October 27, 2016 thumb Mencoba Firefox OS di Android

pernah dengar firefox, pasti tahulah, kemungkinan yang lagi baca ini juga pakai firefox. nah kalau Firefox OS, hm… mungkin ada yang sudah tahu ada yang belum tahu. oke saya jelaskan Firefox OS adalah OS yang dikembangkan oleh Firefox berbasiskan Linux yang sifatnya Open Source dan bertujuan agar berjalan baik di TV, SmartWatch, SmartPhone dan lain-lain. ya hampir mirip dengan android lah. kali ini saya ingin sedikit me-review tentang pengalaman saya memakai firefox OS. firefox os dapat di download di situs resmi Mozilla. ada versi mock up yang bisa dijalankan di android tanpa perlu merubah android itu sendiri.

Tampilan MEnu Firefox OS, memang sih bagus ada efect strech tetapi malah bikin lambat

Tampilan MEnu Firefox OS, memang sih bagus ada efect strech tetapi malah bikin lambat

firefox OS sebenarnya adalah sebuah Linux OS yang dibuat untuk tujuan tertentu. hampir mirip dengan android, cuma bedanya karena dia basisnya firefox sepertinya sudah di Optimasi untuk menjalan berbagai macam keperluan yang ada sangkut pautnya dengan web. aplikasi yang di bangun pun saya lihat menggunakan javascript sebagai bahasa pengantarnya. kontras dengan android yang menggunakan java.

yang pertama kali terpikir oleh saya pastinya OS ini berat dan setelah saya coba ternyata benar. banyak animasi-animasi yang menurut saya kurang penting yang di sematkan kedalam OS ini. secara development menggunakan Java jauh lebih berat daripada HTML5 dan CSS3 tapi ketika berjalan di Device semacam Android. Aplikasi yang dibangun dengan java jauh lebih ringan daripada HTML5 dan CSS3.

aplikasi disusun layaknya di android hanya saya terkesan lebih tembem. selain itu icon yang dimiliki juga tidak terlihat pecah, hanya effect strecth saja yang lebih baik daripada android pada bagian apps launcher-nya. tentu ini bagi saya sangat menggangu karena HP ukuran 6.4 inch yang mestinya bisa dipakai untuk 5×6 aplikasi hanya cukup untuk 3×4 aplikasi.

Tampilan Setting Icon yang setipe dan enak dipandang mata

Tampilan Setting Icon yang setipe dan enak dipandang mata

untuk user interface bagian setting ini yang paling saya sukai tampilan clean dan memiliki icon yang setipe sangat enak dipandang mata. sayangnya waktu saya coba untuk fungsionalitas wireless tidak bisa. yang lain bisa berjalan dengan normal.

Keyboard Jumbo menutupi hampir setengah bagian layar

Keyboard Jumbo menutupi hampir setengah bagian layar

keyboard ditampilkan dalam ukuran jumbo, dan saya belum menemukan cara untuk men-setting ukuran keyboard ini. sehingga sebagian besar dari layar ditutupi oleh keyboard virtual. sekali lagi ini sangat mengganggu.

aplikasi image viewer ditampilkan secara tile layaknya aplikasi quick pic di android. tidak ada kelebihan disini seperti sharing ke google, atau ke sosmed lain. sepertinya kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya keterhubungan dengan sosmed atau mungkin banyak sosmed yang belum mengadaptasi pada platform ini.

Image VIewr mirip Quick Pick di android sayang fitur sharing di sosmed masih kurang.

Image VIewr mirip Quick Pick di android sayang fitur sharing di sosmed masih kurang.

aplikasi calendar masih kalah dengan google calendar milik android. fitur yang menurut saya seperti manajemen recursive event tidak ada. tidak ada goal event. tetapi dari sisi tampilan sudah sangat cantik karena lebih plain sehingga terkesan lebih ringan.

Tampilan Calendar, lebih plain

Tampilan Calendar, lebih plain

Aplikasi email masih kalah dengan Inbox milik google. sepertinya ini hanyalah aplikasi web biasa yang di load ke dalam SmartPhone dan tetnu ini sangat disayangkan karena jaman hampir setiap orang punya email. bahkan ada yang lebih dari satu.

Aplikasi Email yang masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan Google Inbox

Aplikasi Email yang masih jauh ketinggalan dibandingkan dengan Google Inbox

oke demikian review yang bisa saya buat. kalau sekedar saran jangan install dahulu Firefox OS di HP anda, karena selain kurang greget banyak aplikasi – aplikasi yang menurut saya tidak tersedia di Firefox OS. tapi kalau agan-gan pengen coba bisa download dahulu versi mock up android-nya. sehingga dijalankan layaknya aplikasi android. sampai jumpa di tulisan berikutnya Okey Donkey dan salam Goblooge.

Comments

total comments