December 16, 2016 thumb Mencoba Open Box – DE Ringan untuk komputer jadul

pernah dengar LXDE atau LXQT atau pernah dengan XFCE. ya itu adalah nama-nama DE yang ditujukan untuk low resource computer. nah salah satu DE yang khusus untuk pnegguna yang suka utak-atik dan sekaligus untuk pengguna yang memang suka menggunakan tampilan sederhana, adalah OpenBox. sebenarnya tujuan utama openbox bukanlah untuk pengguna pemula. ia lebih ditujukan untuk pengguna yang sudah mahir memakai linux, tidak takut dengan terminal. 

sebenarnya openbox sendiri bisa dibuat sedemikian rupa agar menjadi seperti DE kelas berat yang penug dengan animasi. atau mennjadi DE kelas menengah yang memiliki tampilan sedang-sedang saja, atau menjadi DE kelas ringan yang sangat ringan sekali waktu dijalankan. semuanya tergantung dari setting yang dilakukan oleh user.

pertama kali meng-install openbox jangan berharap ada banyak tampilan disini, alih-alih tampilan kita hanya disuguhkan pada desktop kosong yang mana start menu hanya bisa di akses dengan menggunakan klik kanan. saking sederhanya bahkan panel pun tidak ada. ya sekali lagi memang dia ditujukan untuk pengguna yang sudah mahir menggunakan linux.

lalu buat apa kita menggunakan OpenBox toh akan membuat kita kesusahan sendiri ? eits, openbox adalah DE yang highly customisable yang berarti tinggal usernya yang memutuskan, nah kegunaan openbox salah satunya adalah menghemat resource yang ada di PC. sebagai contoh saya menggunakan Intel NUC DN2820FYKH dengan RAM 4GB dan SSD Intel 128 GB. saya pakai untuk menjalankan Android Studio. jika hal ini saya lakukan pada KDE, yang ada malah macet karena kehabisa RAM. tetapi ketika saya lakukan di OpenBox, lancar jaya tidak ada gangguan.

tampilan Awal Open box

tampilan Awal Open box

inilah mengapa DE ini cukup populer untuk para peng-oprek linux. terlepas dari tampilanya yang memang hanya bodong dong. DE satu ini menjadi andalan ketika akan menjalankan komputasi berat.

untuk menginstall OpenBox cukup ketikan :

apt-get install openbox

tunggu beberapa saat dan anda bisa logout dari PC anda dan memilih OpenBox pada session Login Screen. pertama kali masuk, jangan harap anda melihat bacground yang bagus atau panel. semuanya hilang, wallpaper sendiri pun tidak ada. sedikit saya jelaskan disini openbox mengunakan sebuah perintah untuk terminal untuk melakukan initialisasi program apa saja yang dijalankan. berikut ini adalah beberapa program essensial dari openbox yang bisa dipakai. yang pertama adalah background changer, yang bernama feh. feh dapat di-install dengan perintah.

Setting Wallpepr dengan Feh

Setting Wallpepr dengan Feh

apt-get install feh

tunggu beberapa saat dan feh akan selesai. setelah feh selesai tugas kita adalah memanggil feh untuk melakukan set wallpaper. untuk itu kita butuh file explorer yakni thunar.

apt-get install thunar

setelah itu cari sebuah gambar klik kanan dan pilih open with feh. ketika jendela feh muncul klik kanan pilih File -> Background -> Set Filled. dan desktop anda akan terisi dengan gambar yang anda pilih sebagai wallpaper. selain itu kita juga butuh aplikasi image viewer, yakni gwenview.

apt-get install gwenview

setelah ter-install dari thunar bukalah sebuah file image, klik kanan pilih open with gwenview. setelah gwenview menampilkan file tersebut.

hal penting lain adalah panel yang mana akan kita pakai untuk menampilkan berbagai macam peralatan yang kita butuhkan. nah panel padal openbox bisa menggunakan lxpanel, gnome panel dan lain sebagainya. tapi sejujurnya saya lebih suka menggunakan tint2 karena kecepatan dan kesederhanaanya. untuk menginstall tint2 cukup ketikan

apt-get install tint2

dan jalankan tint2 di terminal dengan mengetikan tint2 &. maka tint2 akan tampil dengan sendirinya. tampilan dari tint2 sendiri masih sangat sederhana ini akan kita customize nanti.

well ini adalah tool standard dari openbox yang mana tampilanya sendiri sangat tidak mbejajil (kata orang jawa, bermakna jelek). walaupun demikian ketika kita keluar atau logout dari openbox maka setup ini tidak disimpan yang mana harus melakukan setup ulang setiap kali kita login. nah agar setup ini tidak hialng ketika kita login maka harus di set menggunakan autostart. buka terminal dan kita akan set autostart agar bisa berjalan otomatis saat openbox muncul.

cd
nano .config/openbox/autostart.sh

ketika nano muncul ketikan aplikasi yang ingin kita jalankan saat autostart yakni feh dan tint2.

feh &
tint2 &

kemudian keluar dan simpan hasilnya dengan nano. kemudian silakan logout dan anda akan lihat bahwa tampilan openbox tidak kosong lagi melainkan sudah ada wallpaper dan panel. pada dasarnya kita bisa membuat tampilan lebih menarik. berikut ini adalah screenshot dari desktop saya.

Tampilan Panel Open Box dengan Fesktop Feh dan serta Appet dan Volumen Control.

Tampilan Panel Open Box dengan Fesktop Feh dan serta Appet dan Volumen Control.

pada tulisan berikutnya akan saya bahas bagaimana cara menambahkan panel, applet dan lain sebagainya. jadi tunggu tulisan berikutnya. Okey Donkey dan Salam Goblooge.

Comments

total comments