operating System Windows. jika semua lancar maka kita sudah bisa meremote sesuka hati komputer kita.

Perintah - Perintah Khusus

Perintah – Perintah Khusus

cepat tidaknya aplikasi ini tergantung pada koneksi internet. jika merasa bahwa koneksi melambat dan lain sebagainya, buka dahulu settings, dibagian settings ini kita mengurangi Resolusi Layar, Menghilangkan wallpaper dan beberapa settings lain yang dapat membantu mempercepat proses remote.

Settings Team Viewer

Settings Team Viewer

selain itu kita bisa melakukan remote files, seperti melakukan copy paste data dari PC ke Android atau sebaliknya dengan menggunakan Opsi Files di android. tentu saja ini sangat membantu kita yang suka sharing-sharing data dari PC ke Android atau sebaliknya karena tidak perlu repot-repot pasang kabel data.

Sharing Files

Sharing Files

kelebihan lain Team Viewer adalah kita tidak perlu register untuk bisa mengakses PC, kedua Username dan Password (ID) akan selalu berubah, dan terakhir kita bisa melakukan remote komputer manapun di seluruh dunia. sebagai contoh saya pernah mengerjakan project dengan client saya dari india, kebetulan waktu itu saya lagi di Stasiun Surabaya Hendak pergi ke Banyuwangi. client saya tersebut menelpon dan meminta saya untuk bisa mengerjakan sedikit bug di source code yang saya buat. karena ndak bawa Laptop (karena nggak punya :p ) maka saya meremote PC nya dengan menggunakan HP, dengan koneksi Abal-abal gratisan ala Stasiun Gubeng, aplikasi ini berjalan mulus.

Komputer Client dari india yang saya akses lewat Team VIewer cukup mulus dengan koneksi Abal-abal

Komputer Client dari india yang saya akses lewat Team VIewer cukup mulus dengan koneksi Abal-abal

Ok demikian yang bisa saya sharing, pada tulisan saya yang lain, akan saya sharing bagaimana cara membuat aplikasi Remote Control di Android. jadi ini saya tujukan untuk yang pengen jadi Programmer, kita akan buat aplikasi remote control ala kita sendiri tunggu artikel saya yang berjudul G-Arc (Goblooge Android Remote Control :p ). Salam Goblooge.

Comments

total comments