March 14, 2016 thumb Mencicipi Xubuntu

kali ini saya cuma ingin sedikit sharing pengalaman saya menggunakan Linux Xubuntu. mungkin bagi para Expert Linux Mania tulisan ini sudah  basi, cuma kali ini saya ingin berbagi sama seorang teman yang baru pertama kali dengar linux (Kemana Aja ? maklum dia bukan orang IT cuma bapak-bapak yang gak ingin terlihat gaptek di depan anaknya ).

Tampilan Desktop XFCE

Tampilan Desktop XFCE

Xubuntu sebenarnya distro Ubuntu turunan Debian, tetapi menggunakan Desktop Environtment XFCE. distro ini ditujukan untuk komputer jaman dulu , dengan Processor Pentium III, RAM 512 MB dan Harddisk ala kadarnya Distro ini sudah bisa berjalan mulus.

sebagai review kali ini saya menggunakan Intel NUC DN2820FYKH dengan Storage SSD dan RAM 4GB ( over spek :p ) saya menggunakan Xubuntu 14.04.04 karena LTS setidaknya nggak sering install, supportnya akan habis tahun 2019. instalasinya mirip banget dengan Ubuntu pada umumnya. nah fitur apa saja di Xubuntu berikut ini ulasanya.

  • RAM 400 MB setelah saya install Xubuntu membutuhkan RAM 400 MB pada saat idle, mungkin dikarenakan service untuk Intel NUC milik saya banyak (Bluetooth , Infrared dan Wifi) yang keseluruhanya berjalan. sehingga menguras RAM 400 MB. sehingga untuk menjalankan Aplikasi cuma  tersisa 112 MB (untuk yang RAM-nya pass-pasan). bagi yang punya RAM cuma 512 saya sarankan memmbuat partiuk Swap . kali ini saya tidak membuat partisi untuk swap. mungkin itu  yang mnyebabkan ram sampai 400 MB.
  • Aplikasi-nya Ringan : aplikasi yang sediakan disini tergolong aplikasi ringan seperti Gmusic Player, Parole Media Player dan Xfburn. untuk Office menggunakan Abiword dan Gnumeric. sehingga untuk yang hanya punya RAM 512 , sisa 112 dapat berjalan dengan baik untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus (saya menggunakan Gmusic Player + Abiword) RAM tercatat masih 499 MB bro, masih cukuplah.
Tampilan APlikasi XFCE XFBurn

Tampilan APlikasi XFCE XFBurn

  • Thunar yang hebat, untuk file Explorernya menggunakan Thunar, aplikasi ini cukup mumpuni untuk manajemen file. bahkan bisa multitab (yang tidak tersedia di Windows Explorer).
Tampilan Thunar

Tampilan Thunar

  • Kelebihan : tampilan menarik, tidak jadul-jadul amat, untuk XFCE 4.14 sudah bisa menampilkan preview window dengan baik.
  • Kekurangan : secara umum Xubuntu bisa berjalan pada Komputer jadul, tetapi untuk menggunakan aplikasi sehari-hari harus dibatasi. untuk membuka web browser saja setelah beberapa tab, RAM sudah penuh. memang menurut websitenya rekomendasi RAM adalah 1 GB.
Aplikasi Berjalan Bersama - Sama

Aplikasi Berjalan Bersama – Sama

oke demikian sedikti ulasan tentang Xubuntu-nya, kesimpulan saya, Xubuntu memang bisa berjalan pada RAM 512 MB tapi tidak mungkin kan kita membiarkan PC diam saja. kalau memang cuma untuk mengerjakan word processor (abiword) dan main musik mungkin tidak masalah, tapi untuk browsing yang kadang butuh banyak tab. sebaikya gunakan RAM 1 GB atau ganti ke Lubuntu. saya ulas Lubutu pada tulisan Mencoba Lubuntu. salam goblooge dan sampai jumpa ditulisan selanjutnya !!. Okey Donkey.

Comments

total comments