January 4, 2012 thumb Meng-online-kan Website

tulisan ini saya pakai untuk menjawab teman-teman saya yang baru mulai belajar membuat Website. salah satu problem yang kadang sulit untuk dimengerti adalah cara untuk meng-online-kan website yang telah susah payah dibuat. ok kita mulai dulu bagian pertama sebuah website yang ingin di-online-kan. yang perlu disiapkan antara lain :

  • Hostingan anda : sebagai contoh saya akan membuat sebuah Hosting di website saya, dengan nama http://www,goblooge.com/kms/, jika belum punya Hosting silakan beli disini.
  • Web Domain : jika anda belum memiliki sebuah domain maka anda juga dapat membeli disini.
  • File-file Web (PHP, HTML, JS dll), dalam contoh kali ini saya akan membuat beberapa kumpulan php, file -file ini saya zip, menjadi sebuah kms.zip
  • kemudian saya memiliki sebuah file mysql yang saya Export dari xampp. file tersebut nantinya menjadi file untuk database. file ini berisi Database MySQL saya. taruhlah namanya kms.sql.
  • setelah file telah siap saatnya login ke CPanel. untuk pertama kalinya kita harus membuat dahulu sebuah database baru, anggap saya mau membuat database gobgecom_kms. dari Cpanel tuju pada bagian Database, dan pilih MySQL Databases.
  • setelah itu silakan buat sebuah database, sebuah user dan berikan privilage pada user pada database yang baru saja kita buat. pilih All Privilage pada halaman selanjutnya. dan pilih save.
  • setelah selesai dengan membuat Database, kini saatnya mengisi database tersebut dengan file kms.sql. silakan kembali ke halaman awal CPanel dan pilih PhpMyAdmin dalam Sub Menu Database.
  • setelah halaman PhpMyAdmin muncul, kita dapat melihat database yang tadi baru saja kita tambahkan yaitu kms. klik pada database itu dan pilih import.
  • setelah halaman Import muncul klik Browse dan upload File kms.sql yang ada di komputer kita ke server.
  • setelah itu tekan Go, tunggu proses upload dan eksekusi SQL, semua bergantung pada Besar file SQL yang di upload dan seberapa kompleks database yang dibuat. setelah selesai silakan kembali ke Halaman awal CPanel.
  • masuk ke dalam CPanel dan tuju File Manager , dimana nantinya saya akan mengupload file kms.zip.
  • setalah muncul halaman File Manager buatlah folder baru, karena saya ingin memasukan dalam sub kms, maka saya membuat folder bernama kms. ingat folder yang dibuat harus berada pada sub directorywww, atau pada sebagian Hosting bernama htdocs. setelah folder tercipta baru kemudian klik folder tersebut dan pilih upload file. file yang akan kita upload nantinya adalah file kms.zip. ingat sebaiknya dalam bentuk *.zip, karena format archive ini banyak di dukung oleh Hosting, jangan bentuk rar karena banyak hosting yg tidak mendukung rar untuk decompresi.
  • tunggu hingga proses upload selesai, setelah upload selesai kembali ke folder kms, yang tadi, dan lakukan decompress atau exstract pada file yang baru kita upload tadi dengan melakukan klik kanan dan memilih extract atau decompress. dalam hal ini saya melakukan decompress pada file . kms.zip
  • setelah file berhasil di-extract maka selanjutnya adalam menggabungkan antara Database dengan file-file php. hal ini sangat bergantung pada struktural file anda. untuk konfigurasi pada sistem saya, saya memiliki contoh memiliki file ****si.php yang menyimpan connect setting ke database. Database yang saya pakai taruhlah kms, dengan username “kms” dan password “kms” (sesuai dengan yang kita buat di awal), dan berada di server 192.0.0.1 (sesuaikan dengan alamat server Database anda, tanyakan ke admin mengenai masalah hal ini atau anda bisa melihat setting di halaman cpanel)
  • dengan menggunakan code edit, saya bisa meng-editsource code dari file yang ada dan melakukan setting secara benar pada file ****si.php. simpan code tersebut, dan Website anda siap untuk digunakan. untuk melakukan testing silakan kunjugin website anda dan pastikan bahwa semua fungsi berjalan dengan benar. sebagai contoh, saya melakukan test pada situs saya dengan memberikan link url : http://www.goblooge.com/kms/ dan semuanya berfungsi dengan baik.

sampai disini dahulu tutorial kali ini, jika ada pertanyaan atau comment, jangan sungkan-sungkan untuk menulis :), dan terima kasih telah membaca.

Comments

total comments