May 2, 2018 thumb Men-Setup Lubuntu 18.04 LTS

oke, lubuntu 18.04 LTS sudah release, saatnya melakukan setup dan meng-install beberapa aplikasi , yang saya ingin bahas disini adalah bagaimana kita bisa meng-custom seperti merubah icon dan wallpaper dari Operating System ini. sejujurnya saya sudah cukup puas dengan tampilan lubuntu 18.04, tidak banyak animasi tidak berat dan memiliki serta icon yang seragam. tetapi mari sedikit mengubah tampilan dari LXDE yang agar lebih personal.

Icon

saya suka denga  icon LXDE tetapi saya hendak mengubahnya karena pada beberapa hal saya tidak suka dengan tampilan icon default lubuntu, saya mencoba meng-custom icon lubuntu agar lebih sedap dilihat. saya sangat suka dengan icon papirus dan deepin, untuk itu saya ingin meng-install icon papirus dan deepin. sebenarnya icon deepin tergantung dari icon papirus, tetapi memiliki beberapa icon lain yang di custom sedemikian rupa. untuk download icon deepin dapat di sedot di gnome-look.org. kalau sudah tinggal sedot lalu extract seperti biasa. kemudian hasil extract copy ke /usr/share/icons/ , hasil extract bisa berisi beberapa folder, copy semuanya ke folder  /usr/share/icons/. kemudian buka Start – Preferrence – Customize Look and Feel. pada tab icons, saya memilih Papirus-Dark. klik tombol apply dan kita bisa melihat hasilnya secara langsung. terkadang pada bagian system tray icons tidak segera berubah, cukup logout kemudian login lagi, maka icons pun akan berubah sesuai theme icon.

Kurang Puas dengan Icon bawaan ganti saja

Kurang Puas dengan Icon bawaan ganti saja

Wallpaper

saya tidak perlu bahas panjang lebar untuk mengubah wallpaper karena ini sangat mudah dilakukan, cukup klik kanan desktop dan kemudian pilih desktop preferrence, pada bagian tab appeareance , section wallpaper cukup klik tombol dan pilih file mana yang ingin dijadikan wallpaper, kita bisa bebas menambahkan file mana, baik yang ada di document maupun bawaan sistem, tapi sejujurnya saya sudah puas dengan wallpaper default lubuntu, karena dia sudah HD dan memberikan kesan elegant seperti Mac. kalau kebetulan ingin mengutak – atik, saya pilih tombol advance, dan saya buang semua centang yang ada di tombol advance, saya tidak suka jika desktop saya dipenuhi dengan icon atau berbagai macam file yang menurut saya malah bikin semrawut dan tidak sedap dipandang.

Setting Wallpaper Kesukaanmu

Setting Wallpaper Kesukaanmu

Window Border

jika tidak suka dengan default window border yang ada pada lubuntu, dapat dengan mudah diganti dengan membuat menu- Customize Look and Feel – pada tab Window Border , pilh sesuka anda, jika kurang bagus bisa mencari di gnome-look untuk window border yang bagus, sehingga dapat dengan mudah diubah. saya sendiri suka dengan window border milik arc. sehingga cukup saya pilh Lubuntu-arc dan tampilan window border berubah seketika.

Mengganti Window Border.

Mengganti Window Border.

oke pada dasarnya kita bisa mengganti banyak hal di Lubuntu , cukup menggunakan Customize Look and Feel , kita sudah bisa mengubah banyak hal, termasuk font, color, theme icon, mouse cursor dan widget (panel) . silakan di explore sendiri, pada tulisan berikutnya saya akan sedikit bahas bagaimana untuk customize yang lebih mendalam dan tentu saja customize menggunakan terminal :D. Salam Goblooge.

Comments

total comments