September 6, 2016 thumb WMail – Email Client Gmail di Linux untuk Penggila Material Design

pernah pakai KMail, Thunderbird, Evolution atau Geary Mail. ya, semuanya itu adalah Email Client. nah kali ini ada WMail, sebuah email client yang menkhususkan diri untuk GMail atau Inbox. sebenarnya hampir mirip dengan email client lain, tapi kelebihan WMail adalah tampilanya sama persis dengan aplikasi Inbox di Android yang berarti menggunakan Material Design. selain itu  aplikasi ini terhubung pula dengan Hangout sehingga bagi Google Minded, tidak perlu menginstall terlalu banyak aplikasi. cukup menggunakan satu aplikasi kita sudah bisa menikmati 2 layanan sekaligus Email dan Chat.

Terintegrasi dengan Berbagai Macam Layanan, GMail, Google Drive, Hangout dan Email Grouping.

Terintegrasi dengan Berbagai Macam Layanan, GMail, Google Drive, Hangout dan Email Grouping.

secara umum WMail tidak ada bedanya dengan aplikasi email client lain, kecuali dia di Optimasi khusus untuk gmail dan menggunakan Material Design layaknya Inbox di Android. kelebihan lain adalah fitur pencarian yang memang langsung terhubung dengan layanan google , menjadikan filtering email menjadi sangat cepat, hal ini dikarenakan yang mengerjakan proses filtering email adalah server google, bukan komputer kita (seperti pada Mail Client lain yang men-download Header dari email kita).

Notikasi yang Simple tapi berguna

Notikasi yang Simple tapi berguna

terdapat pula notif, yang mana system tray akan memberikan notifikasi ketika terdapat email masuk. terdapat berbagai setting untuk notifikasi dan behavioral lain. seperti sound yang akan berbunyi ketika masuk, dimana letak penyimpanan file attachment dan lain sebaginya.

Notifikasi Email yang mudah dalam pengoperasian

Notifikasi Email yang mudah dalam pengoperasian

layanan yang sebenarnya paling saya sukai adalah fitur chat hangout yang mana kita bisa ber-hangout ria dengan kerabat langsung melalui aplikasi ini, sayangnya untuk video call ketika di klik masih mengandalkan browser sebagai bypass.

yang paling keren dari semua itu adalah Material Design benar-benar di Adopsi disini, jadi bagi mereka yang menggandrungi material design seperti saya. tentu akan sangat puas dengan aplikasi ini. fungsi “Done” layaknya fitur “Read” di Inbox menjadikan inbox email anda bersih dari email-email yang sudah pernah dibaca. terdapat pula fungsi Group yang mana akan menjadikan beberapa email kedalam satu wadah berdasarkan jenisnya (misalnya Social, Promo, Work dll ).

Google Drive yang memberikan berbagai macam layanan, Attachment dapat di Preview, di Download dan bahkan di simpan di google Drive.

Google Drive yang memberikan berbagai macam layanan, Attachment dapat di Preview, di Download dan bahkan di simpan di google Drive.

satu lagi fitur yang sangat saya sukai dan belum ada di email client lain adalah Google Drive Connect, karena terhubung langsung dengan Google Drive kita bisa secara langsung melakukan Save Email Attachment ke Google Drive. lebih dari itu khusus untuk file-file Office seperti doc, docx, xls, xlsx , ppt, pptx dan txt akan langsung di-Preview, sehingga kita juga dapat langsung mencetak ke printer, fitur yang tidak ada dalam Email Client Lain.

aplikasi ini pun bisa bekerja secara offline (tetapi tidak sehebat ketika online), ketika dalam keadaan online kita bisa membaca email-email yang memang sudah tersimpan didalam cache miliknya. kita pun dapat menulis email atau pesan chat yang mana ketika online akan langsung melakukan sync.

Setting Behavioral tidak lupa disertakan

Setting Behavioral tidak lupa disertakan

bagi yang ingin men-download aplikasi ini bisa langsung ke website resminya, http://github.com/Thomas101/wmail. aplikasi ini dikembangkan oleh Thomas101 dan tersedia baik untuk Windows, Mac, maupun Linux.

menurut saya, email client satu ini cocok bagi para pengguna Gmail. jika kebetulan anda hanya memiliki email gmail, tidak perlu meng-install aplikasi lain, cukup WMail dan semuanya sudah terintegrasi. oke kira-kira itu yang bisa saya bahas, lain kali saya sambung lagi, Okey Donkey dan Salam Goblooge.

 

Comments

total comments